Rekam Jejak Menulisku

Saya Nurhilmiyah, biasa disapa Mia, istri dari Fadli Azhari, ST, ibu dari dua pasang putra dan putri. Domisili di kota Medan. Meraih sarjana dari Fakultas Hukum UGM dan master dari Magister Ilmu Hukum USU. Lulus jadi dosen ASN LLDikti Wilayah I Medan sejak tahun 2005, dan kini dipekerjakan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di kota Medan. 

LLDikti sendiri adalah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi yang berada di bawah Kemenristekdikti. Sebelum tahun 2018 namanya Kopertis (Koordinator Perguruan Tinggi Swasta). Di tiap wilayah ada perwakilan kantornya, tugasnya menaungi PTN/PTS, melaksanakan Binwasdal (Pembinaan, pengawasan dan pengendalian) Perguruan Tinggi Swasta di daerah-daerah. Jadi sederhananya, status saya PNS namun mengajarnya di PTS.

Kembali ke passion di bidang menulis, hobi membaca dan menulis saya sudah muncul sejak SD, tepatnya sejak pandai baca-tulis. Yang fenomenal dari ingatan saya saat kecil adalah punya tempat favorit untuk membaca yaitu di atas pohon jambu klutuk. 


Kira-kira seperti ini tapi saya sambil duduk santai sandaran di pohon, anak perempuan berkepang dua ya, hehe/ Deskgram.com

Ada sebatang dahan datar lengkap dengan dahan vertikalnya yang besar untuk bersandar. Di sanalah saya menghabiskan waktu sepulang sekolah. Menikmati cerita-cerita dari buku pelajaran dan melalap buku dongeng rakyat yang waktu itu banyak diterbitkan Kemendikbud.

Singkat cerita, pada tahun 2009 saya mulai mengenal dunia narablog (blogger) namun baru "benar-benar aktif" sedari 2017 lalu (hanya berisikan 16 artikel sebelum 2017). Lebih care dengan blog lagi setelah membeli domain sendiri, beberapa bulan ini, hehe.

Jenis tulisan yang pernah dimuat media: Artikel ilmiah populer, artikel ilmiah, feature.
Nama media yang pernah memuat tulisan saya :

1.    Koran SINDO
2.    Harian Forum Indonesia Baru
3.    Harian Realitas
4.    Harian Metro Asahan
5.    Majalah Akademia Kopertis (L2Dikti)
6.    Jurnal Hukum dan Kemasyarakatan Citra Justicia
7.    Koran Cerdas UMSU
8.    Jurnal Hukum De Lega Lata
9.    Buletin Konstitusi Pusat Kajian dan Studi Konstitusi (PKSK) UMSU


Buku antologi yang telah pernah diterbitkan:

Saya menulis naskahnya sembari menyusui putra bungsu

1. Catatan Kecil Seputar Hukum Di Indonesia (2016)
2. Pengalaman Mengajar Tak Terlupakan (2017)
3. Dosen Menulis:Menggugah Semangat Berkarya Akademisi (2017)
4. Aku, Buku, Dan Peradaban (2018)
5. Kapita Selekta Pendidikan Di Indonesia (2018)
6. Jalinan Hingga Ke Surga (2018) 
7. 1001 Wajah Ibu (2018)
8. Motivasi Mengajar (2019)
9.  The Amazing Traveling (2019)
10. My Hijab My Journey (2019) 


Buku antologi yang telah ditulis

Pengalaman menjadi narasumber :

1. Tips Sukses Studi di Perguruan Tinggi Bagi Mahasiswa Baru Fakultas Hukum UNA (2012)

2. Kajian Perlindungan Perempuan dan Anak, Aula Dinas Dikjar Kab. Asahan (2013)

3. Sosialisasi Pos Pelayanan Terpadu Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Dinas BKKBN dan Perlindungan Perempuan Kab. Asahan (2014)

4. Sosialisasi Panduan Menulis Artikel Ilmiah di Jurnal Mahasiswa Restitusi Fakultas Hukum UMSU (2016)

5. Sosialisasi Penyusunan Usulan PKM 5 Bidang bagi Mahasiswa Fakultas Hukum UMSU (2017)

6. International Conference of ASEAN Perspective and Public Policy (ICAP), 2018

7. Diskusi Panel (Call for Papers) Fakultas Hukum UMSU (2018)

Bersama Keynote Speaker dan Presenter lainnya


Diskusi Panel Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Motto hidup: Jadilah pembelajar seumur hidup agar hidup menemukan maknanya

Prestasi terbaru di dunia menulis:

1. 25 penulis terpilih yang karyanya dibukukan dalam Lomba Kepenulisan Ibu Profesional Jakarta (2018)

Nurhilmiyah di nomor 8
1001 Wajah Ibu


2. Juara 1 Lomba Menulis kategori Untuk Umum, dalam rangka Gelar Karya Pemberdayaan, Milad Rumah Zakat Indonesia (2018)


Saat diumumkan menjadi Juara 1 Lomba Karya Tulis Rumah Zakat Indonesia

3. Pemenang Hibah Penelitian Internal UMSU untuk skim Penelitian Dasar (sebagai Ketua Peneliti, 2019)

4. Pemenang Hibah Penelitian Internal UMSU untuk skim Penelitian Terapan (sebagai Anggota Peneliti, 2019)

Karir di bidang kepenulisan:
1.    Pemimpin Redaksi Majalah UMMAHAT KAMMI Komisariat UGM (2002-2003)
2.    Ketua Dewan Penyunting Jurnal Citra Justicia Fakultas Hukum UNA
3.    Koordinator Student Research and Creativity Centre (SRCC) Fakultas Hukum UMSU (2015 sd sekarang)
4.    PJ Rumah Belajar Literasi Ibu Profesional Sumatera Utara (2018 sd sekarang)
5.    Mencapai pangkat Lektor (Assistant Professor) sejak 2011 karena kerap menulis artikel ilmiah di berbagai jurnal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

48 Komentar untuk "Rekam Jejak Menulisku"

  1. masya Allah … prestasi menulis dan pembicaranya sudah banyak sekali ya kak. barakallaah. moga jadi amal jariyah dan ilmu yang bermanfaat.

    salam kenal ya hehe.

    btw, buku yang judulnya "Aku, Buku dan Peradaban" itu bisa dibeli di mana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya malu sih, soalnya gak hebat² amat, wkwk.

      Aamiin, makasih doanya yaa...
      Salam kenal kembali, Kak Evyta...ini yg kemaren pernah kopdar sm Muthia Esfand kan 😊

      Wah, buku itu udah gak cetak ulang. Kmaren cm cetak 1000, kpn² kl mau saya pinjemin bk yg pertinggal buat sy ya. Kl Blogsum ada kopdar, ingetin yahh hehe

      Hapus
  2. MasyaAllah keren abis kak..
    penuh prestasi dan rajin sekali nulis..

    Patut dicontoh. Semoga awak pun berguna juga dan menghasilkan karya yang berguna buat orang banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa aja, Icha... lebih keren lagi Icha dkk yg lebih muda, luas wawasan dan pengetahuannya

      Hapus
  3. MasyaAllah.. Mba Mia ini super sekalih..

    Kagum awak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih soal dunianya tak usah pala dikagumin, Mom LinRana... tp kl urusan akhirat td, hmm, br mantap ya kan, huhu...

      Anyway, thank you yaa

      Hapus
  4. MasyaaAllah kak mia...
    Beneran keren deh.
    Salute

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal yaa Bunda D5
      Bunda juga keren kok, selamat ya udah punya TLD

      Hapus
  5. Keren udah banyak prestasi menulisnya kak. Semoga kelak aku bisa menerbitkan buku sendiri juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiks hikss... sy malu sama yg muda2, lebih berderet lagi hehe

      Hapus
  6. Alhamdulillah, Masya Allah. Semoga lancar dan barokah. Sukses ya kak.

    BalasHapus
  7. MasyaAllah.. Menginspirasi bener kak. Semoga menular pada aku semangat belajar dan menulisnya. Bisa memberi manfaat buat orang lain.

    BalasHapus
  8. masyaAllah tabarakallah kakak....semoga selalu istiqomah dan memberi manfaat ya kakak ku.

    BalasHapus
  9. Luar biasa berprestasi kak mia ini semoga menular rajinnya ke saya ya kak aamiin :)

    BalasHapus
  10. MashaAllah, banyak prestasi nya ya buk, semangat terus buk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you, Rizka. Just a part of life journey

      Hapus
  11. OMG mba keren bgt pengalamannya luar biasa, salut semangat jd penulis, bdw, IP juga ya? Hehehe saya IP Batam mutasi ke Bekasi, matrikulasi batch 6, salam kenal ya, semoga tetep menginspirasi banyak org 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah², salam ibu profesional ya... Sesama Ip-ers inihh

      Hapus
  12. Keren sekali, Mbak Mia. Jejak menulisnya sangat panjang.
    Dan ini sebaiknya tidak perlu dibuat bersambung, Mbak. Teruskan saja dan buat lengkap, dan ini akan masuk label "Tentang Saya atau ABOUTME". Jadi saat orang berkunjung atau klien yang akan kerjasama akan melihat.
    Terus semangat menulis, Mbak Mia.

    BalasHapus
  13. Siap, noted, Mas Bambang. Rencananya mau utak-atik tampilan blog juga.

    BalasHapus
  14. Wah hebat ibu satu ini. Keren, sudah banyak tulisannya tersebar di banyak media.
    Istri saya juga ikut IP mbak yang di Lampung sekarang pindah ke Bogor.

    BalasHapus
  15. MasyaAllah ... Luar biasa prestasinya ya, Mbak. Semoga senantiasa tetap berprestasi, membawa manfaat bagi sesama dan tetap rendah hati. Aamiin.

    BalasHapus
  16. Wow keren banget semoga banyak yang bisa mengikuti jejak menulis dan mengajar seperti bu dosen

    BalasHapus
  17. Mbak Mia sangat menginspirasi, hebat sudah punya banyak karya buku dan sudah diliput media. saya dari dulu pengen menulis sebuah buku tapi ga pernah terlaksana. Kapan kapan sharing yah mbak mengenai teknik menulis buku.

    BalasHapus
  18. Banyak sekali prestasinya, bu Mia. Dari pembicara sampai penulis buku. Menginspirasi dan semoga bisa berbagi ilmu terus kepada yang di sekitarnya.

    BalasHapus
  19. Ya ampun kak, agak tomboy ya waktu kecil, gimana bisa konsen membaca di sebatang daun, salah-salah bisa jatuh. Hehehehe. Btw, tetap semangat terus nulis di blog ya kak

    BalasHapus
  20. Walah maaaakkk, ngiri aku sama emak-emak hiks... Super keren bisa nulis sambil momong si kecil. Nggak heran kalau sering jadi narasumber. Fix ngiri. Maa syaa Allah

    BalasHapus
  21. Walaupun ibu rumah tangga ternyata prestasinya dalam dunia kepenulisan sungguh luar biasa ya, di awali dengan hobby membaca membuat wawasan semakin bertambah dan semakin mudah dalam menulis

    BalasHapus
  22. Masyaallah kerenya kak, menulis dari jiwa akan lebih membuahkan hasil yac kak, keren deh bisa menghasilkan karya sebuah buku.nah aku kpn yac hahaha...

    BalasHapus
  23. Kerenn ya mbak mia ini, banyak karya buku dari tulisan mbak ini menginspirasi sekali,boleh nih kapan-kapan adain kelas mba untuk sharing kesuksesan mba selalu berkary

    BalasHapus
  24. Wah luar biasa pengalaman dan pengamalan menulisnya. Semoga terus menjejak di dunia kepenulisan seiring karya yang terus berlahiran.

    BalasHapus
  25. MasyaAllah keren mbak, sudah lama ternyata ya berkecimpung dalam dunia tulis menulis. btw itu yang naik pohon sambil baca, kok mirip kebiasaanku pas belajar dulu yak :D

    Sengaja ke kebun buat belaar diatas pohon

    BalasHapus
  26. Salut dan luar biasa yak. Dosen yang produktif menulis. Sebuah pencapain dan kepuasan tersendiri telah menghasilkan karya dalam bentuk publikasi koran maupun buku.

    BalasHapus
  27. Keren banget nih prestasinya ya mba. Aku yakin deh pasti sudah banyak banget perjuangannya mencapai titik level sekarang.

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah.

    Pencapaian dibidang literasi sudah banyak ya. Semoga bisa menginspirasi penulis lain. Horas bah!!

    BalasHapus
  29. Wuiih mantul biografinya. Belum kelar pula niih. Ada kata bersambung.. xixixi.. sukses terus ya, Mba utk jadi penulis.^_^

    BalasHapus
  30. Ya Allah Mashaa Allah.. keren bgt mbaa.. prestasinya udh banyak.. boleh dong diajarin cara menulis itu kaya apa. Aku newbie bgt nih dlm hal menulis. Suka pengen gt kalo ads workshop nya aku mau belajar dr yg ahli. Mgkn ada tips2nya...

    Krn dunia literasi tuh skrg udh oke bgt dan dr semua kalangan udh bisa ngikutin. Makanya pengen bgt bisa expert gitu...

    BalasHapus
  31. Kak miaa keren kali lah...banyak kali buku yang sudah dihasilkan..kasih tips lah biar rajin ky kak mia

    BalasHapus
  32. Cv yang sangat lengkap! Mba share dong gimana caranya menumbuhkan minat menulis. Karena aku yakin org suka menulis juga tentunha suka membaca

    BalasHapus
  33. MasyaAllahhhh bisa kali kak kapan2 jd pembicara buat blogsum ya xD

    BalasHapus
  34. MasyaAllah kak.. keren kali dari masih mahasiswa sampai skrg tetep konsisten menulis..

    BalasHapus
  35. Banyak yang mau ku koment kak miaaa
    1. Aku juga dulu suka baca cerita rakyat, tapi bukan dari kemdikbuK, masa SD tahun 96-2002 beli di gramed cerita rakyat hahaha

    2. Dengan segenap prestasi ini, penasaran, prestasi ini didapat sebelum atau sesudah merid? Kalau sebelum, gak terbukti dong kata-kata orang "jadi cewek jangan ketinggian, jangan pintar kali, nanti takut cowok" tuh buktinya kak Mia Baik baik aja😂
    3. Barakallah untuk semua prestasi kakak, semoga bermanfaat bagi orang lain dan jadi amal jariah juga
    4. Sebagai yang lebih muda suka Tutup muka di hadapan kak Mia yang secara umur sudah tua tapi semangatnya selalu ada, memang bener ya kalau mau jadi penulis tuh lingkungan kita harus lingkungan yang selalu menebarkan dan menularkan semangat nulis tidak peduli usia
    5.udah ahh kakk, nanti komen Una jadi satu artikel pulak wkwkwkkwk

    BalasHapus
  36. Wah hebat banget kkak satu ini,banyak prestasinya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel