Aliran Rasa Bunda Cekatan


fadlimia nurhilmiyah
Facebook Group Buncek 1 / Institut Ibu Profesional

Nama: Nurhilmiyah
NIM: 3119521804
Regional: Sumatera Utara 

Tak terasa tiba juga di penghujung kelas ulat-ulat, jurnal minggu ke-8 yaitu aliran rasa (alras) sebelum berhak maju ke kelas kepompong. Ada makanan utama dan camilan yang bersliweran di linimasa Facebook Group Institut Ibu Profesional (FBG-nya Bunda Cekatan). Namun Alhamdulillah saya berusaha teguh pendirian tetap fokus pada tujuan semula yaitu ingin membimbing putri saya menghasilkan karyanya. Untuk itulah saya masuk di kelas Sastra.

Berdasarkan mind map, saya mestinya fokus pada amanah sebagai ibu dan tupoksi sebagai dosen. Adapun profesi side job sebagai narablog menempati peringkat prioritas ketiga.  Maka urut-urutan ini sejatinya tidak bisa tertukar. Karena jika yang nomor satu dikalahkan akan berefek pada terganggunya kebiasaan yang sudah berjalan sebagaimana mestinya. Namun saya tetap mencintai aktivitas ngeblog dan dunia bloger. Hal inilah yang mendasari saya tetap berada di keluarga Web-Blog-SEO (WeBS).

Saya salut dan bangga sekali dengan teman-teman yang go live di FBG memaparkan hasil diskusi dengan keluarganya masing-masing. Senang melihat mereka menemukan passion dan SUKA-BISA nya. Ada yang jago manajemen waktu, pandai di bidang manajemen emosi sub selfhealing, ada yang lancar berbahasa asing, menguasai ilmu-ilmu Alquran, piawai fotografi, utak-atik video dan bersemangat di bidang literasi.

Rasanya kalau mampu, ingin meraup semua ilmu dan wawasan yang dibagikan teman-teman tersebut di FBG. Namun saya harus realistis. Mesti mumpuni membedakan mana makanan utama dan yang mana pula camilan. Jangan sampai tersesat di The Jungle of Knowledge hanya karena rakus pada camilan. 

Kita sendirilah yang bisa memahami makanan mana yang memang betul-betul diperlukan, dan mana yang hanya sebagai selingan di antara waktu makan. Saya tidak ingin kekenyangan karena camilan. Sementara kebutuhan saya terhadap makanan utama belum dikonsumsi sebaik-baiknya.

fadlimia nurhilmiyah
FBG Buncek 1


Ada beberapa hal yang saya pelajari dari kelas ulat-ulat ini, antara lain:

      Tegas menyusun peta pikiran dan taati. Buat apa mind map-nya superkeren tetapi hanya bagus di atas  kertas saja, tidak memberikan nilai tambah dan kebahagiaan hakiki bagi kebutuhan diri pribadi.

     Harus mampu memilih dan memilah makanan utama dan camilan. Ngemil boleh saja asalkan tidak sampai bikin perut jadi full of snack.
     Belajar memberikan sesuatu yang disenangi teman yang lain. Ternyata ya, dengan ngasih hadiah ke teman, sebelumnya kita kan baca dulu tuh, Masyaallah menjadi sarana bagi kita untuk memahami juga konten kesukaan teman. 

      Seperti saya, yang tidak memilih kelas Manajemen Emosi, eh jadi menonton video Youtube Channel-nya Ustaz Nouman Ali Khan demi menjadikannya kado buat teman yang berada di Sub Self Healing. Saya pun kecipratan manfaat dan pencerahan dari tayangan baik tersebut. Nyatalah bahwa dengan memberi kita merasakan kebahagiaan.
    
     
fadlimia nurhilmiyah
Terima kasih juga kartu ucapannya ya Mbak Ayu

     Senang sekali mendapatkan buddy seperti Mbak Ayu (Dr. Sri Rahayu). Akhirnya ketemu juga dosen yang bloger, bloger yang dosen dan plusnya sesama IP-er lagi, satu ideologi kepengasuhan. Working mom dengan cita rasa full time mom. Sama-sama dosen, sama-sama mahasiswa BunCek Batch 1 dan bloger juga. Jujur, saya memang butuh sahabat yang tetap mengingatkankan saya agar berlaku adil di setiap tanggung jawab. Saya menorehkan tentang arti penting sahabat di Menemukan Sahabat.

     
fadlimia nurhilmiyah
FBG Buncek
Ibaratnya, sesuai prioritas yang saya susun, mudah-mudahan bisa menjadi bekal buddy saya juga dalam menjalankan perannya di keseharian.
a.      Kepengasuhan anak >> Ibu Profesional
b.      Profesi dosen, dan >> Grup-grup/komunitas dosen
c.       Bloger >> Komunitas-komunitas bloger.

Semoga saya dan my buddy, Mbak Ayu, memasuki peaceful place, bisa melewati semua kelas, baik Tantangan 30 Hari di kelas kepompong nantinya dan berharap menjelma menjadi kupu-kupu cantik. Amin.

#AliranRasa
#Jurnalke8
#Minggu8
#TemukanBahagiamu
#JurnalBahagia
#KelasUlatUlat
#MerdekaBelajar 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "Aliran Rasa Bunda Cekatan"

  1. wah semangat untuk segala kelas yang sedang dilalui yaa, jangan lupa berdoa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih yaa,, sip selalu memulai segalanya dg doa ya, noted.

      Hapus
  2. dosen + blogger hehe asik banget ya.. kebayang kaalau mau update materi tinggal update di blog dan dapet pengunjung dari mahasiswa nya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, bener banget Mbak, diharapkan materi perkuliahan bs diterima dg cepat kan yaa

      Hapus
  3. wah, semangat selalu ya ibu pembelajar <3 semoga dengan bekal yang didapat dan diberi, makin siap untuk tantangan di tahap kepompong ya..

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel