Tips Membuat Anak Gila Membaca


Sumber gambar: pixabay.com
Membaca merupakan salah satu kemampuan yang selayaknya dimiliki oleh anak-anak usia sekolah. Kemendikbud mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah sebagai salah satu upaya meningkatkan minat baca pada masyarakat Indonesia khususnya anak usia sekolah. Kegiatan asyik membaca bagi anak mampu mengurangi ketergantungannya pada televisi dan ponsel pintar yang sangat menjamur penggunaannya sekarang ini.
Anak yang hobi membaca dapat dengan mudah memahami pelajarannya di sekolah, menyelesaikan PR-nya, juga menjadikannya anak yang cerdas dan berwawasan luas. Tentu saja orangtua bahagia melihat buah hatinya rajin membaca apalagi sampai gila pada buku. Gila di sini bermakna positif yaitu bersemangat sekali dalam membaca.
Berdasarkan pengalaman pribadi penulis memiliki anak yang "gila" membaca, ada lima tips yang bisa dilakukan ayah dan ibu. Tips-tipsnya antara lain:
  1. Tunjukkan keteladanan pada anak bahwa kedua orangtuanya pun mencintai buku. Jika sedang di rumah, berusahalah membiasakan diri melakukan aktivitas membaca. Ayah membolak-balik koran dan ibu membuka-buka resep masakan. Meski bukan buku yang bertema berat, anak pasti akan memerhatikan kesibukan orangtuanya. Anak adalah peniru ulung ayah dan bundanya.
  2. Ajaklah buah hati ke toko buku. Sebaiknya orangtua memiliki anggaran khusus untuk membeli buku. Bersama-sama berburu buku dengan anak di akhir pekan memberikan pengalaman yang seru bagi anak dan membuatnya ketagihan!
  3. Biasakan meletakkan buku dimana-mana. Taruh buku di dekat televisi, di ruang makan, di kamar tidur, bahkan di dasbor mobil. Contohkan dengan membaca sedikit-sedikit jika ada waktu. Akhirnya anak Anda akan "terkepung" oleh buku dan menganggap aktivitas membaca adalah kegiatan yang sama pentingnya seperti makan dan minum.
  4. Diskusikan isi buku anak bersama-sama. Anak akan merasa bukunya berharga bila orangtua mau ikut membaca dan membicarakannya. Akan jadi kegiatan yang menyenangkannya kalau ayah ibu bersedia bergabung bersamanya.
  5. Hadiahkan buku atas semua prestasinya. Memberi kado tak mesti di hari ulang tahunnya, namun bisa juga di setiap pencapaian prestasinya. Anda dapat mengungkapkan kebanggaan Anda padanya dengan menghadiahkannya buku kesukaannya.
Demikian tips membuat anak Anda gila membaca buku. Anda bisa mengombinasikannya dengan gaya pengasuhan Anda sendiri. Semoga dapat menginspirasi dan membuat kita semakin mencintai kegiatan literasi khususnya membaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tips Membuat Anak Gila Membaca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel