Menu Sayur Asem



Sayur Asem enak sekali dimakan saat cuaca di luar rumah panas cetar membahana. Saat bulan puasa seperti ini, makan malam setelah buka puasa dengan menu sayur asam nikmat apalagi dilengkapi dengan sambal terasi. Wuw, maknyus plus-plus.

Sayur asem berbeda dengan gulai asam/masam (Deli/Asahan) khas Sumatera Utara. Asam padeh kalau di Sumatera Barat. Gulai asam Medan kuahnya agak jernih berwarna kuning. Sementara asam padehnya Minang berwarna merah dan lebih pedas sesuai namanya.

Kalau di Medan, menyebut sayur asam yang dibayangkan pastilah sayur asam betawi istilahnya. Aneka sayuran dengan kuah asam segar. Namun berbeda dengan gulai asam. Praktis tidak ada sayurannya kecuali tomat yang ditambahkan di akhir proses memasak agar lebih gurih.

Ikan yang sedap digulai asam biasanya ikan gembung, tongkol, senangin, sembilang dan mayung. Ada juga orang membuat asam padeh ayam. Saya belum pernah, biasanya ikan saja. Nah, kali ini saya membuat sayur asem.

Bahan-bahannya:
Macam-macam sayur seperti labu jipang, gori, melinjo, terong ungu, jagung, kacang panjang. Bahkan di pasar tradisional dekat rumah saya ada kemasan khusus menjual sayuran untuk sayur asem. Jadi tak perlu membeli satuan.

Bumbu:
enam siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 3 keping asam potong, 3 buah cabai merah, 4 buah cabe rawit untuk taburan, satu buah tomat merah, gula dan garam secukupnya.

Cara membuat:
1. haluskan bawang dan cabai merah
2. Didihkan air, masukkan sayuran yang sudah dicuci bersih.
3. Biarkan sayuran empuk tapi jangan sampai terlalu lunak. Masukkan bumbu halus, asam potong dan bubuhkan gula garam.
4. Sayur asem yang segar untuk dinikmati pada saat berbuka pun siap dihidangkan. Ini dia penampakannya...


Sumber gambar: dok. pribadi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Menu Sayur Asem"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel