99 Inspirasi Harian: Beda Zaman Beda Artisnya (16)

Saya suka menyelipkan intermezzo saat memberikan materi perkuliahan. Terutama kala mengajar di jam-jam "rawan". Biasanya mendekati pukul 12 siang dan pukul 14. Waktunya makan siang dan beristirahat. Ketika satu dua mahasiswa sudah tampak tidak fokus lagi, ada yang menguap atau kasak kusuk tidak jelas, saya menyelinginya dengan humor atau sejenisnya.

Masih terkait dengan topik bahasan perkuliahan, biasanya saya hubungkan dengan masalah hukum yang menjerat para artis atau selebritis. Kalau mengenai gosip artis, beberapa mahasiswa yang tampak mengantuk tadi biasanya akan membetulkan posisi duduknya dan berubah menjadi penuh minat.

Tetapi masalahnya, terkadang artis yang saya jadikan contoh, kurang familiar dengan anak-anak muda itu. Tak jarang setelah saya kemukakan satu nama, mahasiswa saling berpandangan menyiratkan bahwa mereka tidak mengenal artis tersebut. Wah, saya pikir kedepannya saya mesti memperbaharui informasi tentang artis yang sedang naik daun atau kekinian, lebih tepatnya yang lagi 'ngehits'.

Mencari tahu kabar artis yang sedang digandrungi anak muda tak cukup dengan menonton acara infotainment. Justru mahasiswa tidak merasa klik dengan program TV yang satu itu. Apalagi dengan 'mantengin' sinetron anak muda.

Dari beberapa kelas yang saya masuki, sebagian besar mengatakan tidak menonton sinetron. Anak muda lebih memilih menonton situs web berbagi video seperti Youtube daripada mengganti-ganti channel TV.

Selain Youtube, orang-orang terkenal di kalangan anak muda adalah selegram (selebriti instagram), contohnya Atta Halilintar, Raditya Dika dengan stand up comedy-nya, Dovi dan Jovi Da Lopez bersaudara, Ria Ricis adiknya Oki Setiana Dewi, Han Yoo Ra dan Lee Jeong Hoon pemain serial Kelas Internasional, dan Natasha Farani yang hobi berbagi tutorial hijabnya.

Ada lagi video blog (vlog) yang merupakan perkembangan dari blog. Postingan artikel saja tanpa gambar di sebuah blog, mungkin tak akan dilirik. Karena biasanya pembaca akan lebih mudah mengapresiasi gambar daripada paragraf demi paragraf.

Test case, silakan upload foto selfie Anda di medsos, tak berapa lama bermunculan like dan komentar. Bandingkan saja jika Anda mengunggah tulisan, hehe. Benar ungkapan yang mengatakan bahwa sebuah gambar mampu mengekspresikan seribu makna. Suatu tampilan memang lebih eye catching bila disertai foto ilustrasi.

Namun tampaknya blog bergambar pun mulai ditinggalkan pembaca. Vlog ternyata memiliki magnet yang lebih kuat daripada sekadar tulisan berilustrasi. Kedepannya, para pengajar kaum muda diharapkan lebih kreatif dan inovatif agar pesan-pesan baik yang ingin disampaikan kepada mereka, dapat diterima dengan efektif.

Beda artis di zaman saya mahasiswa dulu, beda artis pula di zaman mahasiswa sekarang. Semoga tidak penasaran dan menebak-nebak, siapakah artis yang saya jadikan contoh dalam perkuliahan tadi ya. Hehe

#Day16
#99InspirasiHarian
#BedaZamanBedaArtis
#MyBook
#Day163
#SehariSatuTulisan
#KLIP

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "99 Inspirasi Harian: Beda Zaman Beda Artisnya (16)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel