99 Inspirasi Harian: Berintegritas (9)

Karakter kedua dari sepuluh karakter orang sukses menurut Canfield, Hansen dan Hewit dalam bukunya The Power of Focus, berintegritas. Integritas berkaitan dengan konsistensi. Keteguhan pendirian, keajegan sikap, istiqomah. Konsisten dalam tindakan, nilai, metode, ukuran, prinsip, ekspektasi, dan berbagai hal yang dihasilkan.

Orang yang berintegritas adalah orang yang jujur, singkatnya demikian. Begitu pentingnya integritas ini sampai-sampai dimasukkan menjadi poin penilaian persepsional dalam sertifikasi dosen.

Yang menilainya adalah atasan, sejawat dan mahasiswa. Satunya kata dan perbuatan. Boleh jadi hari ini bersikap jujur namun di saat lain tidak. Atau berkoar-koar soal kejujuran, faktanya berlawanan dengan perbuatannya. Jika demikian maka selayaknya integritasnya dipertanyakan.

Mendeteksi integritas bisa dengan memahami hadits Rasulullah SAW mengenai tiga ciri orang munafik. Pertama, jika berbicara dia berdusta, kedua, jika berjanji dia mengingkarinya, dan jika diberi kepercayaan dia berkhianat.

Secara a contrario, orang yang memiliki integritas adalah orang yang tidak berdusta ketika berbicara. Berkata-kata apa adanya, sesuai dengan kenyataannya. Tidak melebih-lebihkan dan tidak menguranginya.

Orang yang berintegritas adalah orang yang menepati janjinya. Tidak sembarang obral janji di sana sini lantas lupa melaksanakannya. Baginya janjinya adalah utang yang wajib dibayarkan.

Orang yang mempunyai integritas akan selalu amanah jika diberikan kepercayaan kepadanya. Dia akan menuntaskan tanggung jawabnya sampai selesai. Tidak mencari kambing hitam untuk menutupi kesalahannya dalam meninggalkan tanggung jawab.

Begitu hebatnya orang berintegritas ini hingga menjadi salah satu karakter orang yang sukses. Sudahkah kita memilikinya?

#Day9
#99InspirasiHarian
#Berintegritas
#Mybook
#Day157
#SehariSatuTulisan
#KLIP

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "99 Inspirasi Harian: Berintegritas (9)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel