3 Cara Jitu Deteksi Berita Hoax

Sumber foto: Pixabay.com
Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini selain membawa banyak kemanfaatan, tidak bisa dipungkiri juga mendatangkan kesia-siaan. Bermunculannya berita-berita hoax menjadikan aktivitas mencari informasi seakan kehilangan maknanya. Hoax atau hoaks (ejaan bahasa indonesianya), yang berarti berita bohong.
Ada 3 (tiga) cara jitu mendeteksi suatu tulisan atau berita termasuk berita hoaks, yaitu sebagai berikut:
Pertama, adanya ketidaksesuaian antara judul dengan isi berita. Judulnya sangat fantastis dan emosional, namun saat dibaca kontennya, seperti ungkapan peribahasa, jauh panggang dari api. Lain yang tertulis di judul, berbeda pula substansi beritanya. Hal ini mengindikasikan si penulis berita hanya sekadar bertujuan memperbanyak viewer dari tulisannya. Tidak informatif dan profesional.
Kedua, sumber beritanya tidak jelas. Berita yang memberikan informasi akurat, tentunya akan menyertakan sumber referensi yang diakui pula. Jelas narasumber yang diwawancarai, kapan waktu mewawancarainya dan dalam konteks apa narasumber memberikan keterangannya. Berita hoaks tidak menyertakan hal-hal demikian. Besar kemungkinan berita dibuat berdasarkan asumsi dan opini pribadi si penulis sendiri. Inilah akhirnya yang mengesankan tulisan menjadi tidak objektif dan sulit untuk dipercayai.
Ketiga, bertujuan provokatif. Namanya saja berita hoaks. Dalam kamus bahasa Inggris, hoax didefinisikan sebagai "malicious deception", kebohongan yang dibuat dengan tujuan jahat. Sudah pasti isinya tendensius, menciptakan permusuhan dan meretakkan hubungan sesama anak bangsa. Ketika membaca suatu berita yang arahnya adalah menjelek-jelekkan suatu kelompok dan berusaha memprovokasi, waspadai bisa jadi berita itu termasuk berita hoaks.
Demikian 3 (tiga) cara jitu mendeteksi suatu berita, dikategorikan sebagai berita hoaks atau bukan. Semoga memberikan kewaspadaan bagi pembaca, mengingat dahsyatnya efek dari penyebaran berita-berita hoaks di zaman sekarang ini.
Salam literasi
Sudah dimuat terlebih dahulu di ucweb.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Jitu Deteksi Berita Hoax"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel