99 Inspirasi Harian: Tegas (12)

Tegas menurut KBBI adalah tentu, pasti, tidak ragu-ragu, tidak samar-samar. Dalam bahasa Inggrisnya tegas adalah "assertive", asertif, tidak "yes man". Mengapa tegas termasuk karakter orang yang sukses? Dalam melakukan suatu hal seringkali sulit bersikap tegas.

Untuk menapaki anak tangga kesuksesan sudah pasti tak sedikit rintangan yang menghadang. Ingin fokus menjadi penulis, banyak halangan yang mengemuka. Sibuk tergerus rutinitas, buntu ide, malas dan sekian alasan lainnya.

Pegiat literasi Denni Candra menegaskan, jika Anda kehabisan ide itu artinya sama saja Anda sedang melecehkan diri sendiri. Saya pikir ada benarnya. Allah SWT mengaruniakan kepada kita otak yang luar biasa. Tinggal bagaimana kita mengasah dan mengoptimalkannya.

Prof. Alesyanti sejawat senior saya di kampus pernah mengatakan, ide menulis itu, dalam konteks penelitian, akan selalu ada sejak kita keluar rumah, sampai kita kembali ke rumah. Jadi sepanjang perjalanan kita bisa mengumpulkan gagasan menulis.

Relevansinya dengan ketegasan, ketika ide sudah ada maka kita mesti tegas menuangkannya dalam suatu tulisan. Tegas menutup laman medsos, tidak membuka-buka 'notification' dan sebaiknya menunda membalasi komentar teman-teman sementara waktu. Jika sudah menghasilkan tulisan, silakan melanjutkannya kembali.

Orang sukses akan tegas memilah dan memilih kebiasaan mana yang akan mendukungnya untuk sukses. Tegas menetapkan tujuan, tidak ragu-ragu membuat langkah-langkah konkret untuk merealisasikan tujuan. Tidak samar-samar dalam melakukan perubahan positif. Jika tidak tegas, bayangkan tujuan dan target yang telah ditetapkan akan melenceng sia-sia.

Apakah saya sudah sukses hingga berani menulis tentang kesuksesan? Saya belajar untuk sukses. Sesungguhnya ukuran kesuksesan menjadi relatif. Yang bisa dilakukan adalah memupuk kebiasaan-kebiasaan orang sukses agar menjadi orang sukses. Berusaha memenuhi kriteria agar mencapai karakter orang sukses.

So, berani tegas menyisihkan waktu untuk kebiasaan-kebiasaan positif?


#Day12
#99InspirasiHarian
#Tegas
#MyBook
#Day159
#SehariSatuTulisan
#KLIP

Berlangganan update artikel terbaru via email:

14 Komentar untuk "99 Inspirasi Harian: Tegas (12)"

  1. Iya kak..
    kadang di saat mepet mau nulis, tiba-tiba ada pula rame2 di grup wa, jadinya mundur lagi ngerjain tulisan.

    BalasHapus
  2. Hehe.. kayaknya kondisi umum kita² jaman now gitulah

    BalasHapus
  3. huaaaa kayaknya emg kudu dipaksa ya mbak biar tegas sm diri sndiri xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. kayak anak belajar shalat n puasa awalnya mmg dipaksa, abis tu udah jd kebiasaan ya kann

      Hapus
  4. Wah ngerasa ketampol dengan tulisan kak ilmiii
    Kudu tegas sama diri sendiri hiks
    Jan banyak alasan
    Ide biasanya selalu ada, walau di pertengahan suka buntu lanjutannya dan lama-lama malas dan gak jadi nulis 😭😌😂

    BalasHapus
  5. Hayuuk, masama kitaa... Ini self reminder kok, hehe

    BalasHapus
  6. Saya banget ini masih belom bisa fokus alias tegas sama prioritas, liat yg seger2 bikin lapar di medsos udahlah wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk manusiawi yaa... Kuy ah masama saling mengingatkan

      Hapus
  7. Tegas itu merupakan hal penting dalam mengontrol diri emang kak, terimakasih energi positifnya kak

    BalasHapus
  8. Masamaa... Lg belajar jg iniii

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah udah gada target2an lagi kk,, malah pengen keluar dari zona nyaman ini. Hahaha sok paten ya kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weiss, bagus juga ituhhh say good bye to comfort zone and good luck do your best

      Hapus
  10. Iya nih, aku ngerasa kurang tegas ama diri sendiri. Terlalu terlena..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel