Aplikasi Yang Sering Digunakan Saat Ramadan




Selama Ramadan sebenarnya kami sekeluarga sudah berkomitmen tidak akan berlama-lama berhubungan dengan gawai.

Di samping untuk meningkatkan quality time dengan anak-anak, mumpung di bulan mulia ini, kami ingin lebih bersungguh-sungguh mengisinya dengan segala macam amalan harian.

Plus salah satu ikhtiar menjaga kesehatan juga mengingat bahaya radiasi penggunaan ponsel pintar ini.

Namun demikian karena masih bekerja seperti biasa, mau tidak mau aktivitas yang membutuhkan bantuan gadget tetap harus dilaksanakan. Dengan catatan, menggunakan seperlunya saja. Setelah selesai maka smartphone pun diletakkan kembali.

Adapun aplikasi yang sering digunakan selama bulan puasa ini adalah:

1. Alarm


Alarm HP/KilatFintech

Selain untuk membangunkan saat sahur, alarm juga di-setting untuk mengingatkan waktu-waktu salat. Kalau di rumah, kami memiliki jam weker yang bunyi alarmnya sangat bising. Belum lagi "alarm" petugas masjid yang rajin menggugah warga sekitar melalui toa masjid.

2. Kalender


Kalender di gawai saya

Aplikasi kalender ada yang memang bawaan android, ada pula aplikasi yang mesti diunduh di Play Store. Kebetulan yang saya miliki sudah tersedia jadi tinggal menggunakan saja.

Kalender penting untuk merapikan jadwal kegiatan setiap harinya. Time is money (waktu adalah uang), kata orang barat. Al waqtu kas saif (waktu adalah pedang), kata orang Arab. Wal Ashr (Demi Waktu), firman Allah SWT dalam Al Quran.

Saking pentingnya bagi kita merencanakan penggunaan waktu dengan sebaik-baiknya. Sejatinya sedetik pun tak akan bisa kembali lagi.

3. Al Quran


Aplikasi Al Quran di HP/Carisinyal

Di mana saja kita bisa membaca Al Quran, sebab telah lama ada aplikasi kitab suci ini. Meskipun kalau saya pribadi lebih nyaman membaca mushaf Al Qurannya secara langsung.

Semacam ada ikatan emosional jika memegang dan membaca ayat demi ayat firman Allah itu daripada di aplikasi. Mungkin karena bentukan kebiasaan selama ini. Jika ada Al Quran fisik dan aplikasi, saya lebih memilih yang fisik.

4. Canva


Canva/Facebook

Nah ini dia aplikasi yang hampir setiap hari saya gunakan. Yup, Canva menjadi andalan saya untuk membuat poster dan gambar guna keperluan melengkapi tulisan. Saat ini saya sedang mengikuti dua blog challenge.

Yang pertama dari Blogger Perempuan Network (BPN), dan yang kedua dari Blogger Sumut. Kalau BPN ini keikutsertaan saya yang kedua kalinya setelah memenangkan hadiah lomba tantangan menulis blog selama 30 hari berturut-turut bulan Desember tahun 2018 lalu.


Nurhilmiyah/Facebook

Sayangnya saya terlambat mengetahui informasi blog challenge dari Blogger Sumut. Meski telat, better late than never, right? Insyaallah saya berusaha melengkapi tulisan hingga akhir nanti.

5. KBBI


Aplikasi KBBI di HP saya

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah aplikasi yang lumayan sering saya gunakan untuk mendukung kegiatan menulis. Jika ada kata atau istilah yang ragu-ragu memakainya, maka saya tinggal membuka saja aplikasi ini. Oya KBBI terbaru edisi V ya. Yuk, kita cintai bahasa persatuan ini sebab jika bukan kita siapa lagi.

Tentu khawatir kan jika kelak bahasa Indonesia lenyap justru di tengah-tengah masyarakatnya sendiri. Selain menjamurnya bahasa lisan, bahasa Indonesia kian terjepit oleh gempuran bahasa asing. Maka, menjadi kewajiban kita menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Demikian aplikasi yang saya gunakan selama bulan Ramadan dan bulan-bulan lainnya.

#Day20
#BloggerPerempuan
#30HariKebaikanBPN

#Day14
#BloggerSumut
#30HariTantanganPuasaBloggerSumut

#Day130
#SehariSatuTulisan
#KLIP















Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Aplikasi Yang Sering Digunakan Saat Ramadan"

  1. Awal Ramadhan sampe lahiran di Ramadhan 13 awak malah jarang pegang hp, kecuali mau nulis blog sama upload di ig ttg challenge blogsum.

    setelah lahiran, aplikasi yang selalu terbuka malah jadi mp3 murrotal, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantul Mp3 murottal ya... Merdu n bikin adem ya Sis

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel