Momen Terbaik Ramadan Tahun Ini



Beragam rasa campur aduk menjadi satu saat detik demi detik Ramadan akan beranjak pergi. Sedih, haru, dan khawatir tak dapat mengoptimalkan ibadah. Bulan penuh maghfirah, rahmah dan barakah ini akan meninggalkan kita untuk setahun lamanya.

Tak ada yang bisa memastikan apakah di tahun depan kita akan berada lagi di bulan suci ini. Kecuali Allah SWT, Sang Maha Mengetahui segala sesuatunya termasuk batas usia hamba-Nya.

Banyak momen manis di bulan mulia ini. Bulan Alquran, bulan silaturahmi, bulan kumpul keluarga, bulan latihan kesabaran dan bulan pembakaran dosa. Beberapa di antara momen manis itu ada momen-momen terbaik yang saya dan keluarga alami. Antara lain sebagai berikut:

1. Salat tarawih bersama


Salat tarawih berjamaah/Antara foto

Saat bulan Ramadan dinyatakan masuk pada waktu maghrib, kami sekeluarga telah berada di salah satu masjid termakmur di kota Medan, Masjid Al Jihad yang berlokasi di Jalan Abdullah Lubis, Medan.

Salat maghrib di sana, dilanjutkan dengan salat Isya berjamaah, mendengarkan taushiyah dari ustaz, lalu merapatka shaf untuk mendirikan salat tarawih.
Salat tarawih sendiri sangat spesial, sebab hanya dilakukan di bulan Ramadan.

Kata tarawih merupakan bentuk jamak dari kata Tarwihah dalam bahasa Arab. Yang berarti istirahat. Salat dengan rakaat dua-dua, yang cukup banyak namum diselingi dengan duduk sesaat.


Tempat favorit duduk-duduk di teras masjid Al Jihad

Anak-anak saya senang sekali jika diajak ke masjid Al Jihad. Selain beranda masjid yang lapang, memungkinkan anak-anak berlarian ke sana dan kemari. Syukurlah nazir dan para pekerja di masjid paham bahwa tidak mengapa anak-anak meramaikan masjid.

Kelak merekalah para penerus jamaah yang memakmurkan rumah Allah ini. Selama tidak mengganggu jalannya ibadah, tidak membuat keributan yang berarti, anak-anak jamaah dibiarkan saja bermain-main di selasar masjid.

Asal masih dalam pengawasan orang tuanya. Semoga suatu hari nanti mereka menjadi para pemuda dan pemudi yang hatinya senantiasa terpaut ke masjid.


Si bungsu sedang menikmati suasana di masjid Al Jihad

2. Bu-bar (buka puasa bareng)
Bukber atau bubar atau buka puasa bersama dengan keluarga merupakan momen terbaik yang sangat indah untuk dikenang.

Selain mempererat bonding antaranggota keluarga, bukber bagi yang punya anak-anak kecil seperti saya juga menjadi sarana mengajarkan materi puasa, sedekah dan kesabaran. Tentunya saya dan suami juga ikut belajar, learning by teaching.


Bukber di rumah uwak kami (kakaknya alm. Ayah)


Bukber di rumah ibuk (adik almh. mamak)


Bukber di rumah kakak


Hidangan berbuka yang ramai


Bukber kami di Ramadan Fair

Bagi kami sekeluarga, saat-saat bersama itulah momen terbaik di Ramadan tahun ini. Semoga Allah SWT meridai agar kami berkumpul kembali dalam keadaan yang lebih baik lagi di Ramadan-Ramadan tahun depan dan selanjutnya. Amin.

#Day28
#BloggerPerempuan
#30HariKebaikanBPN
#Day23
#BloggerSumut
#30HariTantanganPuasaBloggerSumut
#Day138
#SehariSatuTulisan
#KLIP

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "Momen Terbaik Ramadan Tahun Ini"

  1. Wah, kalo kak vivi malah pernah dapet pengalaman gak enak pas di masjid Al jihad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya, apatuh... Dilarang" ya anak"nya...?

      Hapus
  2. Biasanya bukber paling padet kalau bulan puasa begini. Dr bukber sd, smp, sma, kampus, keluarga besar dll
    Cuma dibulan puasa lah ada kayak gt wkwk

    BalasHapus
  3. Iyepp, betul sekali. Makasih udah mampir n komen, Bg

    BalasHapus
  4. Mantap. Padat kali jdwl tuh pas puasa kayaknya ya kak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cemanalah... Semuanya ngundang dtg, sayanglah gak hadir hehe...

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel