5 Kiat Sukses Studi Di Perguruan Tinggi Yang Harus Kamu Ketahui

Sumber gambar: Google
Belajar di perguruan tinggi tentulah berbeda dengan studi di sekolah menengah. Mahasiswa dituntut harus lebih mandiri dan proaktif. Berbeda dengan di SMA, ada guru yang selalu memberitahu dan menunjukkan informasi pada siswa-siswinya. 
Di kampus, semua mahasiswa harus aktif mencari tahu agar tidak ketinggalan pengumuman-pengumuman atau perubahan jadwal kuliah. Termasuk mengenai kiat memperoleh kesuksesan belajar di kampus.
Berikut 5 ( lima) kiat agar kamu sukses belajar di perguruan tinggi:
  1. Miliki niat yang kuat. Niat memiliki peranan penting untuk menentukan keberhasilan belajar di kampus. Kalau sudah berniat untuk belajar serius maka rintangan-rintangan kecil yang mungkin muncul, tidak akan melemahkan semangat belajar. Tak ada salahnya mempertanyakan kembali pada diri sendiri, sebenarnya apa tujuanmu melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Setelah menjawab pertanyaan itu, maka motivasi untuk mengejar kesuksesan biasanya akan datang sendiri.
  2. Berteman dengan mahasiswa yang rajin. Tidak bisa dipungkiri, faktor teman seringkali menentukan keberhasilan studi di kampus. Kalau kamu dikelilingi teman-teman yang rajin mengerjakan tugas dan rata-rata mereka meraih IPK yang tinggi, maka lambat laun kamu pun akan terpengaruh jadi rajin seperti mereka.
  3. Duduk paling depan. Ada kata-kata populer di kalangan mahasiswa, posisi menentukan prestasi. Jika berusaha untuk memperoleh duduk di kursi paling depan, kamu akan mendengar penjelasan dosen dengan lebih lengkap. Tayangan materi power point pun lebih mudah dilihat karena dekat dengan tempat duduk kamu.
  4. Mengumpulkan seluruh komponen tugas tepat waktu. Dosen sering menginstruksikan tugas kepada mahasiswanya. Terkadang ada mahasiswa yang kurang merespon tenggat waktu menyetorkan tugas. Usahakan kamu adalah mahasiswa yang selalu on time mengumpulkan tugas. Ini merupakan poin penting penilaian dosen kepada mahasiswanya.
  5. Rajin menambah bacaan. Sebagai orang yang menyandang predikat mahasiswa, sudah barang tentu kamu harus memperkaya wawasanmu dengan bacaan. Baik membaca buku terkait dengan mata kuliah yang sedang ditempuh, maupun tentang ilmu pengetahuan umum. Hal ini berguna agar kamu menjadi mahasiswa yang cerdas dan memiliki prestasi akademik yang membanggakan.
Demikianlah 5 (lima) kiat sukses studi di perguruan tinggi. Semoga dapat bermanfaat dan diterapkan, agar kelak memperoleh gelar sarjana yang diidam-idamkan.
Salam literasi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Kiat Sukses Studi Di Perguruan Tinggi Yang Harus Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel