Cara Menghilangkan Noda Oli Di Baju

Artikel ini membahas tentang cara menghilangkan noda oli di baju. Sebagaimana kita ketahui bersama oli adalah zat kimia yang berfungsi melumasi mesin. Oli akrab kita jumpai di keseharian. Saat akan mengganti oli kendaraan sendiri di halaman rumah misalnya, meskipun sudah dilakukan sehati-hati mungkin, bisa saja percikan atau tumpahan oli memerciki celana atau pakaian Anda.

Lalu, kalau terkena noda oli di baju, cara apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda oli tersebut. Dan produk-produk apa saja yang dapat membantu menghilangkan noda oli di baju?

tips menghilangkan noda di baju
Pakaian yang sedang dicuci / Rinso

Produk-produk yang membantu menghilangkan noda oli di baju

Tentunya kita membutuhkan produk-produk yang dapat menghilangkan noda oli membandel di baju, dengan air saja tidak cukup, bukan. Ada tiga macam produk yang bisa digunakan untuk itu, berikut produk-produk tersebut:
  1. Deterjen, terutama pada deterjen antinoda berbentuk cair, yang memang secara khusus diformulasi untuk melepas ikatan noda pada serat-serat kain sehingga sangat ampuh dua kali lipat dari deterjen bubuk, yang dipakai sebagai cara menghilangkan noda oli di baju. Cairan deterjen meresap ke dalam serat kain terdalam dan bisa langsung diaplikasikan pada noda oli.
  2. Sampo, meskipun sampo dirancang spesial untuk rambut, namun campuran zat pada sampo juga dimaksudkan untuk menghilangkan minyak dan sebum pada kulit kepala. Sehingga prinsip ini bisa digunakan pula untuk membantu menghilangkan noda oli di baju.
  3. Sabun cuci piring cair, komposisi yang dikandung sabun cuci piring cair juga ditujukan untuk menggempur minyak dan lemak yang tersisa pada peralatan makan. Maka cairan sabun pencuci piring ini pun bisa membantu menghilangkan noda oli di baju.

Sebelumnya sebaiknya sediakan salah satu dari benda-benda berikut ini untuk lebih memudahkan kita dalam proses menghilangkan baju di oli. Jangan sampai genangan bekas oli semakin mengotori baju yang akan dibersihkan, untuk itu diperlukan;

1.  Tisu, lap atau handuk bekas

Serap genangan bekas oli secara hati-hati dengan tisu, lap atau handuk bekas agar tidak semakin mengotori area noda yang akan dibersihkan.

2. Bedak bayi

Bisa juga dengan menaburi noda oli dengan bedak bayi sehingga noda terkunci dan tidak semakin melebar.

3. Tepung Maizena

Tepung Maizena juga bisa mengatasi noda bekas oli, penggunaannya sama seperti bedak bayi, ditaburkan saja ke area noda oli.

4. Bubuk soda kue

Bubuk soda kue juga demikian, sehingga genangan bekas oli tidak mengotori area baju yang tidak ternoda.

 Tips menghilangkan noda oli di baju

Okay, misalkan kita sudah punya salah satu produk yang membantu menghilangkan nodanya nih, misalkan deterjen cair antinoda, tips dalam menghilangkan noda di baju adalah sebagai berikut:

1. Teteskan deterjen cair antinoda pada area bekas noda oli pada baju. Jika memakai deterjen bubuk, cairkan terlebih dahulu dengan menggunakan air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada noda oli.

2.  Kucek-kucek bagian noda yang sudah diberi deterjen sampai berbusa dan merata atau kalau ada sikat gigi bekas, bisa disikat sampai noda oli memudar.

3. Bilas sampai noda oli tidak tampak lagi. Jika masih kentara maka diamkan sebentar lalu bilas menggunakan air hangat. Jika belum hilang juga, diamkan semalaman dalam air hangat bercampur deterjen.  

4. Noda oli hilang, masukkan baju ke dalam mesin cuci dan cuci seperti biasa. 

Gimana, Buibu yang berpengalaman mencuci baju suami dan anak-anaknya dengan aneka noda? Ada saran terbaik mengenai tips menghilangkan noda di baju? Skuy, sharing di kolom komentar yaa, saya tunggu sambil ngopi-ngopi syantik nunggu mesin cuci "bernyanyi" nih, hehe.

 











 
 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

12 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Noda Oli Di Baju"

  1. Sejauh ini pakai apapun noda bekas oli di pakaian suami tetap ga bisa hilang. Mungkin memudar, tapi itu pun sudah lama...
    Antisipasi saya cerewet ke mereka, kalau mau otak atik dengan oli, pakai baju khusus. Jadi kalau kena ga masalah. Ganti saja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, diakali pake "APD" baju dari oli ya Teh Okti...

      Hapus
  2. Bermanfaat banget infonya, kita sering menunda membersihkan noda sehingga ketika dicuci udah sulit dibersihkan.
    Lebih cepet membersihkan noda akan semakin baik hasilnya

    BalasHapus
  3. Bahan-bahan kue juga ikut berpartisipasi yaa hehe
    Saya pernah juga kena oli, kd kenang2 an nodanya ga ilang haha

    BalasHapus
  4. Kalau ngomongin noda memang sering bikin kezeel ya Mbak Mia...anak-anak terutama, baju seragamnya mayoritas putih kalau kena noda susah hilangnya. Lalu baju Paksu, noda oli misalnya Aku perlu coba deh cara menghilangkan noda oli ini

    BalasHapus
  5. Kalau saya biasanya pakai deterjen aja. kalau pakai shampo, satang shamponya hehehe...

    BalasHapus
  6. Wah terima kasih tipsnya nih. Membantu sekali karena bukan kebetulan baju saya banyak yang kena noda oli. Btw baru tahu bedak bayi bisa juga mengatasi noda oli ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat kita membersihkan genangan air bekas noda oli, bisa dibantu pake bedak bayi dll itu Mbak

      Hapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel