Cara Mengatasi Rambut Lepek

FADLIMIA.COM - Rambut lepek tentu mengganggu penampilan. Baik laki-laki maupun perempuan pasti tak ingin rambutnya dalam keadaan lepek. Apalagi saat akan bepergian namun rambut masih kelihatan lepek. Sebenarnya apa sih lepek itu? Menurut KBBI, lepek berarti kelihatan basah; seperti berminyak, tampak basah sekali. Sebagai perempuan yang salah satu mahkotanya adalah rambut, mau dong tampil cantik dengan rambut tidak lepek. Muslimah berhijab sekalipun, tidak di setiap kesempatan menggunakan penutup kepalanya. Ada saatnya ia membiarkan rambutnya tergerai bebas tanpa jilbab. Di rumah misalnya, saat tidak keluar atau sedang santai bersama suami dan anak-anak, rambut indah terbuka. Artikel ini ingin membahas tentang cara mengatasi rambut lepek.

fadlimia nurhilmiyah
Sumber gambar: Tresemme

Jadi penasaran, sebenarnya faktor-faktor apa saja ya yang memengaruhi rambut menjadi lepek ?

 1. Terlalu sering menyisir rambut

Menyisir rambut sih harus ya, selain alasan kerapian, menyisir rambut juga baik bagi kelancaran peredaran darah di bawah kulit kepala. Namun kalau terlalu sering, akhirnya menstimulasi minyak alami yang ada di rambut jadi keluar. Alhasil rambut jadi lepek deh.

2.  Terlalu sering mencuci rambut

Rambut yang dikeramas tentunya jadi segar dan harum. Namun hati-hati, jangan terlalu sering mencuci rambut. Karena seringnya mengeramasi rambut, rambut bisa menjadi kering dan merangsang keluarnya minyak alami rambut. Inilah yang memicu rambut jadi lepek.
 

3. Terlalu sering makan yang berlemak tinggi

Selain menyebabkan obesitas, kolestrol, jantung koroner dan sederet penyakit lain, mengonsumsi makanan berlemak tinggi juga dapat menyebabkan rambut menjadi lepek. Untuk itu sebaiknya mengurangi asupan makanan yang berlemak tinggi agar rambut tak mudah menjadi lepek.

4. Memakai shampo yang salah

Penggunaan shampo yang salah juga bisa membuat rambut menjadi lepek. Shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut akan memicu rambut menjadi rusak.

5. Terlalu sering terpapar sinar ultraviolet

Rambut yang sering terpapar sinar UV dan polusi udara (debu) di luar ruangan. akan mudah lepek dibandingkan rambut yang tidak sering terekspos lingkungan yang demikian.

fadlimia nurhilmiyah
Sumber gambar: Telewanita

Lalu, bagaimana cara mengatasi rambut lepek dengan cepat?

Ada 5 (lima) cara yang bisa dilakukan dengan cepat untuk mengatasi rambut yang lepek. Check this out yaa:

1. Mengubah arah belahan rambut

Nah, mungkin kita sering yaa menyisir rambut gitu-gitu aja belahannya. Bagi yang biasa rambutnya belah tengah, sesekali diubah dong jadi belah samping kanan/kiri, atau tanpa belahan juga oke. Sebab kulit kepala yang lebih sering terekspos lingkungan biasanya akan tampak lepek.

2. Menggunakan dry shampo

Salah satu cara mengatasi rambut lepek adalah gunakan dry shampo. Dry shampo ini dikemas dalam bentuk spray dan powder. Jika menggunakan yang spray, tinggal disemprotkan saja ke seluruh rambut yang lepek lalu sisir kembali. Jika memakai dry shampo dalam kemasan powder, gunakan brush atau kuas agar powder merata dan rambut bisa ditata rapi lagi.

3. Menaburkan baby powder

Siapa nih yang suka mengaplikasikan bedak bayi ke wajah untuk mengurangi minyak? Metode ini juga bisa digunakan untuk mengurangi minyak pada rambut. Ratakan bedak pada rambut dengan kuas rias maka bedak akan menyerap minyak dan rambut pun berkurang kelepekannya. Selain itu rambut menjadi lebih harum dan tampak bervolume.

4. Menggulung atau mengikat rambut

Agar rambut lepek tidak terlihat, caranya bisa dengan menggulung atau mengikat rambut ala kuncir kuda atau menjepitnya dengan jepitan rambut. 

5. Pilih model rambut Messy Hair

Bagi pemilik rambut tipis dan lurus, tidak ada salahnya memilih model potongan rambut Messy Hair atau rambut yang kesannya berantakan. Hal ini baik untuk menutupi rambut yang lepek sehingga tidak mengganggu penampilan.


Demikian cara mengatasi rambut lepek, selamat mencoba ya...











Berlangganan update artikel terbaru via email:

38 Responses to "Cara Mengatasi Rambut Lepek"

  1. Lah, ramput lepek itu karena terlalu sering cuci rambut tah mba Mia.
    Awak malah kalo gak cuci cuci rambut agak dua hari aja dah lepek sekali lah...
    apa rambut awak upnormal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang terlalu-terlalu biasanya emang gak bagus kan.. Kak Vi...hehe

      Delete
    2. Sepertinya dua hari sekali sudah ideal ya, tentunya dengan menggunakan shampoo yang memang cocok dengan kondisi rambut kita. Lebih dari dua hari sekali tuh rambutku rasanya sudah nggak enak banget gitu.

      Delete
  2. Awak kalo makan makanan yang pedas terlalu sering, maka rambut lepek akan segera hadir menyapa..

    "Haiiii.. cuci rambut yuk.."

    Hahaha,
    Bedak baby bisa juga ya kak? Aku takut bedak bikin ketombe. Gak ya ternyata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faktor makanan pedas juga berpengaruh ya Cha ke rambut jd lepek

      Delete
  3. Baru tahu loh. Ternyata makanan berlemak bisa membuat rambut lepek. Terus, jika menggunakan baby powder gitu. Apakah memberikan efek nambah ketombe?

    ReplyDelete
  4. Cemanalah rambut awak sikit. Boro2 lepek... Emang rontok n tipis haha
    Tp keren tips nyaa

    ReplyDelete
  5. Iya bener makanan berlemak bisa menjadikan rambut lepek. Dan ternyata sering cuci rambut juga bisa lepek ya ..

    ReplyDelete
  6. Ternyata banyak ya cara mengatasi rambut lepek, mau coba ah
    Khususnya yang pake baby powder
    Thanks infonya ya

    ReplyDelete
  7. Ternyata banyak cara untuk mengatasi rambut lepek
    Mau coba ah
    Khususnya yang pake baby powder
    Thanks info nya ya

    ReplyDelete
  8. Mengganti arah belahan rambut? Kok nggak pernah terpikirkan sama aku, ya? Mungkin karena berhijab, jadi suka nggak kepikiran untuk mengubah gaya rambut. Wah, thanks banget nih infonya.

    ReplyDelete
  9. Terlalu sering nyisir bikin rambut lepek? Berarti udah bener ya aku jarang nyisir :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha karena terlalu sibuk ya Mbak... sama...kadang aku juga gitu

      Delete
  10. Berapa kali idealnya mencuci dan menyiris rambut? Mungkin ada tips khusus untuk dua hal ini Mbak? Aku termasuk jarang nyusir rambut nih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua hari sekali sudah wajar kok Mbak... tp kl dirasa sudah keluar seharian trus rambut jadi bau bikin gak nyaman, bolehlah di hari itu keramas

      Delete
  11. No. 04 mungkin faktor penyebab rambutku lepek.
    Karena aku nggak tau sebenarnya aku cocok mrnggunakan shampoo yang mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dirasain aja Mbak mana shampo yg rasanya ringan gitu di kepala n suka harumnya... kayak Tresemme

      Delete
  12. Wah baru tahu kalau bisa atasi rambut lepek dengan baby powder, makasih tipsnya mba.

    ReplyDelete
  13. Saya malah kesel banget. Baru sehari keramas aja sudah ngerasa lepek aja. Apalagi sampai tiga hari rasanya minyaknya membuat saya enggak nyaman. Plus bau lagi. Jadi, kesel sendiri. Saat stress malah semakin lepek sepertinya. Kalau krimbat bisa mengurangi jangka lepek nggak ya.

    ReplyDelete
  14. Nanti saya coba deh pakai baby powder.

    ReplyDelete
  15. aku jarang nyisiiiiir 😁 tp emang dasar rambutnya tipis aja sih. jd keliatan lepek banget

    ReplyDelete
  16. Keseringan keramas juga enggak baik, ya? Kadang kalau lepek kelihatan enggak enak dipandang, ya. Baru tahu malah kalau pakai babby powder bisa ngatasin lepek

    ReplyDelete
  17. Aku sudah sering kak kalo pakai dry shampoo. Nah kalau bedak bayi barusan tahu ini.., keren, cobaa ahh tipsnya

    ReplyDelete
  18. wah, terima kasih ini artikelnya. Berguna sekali buat istri saya yang rambutnya sering lepek, kusut. semoga bisa kembali berkilau seperti apa yang ditulis di artikel ini

    ReplyDelete
  19. Kalau saya rambut lepek karena tipe rambutnya berminyak. Jadi harus sering keramas. Dan bener itu tadi tipsnya, mengubah arah belahan rambut cukup membantu juga..

    ReplyDelete
  20. Saya ga kebayang, nih, memberikan bedak ke rambut yang lepek. Kalau di luar negeri mungkin masih bisa. Kalau di cuaca tropis gini... mungkin malah tambah bikin ketombe.
    Tapi mungkin saya yang salah.
    Selama ini rambut saya lepek juga. Gemesin,,,,,,

    ReplyDelete
  21. Wah pakai baby powder bisa? Aku baru tau mengenai hal ini. Aku sendiri untuk rambut lepek paling langsung keramas aja.

    ReplyDelete
  22. bedak baby andalan saya nih kak xD, terima kasih bnyk ulasannya kak ^^

    ReplyDelete
  23. Kalau keramas tiap hari bikin lepek jugakah mbak? Terus itu kalau bedak bayi apa nggak bikin rambut kita putih-putih ya? Salam belum pernah soalnya

    ReplyDelete
  24. Aku udah nggak pernah rutin nyisir rambut, bukan karena lepek tp karena rontok. Rambut aku malah lepek kalau udah lama nggak keramas hehe.

    ReplyDelete
  25. Karena sukanya belah pinggir, memang agak susah ya berubah tatanan rambut, padahal lumayan juga buat mengubah penampilan

    ReplyDelete
  26. Ternyata klo terlalu sering keramas bikin rambut lepek ya
    Baru tau :)
    Pakai bedak warna hitam kali yah biar gak putih rambut taro bedak,, hehe :)
    Thanks for sharing

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel