Kenangan Tentang Indahnya Masa Kecil


Sumber: theAsianparent

Setiap orang pasti memiliki kenangan masa kecilnya. Potongan kisah yang sedikit banyak memberikan kontribusi bagi kepribadiannya pada saat dewasa. Begitu juga saya, ada kenangan tentang indahnya masa kecil bersama ayah, ibu dan adik-adik.

1. Saat berekreasi bersama

Yang paling membekas dalam ingatan saya, ibu selalu membawa bekal ke manapun kami sekeluarga pergi. Meski itu cuma beberapa botol air minum dan stoples cemilan. Ibu pernah bilang kalau punya banyak anak, jangan sampai dalam perjalanan gak bawa apa-apa. Mesti ada minuman dan makanan ringan.

Kalau tempat yang dituju jauh, sudah pasti ibu menyiapkan makanan berat berupa nasi, lauk pauk dan buah. Tanpa disadari kebiasaan ibu ini saya terapkan juga ke keluarga saya sampai sekarang. Menyertakan bekal makanan dari rumah jauh lebih higienis, irit dan tentu saja langsung lep. Hehe.

2. Menanamkan kewajiban salat

Ayah dan ibu saya ustaz dan ustazah di lingkungan tempat tinggal kami. Sudah barang tentu keluarga kami mestinya menjadi teladan bagi sekitar. Terutama dalam pendisiplinan melaksanakan salat bagi anak-anak yaitu kami.

Ibu punya cara unik dalam meminta anaknya mengerjakan ibadah lima waktu itu. Begitu azan berkumandang biasanya ibu akan menanyakan pada kami suara apakah itu. Setelah menjawabnya, maka ibu menyerukan DHS yang berarti Dengan Hormat, Salatlah.

Namanya juga anak-anak, terkadang kami tak menggubris perintah ibu karena keasyikan bermain. Lalu seruan itu dinaikkan ibu statusnya menjadi... bawa sapu ijuk dan mendatangi kami. Refleks saja saya dan adik-adik menghentikan permainan dan berlarian sambil tertawa-tawa ke belakang untuk berwudhu.

Sampai kini jika saya dan adik-adik bertemu lalu terdengar suara azan, pasti salah seorang akan mengingatkan kenangan almarhumah ibu dengan berseru: DHS!

Sebenarnya masih banyak lagi kenangan tak terlupakan dari masa kecil saya. InsyaAllah kapan ada waktu akan saya tuliskan lagi.

Salam literasi

#BPN30daychallenge2018
#bloggerperempuan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kenangan Tentang Indahnya Masa Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel