Rasional Menghadapi Berbagai Promo Belanja Online



Jelang lebaran semakin banyak toko online baik yang tergabung dalam satu market place maupun toko online yang promosi sendiri, yang memberikan harga promo dengan penawaran menarik.

Ada yang pakai cash back hingga sekian juta. Promo berhadiah piring dan payung cantik. Promo bebas ongkir dan sebagainya. Intinya para pelaku usaha cukup gencar menarik hati pembeli.

Lalu bagaimana kita bersikap agar tetap rasional menghadapi sekian banyak tawaran menarik dari para penjual.

1. Cek apakah barang yang akan dibeli merupakan kebutuhan atau keinginan. Jika kebutuhan, kebetulan ada diskon barang yang dibutuhkan, tak masalah Anda membelinya. Tetapi jika cuma keinginan, pikirkan kembali kemanfaatannya. Jangan-jangan setelah dibeli barang cuma tergeletak begitu saja di rumah.

2. Hanya membeli dari toko daring tepercaya. Biasanya kalau sudah tergabung di marketplace, insyaallah dari pihak penyedia lapak menyeleksi online shop yang berjualan.

3. Periksa juga barang atau jasa yang dipromosikan tidak terlalu dekat dengan tanggal kadaluarsanya kalau berupa makanan. Atau jika pakaian dan sejenisnya, bukan barang cacat atau sesuatu yang menjadikan fungsinya menjadi berkurang.

Jika poin-poin di atas sudah diricek, insyaallah Anda tidak terjebak dalam promo belanja online yang abal-abal. Sebagaimana yang menimpa tetangga saya. Beli alat-alat makan yang murah meriah diiming-imingi hadiah bernilai ratusan juta rupiah. Sangat tidak masuk akal dan beraroma penipuan.

Semoga kita terhindar dari promo belanja online yang merugikan. Amin.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Rasional Menghadapi Berbagai Promo Belanja Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel