99 Inspirasi Harian: The Power Of Hijrah (2)


Otw somewhere/pribadi

Hijrah berarti pindah dari satu tempat ke tempat lain, dari suatu keadaan ke keadaan lain. Rasulullah SAW melakukan pindah dari Makkah ke Madinah dan hijrahnya Rasul menjadi awal perhitungan kalender Hijriyah.

Momentum tahun baru Hijriyah bisa dijadikan awal perpindahan dari hal-hal yang belum baik menuju hal-hal yang baik. Tahun baru Islam ini bisa menjadi tonggak awal perubahan dari kebiasaan-kebiasaan yang kontraproduktif menjadi produktif.

Melakukan perubahan sifat-sifat yang negatif menuju sifat-sifat positif. Dari hobi yang tak bermanfaat menjadi hobi yang memiliki nilai. Dari kebiasaan membuang-buang waktu menjadi kebiasaan yang menata waktu menjadi lebih optimal.

Sebagaimana hadits Nabi SAW (terlepas dari perdebatan lemahnya sanad dan sebagainya), kita petik semangatnya untuk memotivasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

"Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik dari kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung.
Barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi.
Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek dari harinya kemarin maka dia terlaknat.”

Tak perlu menyesalkan tak meriahnya perayaan tahun baru Islam seperti tahun baru Masehi. Apalagi sampai mencari-cari apa dan siapa yang salah. Karena sejatinya keputusan hijrah menjadi lebih baik, tidak memerlukan selebrasi.

Justru dengan berkontemplasi, muhasabah diri, merenungkan pencapaian peta hidup, akan memberikan pemaknaan yang dalam bagi diri untuk berhijrah.

Selain momentum tahun baru hijriyah, satu lagi momen perubahan yang amat sayang untuk dilewatkan, pascaRamadan. Setelah digembleng selama satu bulan berpuasa, diharapkan kita lahir sebagai pribadi yang baru. Bagaikan bayi yang baru launching ke dunia. Bersih, suci tanpa dosa.

Maka baik sekali saat lebaran mengawali kembali semuanya dengan penuh semangat. Yang sebelum Ramadan salatnya masih malas-malasan, setelah puasa menjadi lebih on time dan ditambah salat-salat sunnah. Yang sebelum Ramadan kurang bersemangat dalam beraktivitas, maka di saat masuk kembali bekerja sesudah idulfitri menjadi lebih powerful dan produktif. Inilah yang dinamakan The Power of Hijrah.

Aura Ramadan meninggalkan kesan yang mendalam dan sangat positif dalam menginspirasi dan memotivasi diri menuju individu yang lebih baik. Menjadi lulusan Ramadan. Semoga kita menjadi pribadi yang lebih keren dari sebelumnya. Memberikan kemanfaatan yang sebanyak-banyaknya bagi orang lain.

#Day2
#99InspirasiHarian
#Hijrah
#Mybook
#Day147
#SehariSatuTulisan
#KLIP

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "99 Inspirasi Harian: The Power Of Hijrah (2)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel