Makna Ulang Tahun

14 Nopember lalu saya berulang tahun. Bagiku ulang tahun tak harus selalu dianggap istimewa. Ia sama saja dengan hari-hari lainnya. Bedanya hari itu banyak yang mengucapkan selamat ulang tahun disertai doa-doa semoga panjang umur, murah rezeki, sehat-sehat selalu, bahagia sekeluarga, sampai sukses dunia dan akhirat! Wew...bagus-bagus ya doanya..Alhamdulillah.. semua kuaminkan. Doa tulus orang-orang tercinta, suami, anak-anak (tentunya dengan cara unik mereka sendiri ^^), saudara/i, ayah, para sahabat, kenalan dan mahasiswa.

Sudut pandang lain dari ulang tahun adalah berkurangnya jatah hidup di dunia ini. Beberapa tahun lalu membaca status facebook seorang penulis cerpen terkenal dari UGM, Almarhumah Mbak Nurul F. Huda, saya selalu tertegun. Cara beliau mengungkapkan ucapan selamat ulang tahun kepada teman-temannya sungguh lain dari biasanya. Dalam satu bulan jika facebook administration system memberikan notification ada teman yang berulang tahun maka ia akan tag semua teman yang berhari lahir pada bulan tersebut dan akan disatukan dalam satu status berbunyi, "selamat ulang tahun buat si A,B, C, dst, semoga semakin memperbanyak amalan untuk di akhirat sebab semakin berkurang jatah hidup di dunia, semakin dekat ke liang kubur. Aamiin". Saya pribadi meski sangat meyakini firman Allah dalam Surah Al Ankabut:57 ;"kullu nafsin dzaaiqotul mauut (tiap-tiap jiwa akan merasakan mati)", masih saja bergidik ngeri bila membaca status beliau. Padahal di saat yang sama saya juga memahami hadist Rasulullah SAW yang mendefinisikan bahwa orang cerdas adalah orang yang selalu mengingati kematian. Karena ia selalu sadar bahwa kematian bisa datang kapan saja, maka hari-harinya senantiasa diisi dengan kebaikan-kebaikan.

Sama seperti akun media sosial kita yang suatu saat nanti pasti akan jadi akunnya orang yang sudah tiada. Kalau sekarang mungkin kita telah beberapa kali mendapati kenalan atau kerabat yang biasanya menge-like atau memberikan komentar di status kita ternyata kini ia sudah lebih dahulu dipanggil Yang Maha Kuasa. Kita hanya bisa mengenang masa-masa berkomunikasi dengannya. Meskipun sekarang facebook (fb) telah menyediakan fitur menonaktifkan akun fb orang yang sudah meninggal, karena jumlah akun seperti itu jumlahnya ribuan sejak fb diluncurkan tahun 2004. Bukan tidak mungkin bahkan pasti nantinya akun saya, teman-teman dan semuanya satu persatu akan mengalami hal serupa. Jadi tidak ada salahnya mulai dari sekarang kita biasakan menulis status yang baik-baik, jauh dari konten negatif meski terkadang untuk merepresentasikan hati yang sedang gelisah kita lepas kontrol dan melampiaskannya di dinding fb. Tak ada kata terlambat, kebaikan selalu bisa kita lakukan kapan saja yang penting niatnya telah disetting dan tekad yang kuat akan direalisasikan sesegera mungkin.

Mengingati bahwa semua kita akan kembali pada-Nya sungguh konsep yang komprehensif mengalahkan penjelasan tentang kecerdasan majemuk ala Howard Gardner, psikolog pendidikan dan pakar teori pendidikan dari AS. Jadi mencermati ucapan-ucapan khas Almarhumah mbak Nurul saya jadi merenung, alangkah sia-sianya ketika pada saat berulang tahun malah diisi dengan hal-hal yang tak bermanfaat. Berpesta pora, menghabiskan uang di restoran terkenal, melakukan event yang berlebihan. Memang, itu hak asasi seseorang, tak ada yang bisa melarang. Namun memaknai hakikat ulang tahun yang sesungguhnya, ada baiknya kita menginstrospeksi diri. Hal baik apa sajakah yang sudah kita buat selama setahun belakangan dan hal buruk mana sajakah yang tidak akan kita ulangi di tahun-tahun mendatang. Sebagai upaya positif meningkatkan integritas, kualitas dan kapabilitas diri kita sebagai hamba Tuhan, sebagai anak, sebagai ibu/ayah, kakak atau adik, dosen, guru, dan juga profesi lainnya.

Terima kasih sahabat-sahabatku atas doa dan ucapannya. Semoga doa-doa baik itu kembali lagi kepada yang mendoakan. Aamiin yaa robbal 'aalamiin.

Kontemplasi diri di usia 33 tahun.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Makna Ulang Tahun"

  1. Idenya sangat inspiratif. Terima kasih dan salam kenal.
    Tolong kunjungi balik web saya http://audisimitrapengusaha.com

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel