Miliki Karakter Orang Sukses: Fokus


Siapa sih yang tidak ingin menjadi orang sukses. Menurut KBBI, sukses berarti berhasil. Semua orang pasti menginginkan menjadi orang yang berhasil. Baik berhasil di perkuliahan, maupun berhasil di bidang pekerjaan. Namun kadang tidak semua yang beraktivitas itu lantas mampu memperoleh kesuksesan.

Menurut Canfield, Hansen dan Hewit dalam buku mereka, "The Power of Focus", ada sepuluh karakter orang sukses. Apa sajakah itu? Yang pertama, fokus. Deskripsinya, orang yang brilian adalah yang memfokuskan waktu dan tenaganya dalam bekerja. Orang yang fokus akan cepat berhasil dan terhindar dari stress.

Analoginya, pijar-pijar api yang terpencar-pencar tidak mampu menghasilkan sesuatu. Tetapi saat pijar itu difokuskan untuk sesuatu maka akan mampu membelah baja. Demikian juga titik-titik uap air. Jika dikumpulkan menjadi tenaga uap, maka akan mampu menghasilkan listrik yang tentu saja lebih bermanfaat.

Terkadang kita memang perlu memakai kaca mata kuda dalam urusan pekerjaan. Setelah menentukan prioritas, hal selanjutnya yang dilakukan adalah fokus. Fokus artinya menuju pusat. Memfokuskan berarti memusatkan perhatian ke sesuatu. Bisa diartikan sebagai berikut, bersungguh-sungguh mengerjakan suatu hal secara kontinu tanpa terjeda yang lainnya.

Di sekeliling kita bisa saja terdapat pencuri perhatian yang mengalihkan kita dari fokus. Sebenarnya, selama si pengambil alih perhatian itu masih dalam bingkai kegiatan yang positif, sah-sah saja kita kerjakan. Namun tetap ada porsi yang berkurang dari kegiatan yang sudah diniatkan dari awal untuk fokus mengerjakannya.

Sayangnya realita seringkali tak seindah idealitanya. Inginnya fokus mengerjakan suatu pekerjaan, eh sudah ada lagi gawean yang menuntut penyelesaiannya. Dalam rentang waktu yang sama pula deadline-nya. Untuk kondisi seperti ini harus pandai-pandai memanajemen waktu agar tidak stress.

Sandiaga Shalahudin Uno membagikan rahasia suksesnya dalam berbisnis. Filosofi 4S, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas. Saya sepakat dengan rangkaian kata demikian. Untuk fokus, diperlukan pencurahan tenaga (otot), pikiran (otak), dan semangat sampai garis finish.

Setelah semua ikhtiar dilakukan, selayaknya memenuhi hati dengan keikhlasan, kerja ikhlas. Kombinasi antara kerja-kerja tersebut berujung pada kesuksesan. Berawal dari fokus akhirnya pekerjaan menjadi selesai.

Salam literasi

(Bersambung ke karakter kedua)
Sumber foto: Google

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Miliki Karakter Orang Sukses: Fokus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel