Cara Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Musim wabah Corona Virus Disease (Covid-19) sekarang ini penting sekali bagi setiap orang untuk menguatkan sistem imun tubuh.

Sebagaimana yang dirilis di laman Harian Haluan, sekitar 80% orang yang terinfeksi Covid-19 memiliki gejala yang relatif ringan, sisanya mengalami gejala yang parah hingga meninggal dunia. 

Mengapa hal ini bisa terjadi? Para peneliti di Australia yang tergabung dalam Doherty Institute mempublikasikan temuan mereka di Jurnal Nature 16 Maret 2020 lalu. Pada penyakit flu yang juga disebabkan oleh virus, Kepala Laboratorium Profesor Kathrine Kedzierska menemukan sistem kekebalan tubuh manusia merespons virus Corona sama dengan ketika mereka berusaha melawan flu.

Maka menjadi sangat penting menguatkan sistem imun tubuh di masa meluasnya Covid-19 ini. Jika benar didiagnosa positif Corona maka setelah hari ketujuh, tubuh akan memproduksi zat antibodi untuk berperang melawan bandit virus Corona.

Secara ilmiah, setelah 14 hari pertarungan ini akan menghasilkan dua keadaan. Kebal atau mati. Yang sistem imunnya kuat maka superhero antibodinya memenangkan pertempuran, Covid-19 nya mati. Tetapi jika sistem imun seseorang lemah maka sangat disayangkan bisa berakhir dengan kematian.

Apalagi jika orang yang terjangkit Corona termasuk ke dalam kelompok dengan risiko tinggi (risti) di bawah ini:
1. lansia
2. mengidap diabetes,
3. sakit jantung
4. gangguan pernapasan.
Semoga kita dan orang-orang tercinta yang kebetulan ada di dalam kelompok risti ini dapat terhindar dari Covid-19 dan selalu dalam keadaan sehat wal 'afiat.

Cara menguatkan sistem imun tubuh ada beberapa. Selain makan dengan pedoman gizi seimbang dan beristirahat yang cukup, kita juga bisa mengonsumsi rempah-rempah yang terdapat di sekitar kita, apa sajakah itu?

menguatkan sistem imun dengan herbal rempah alami
Rempah-rempah / Obat Rindu

Berikut 5 rempah-rempah yang dapat menguatkan sistem imun tubuh:

1. Jahe (Zingiber Officinale)

Jahe sangat mudah diperoleh di lingkungan kita. Dulu selain bunga-bungaan, ibu saya punya area tanaman toga (tanaman obat keluarga) di halaman rumah. Selain diperlukan untuk menambah cita rasa masakan, toga juga amat penting sebagai pertolongan pertama jika ada anggota keluarga yang sakit.

Jahe dikenal memiliki kandungan anti peradangan yang mampu melawan sakit tenggorokan dan infeksi pernapasan. Tanaman dari India ini diyakini sebagai salah satu cara menguatkan sistem imun tubuh. Caranya bisa dicampurkan ke dalam sup, teh, susu, kopi ataupun khusus dibuatkan minuman seperti wedang jahe.

meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jahe / Hellosehat

2. Kayu Manis (Cinnamomum Verum)

Satu sendok makan bubuk kayu manis dicampurkan dengan satu sendok makan madu dan air hangat dapat menjadi menyegarkan kondisi tubuh yang tadinya lelah. Rempah asal Mesir ini juga dapat dicampur begitu saja dengan teh hangat untuk mengurangi cuaca dingin dan memperlancarkan peredaran darah.

meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kayu manis / Tempo


Tubuh menjadi fit dan sistem kekebalan tubuh pun menjadi kuat. Kayu manis jika dikombinasikan dengan jahe dapat mengatas keluhan masuk angin di cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini.


3. Cengkeh atau Cengkih (SyzygiumAromaticum)

Rempah yang satu ini dahulu kala sempat menjadi alasan kolonial Belanda menjajah nusantara. Mungkin karena khasiatnya yang sangat berfaedah menghangatkan suhu tubuh agar selalu dalam kondisi prima. Selain itu rempah asli Indonesia ini juga dapat mengatasi batuk, radang tenggorokan dan juga bau mulut.

meningkatkan sistem imun tubuh
Cengkeh / Doktersehat


Jadi teringat saat suami saya pulang makan siang dari kantornya. Keasyikan menyantap rendang jengkol yang saya masak, lupa kalau harus balik lagi dan tentunya bakal berinteraksi dengan rekan-rekan sekantor. Akhirnya dengan cepat saya berikan beberapa butir cengkeh untuk dikunyah-kunyah untuk menghilangkan bau khas jengkol. Eit, jangan ikuti kata Cak Lontong ya... cara menghilangkan bau jengkol, makanlah pete, haha.

4. Kapulaga (Elettaria Cardamomum)

Tidak berbeda dengan cengkeh yang kaya manfaat, kapulaga juga rempah yang dapat menguatkan sistem imun tubuh. Minuman hangat yang dicampur rempah dari India ini dapat menghangatkan tubuh, melegakan tenggorokan, antidepresan dan melancarkan pernapasan. Meski kapulaga ini kerap dipakai ibu-ibu saat masak kari atau sup, tak jarang kapulaga dijadikan obat untuk menyembuhkan radang amandel, mengurangi kejang perut dan meringankan rematik. Wah, banyak ya khasiat si kecil imut-imut ini.

 
meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kapulaga / Jawapos

5. Bunga Lawang atau Kembang Lawang/Pekak (Illicium Verum)

Memang sih namanya bunga ya tapi bunga lawang ini masuk ke dalam rempah-rempahan yang juga banyak mengandung faedah menguatkan sistem imun tubuh. Rempah cantik ini berbentuk seperti bintang dengan delapan ruas yang tiap-tiap ruasnya memiliki biji-bijian berwarna coklat. Apa saja khasiatnya?

Dilansir dari rubrik lifestyle Kompas.com, Bunga Lawang dapat mengatasi flu, menjaga kesehatan kulit, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi insomnia, meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan pencernaan. Wuih, hebat ya rempah dari Asia ini... Yups, tentu lebih hebat lagi yang menciptakannya, yaitu Allah SWT.


meningkatkan kekebalan tubuh
Bunga Lawang / Shuttierstock

Demikian cara menguatkan sistem imun tubuh dengan mengonsumsi rempah-rempah alami yang tersedia di dapur kita,  mumpung semua lagi #dirumahsaja, skuyy... tunggu apalagi, sambil blogwalking bikin teh campur kayu manis bisa menjadi alternatif menjaga kesehatan lho.

Berusaha menguatkan sistem imun merupakan salah satu ikhtiar kita untuk membantu "pasukan" antibodi jika terjadi kemungkinan terburuk, yaitu tertular Covid-19. Semoga kita semua dihindarkan ya, aamiin yra.

Oya, selain 5 rempah di atas, sebenarnya masih banyak lagi lohh rempah-rempah di sekitar kita yang bisa menguatkan sistem imun tubuh, silakan dibagikan di kolom komentar ya, Terima kasih.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

28 Komentar untuk "Cara Menguatkan Sistem Imun Tubuh"

  1. Rempah-rempah jadi naik daun ya, Mbak sejak mewabahnya corona. Memang, akhirnya banyak orang menyadari pentingnya kebersihan dan menjaga kesehatan. Kalau sedang flu, saya sering bikin rebusan jahe, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, cengkeh, dan biji pala. Hangat-hangat diminum bersama perasan jeruk nipis dan madu. Angeet ke badan. Selain itu, saya juga rutin minum jus tiap pagi. Contohnya yang murah meriah sepert i tomat dicampur teman-temannya. Selain murah juga mengandung vit C yang bisa meningkatkan imunitas. Insya Allah kita selalu sehat ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mbak Muy, scr kan kabarnya Vitamin tengah mahal n susah dicari,, Alhamdulillah di dapur ada penguat sistem imun tubuh

      Hapus
  2. Menarik artikelnya. Saya sempat baca juga buah stawberry juga bagus untuk daya tahan tubuh. Lalu, sebagai umat muslim, sebisa mungkin menjaga wudhu saat keluar itu juga tindakan preventif yang baik agar virus enggan masuk. Mantap ibu dosen iya, ngeblog juga ya, bisa dibuat jurnal ilmiah ini artikel blognya. Sebenarnya ngeblog itu seperti membuat karya ilmiah, ada sistematikanya tapi versi santai, gaul, dan kekinian hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, noted deh menjaga wudu ya.. insyaallah diamalkan. Blog itu platform buat menyalurkan hobi nulis juga ya Pak

      Hapus
  3. Saat musim hujan banyak bumbu yg nilainya terjun, seketika melambung lagi karena adanya Corona. Semoga mau puasa dan lebaran harga masih bisa terjangkau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, iya nih soalnya kebiasaan puasa bikin kolak perlu rempah juga buat penguat rasanya ya Teh

      Hapus
  4. setiap hari saya minum kopi dengan air rebusan jahe, cengkeh dan serei, alhamdulilah ngga gampang sakit

    BalasHapus
  5. Nice info kaka... akupun minum jamu-jamuan sekarang. Rempah olahan sendiri lebih bagus sih. Tapi aku ribet baget bikinnya. Jadi milih beli jadi aja di tukang jamu. Yang penting minum jamu biar imun kita bagus di tengah situasi kaya gini.

    BalasHapus
  6. Sekarang kami rutin bikin ramuan jamu, terdiri dari: jahe, kencur, sereh, dll, dicampur. Suegerrrr dan menyehatkan.
    Semoga wabah corona segera hengkang yaaaa

    BalasHapus
  7. Rempah-rempah di Malang harganya langsung tinggi, terutama kencur dan jahe. Semoga hal ini segera berlalu ya, sehat semua dan bahagia.

    Bisa aktivitas seperti biasa lagi. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadeuuhh update juga ya para pelaku usaha di rantai distribusi rempah, ckck

      Hapus
  8. Aamiin.

    Dahulu, rempah-rempah diabaikan begitu saja. Sampai kering tak tersentuh pembeli. Sekarang, jadi primadona. Jadi barang mahal dan terkadang langka. Alhamdulillah epidemic covid19 membawa berkah buat para penjual rempah-rempah dan ramuan herbal. Kalau saya minum sereh dan kunyit hangat setiap hari untuk meningkatkan imun tubuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah dapat info dari share WA teman, katanya kunyit malah gak direkomendasikan minum Mbak, bs efektif sebagai reseptor Covid-19

      Hapus
  9. Cara menguatkan imun untuk melawan virus corona ini ternyata praktis sekali ya Mbak. Cukup dengan mengonsumsi rempah2 alami yang biasa ada di dapur rumah kita seperti yang sudah disebutkan di atas. Noted nih, yah semoga kita semua bisa terhindar dari wabah corona

    BalasHapus
  10. Wahh ternyata mudah dan praktis sekali untuk menguatkan imun tubuh. Hanya dengan mengonsumsi rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, kapulaga DLL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma kadang kita lupita ya Mbak Kesih hihi... fokusnya vitamin C ajah hehe

      Hapus
  11. Dan setelah tahu rempah rempah ini bisa lawan covid, mendadak harganya mahal..
    Di cari juga sulit..
    Indonesia mah gitu, hehe

    BalasHapus
  12. Aku sudah lagi buat jamu dari rempah-rempah kak, tapi sekarang rempah lagi naik daun harganya naik drastis

    BalasHapus
  13. Kenapa ya ngga dari dulu banyak orang tertarik minum jamu atau berbahan rempah .., padahal jamu salah satu warisan leluhur kita dan terbukti banyak khasiatnya.

    Barulah epidemi covid-19 mewabah di Indonesia, warga pada ramai berburu rempah2.

    Semoga ya bencana global ini segeta berakhir.

    BalasHapus
  14. Saya pakai bahan yang selalu ada di rumah, Mbak, yang tiap bakul membawa tiap hari, yaitu salam, laos, jahe, daun jeruk. Direbus bersama. Setelah siap disajikan, saya tambahi air jeruk nipis dan gula.

    BalasHapus
  15. mengapa ya daya tahan tubuh orang indonesia kalah dengan orang eropa ?

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel