Quote Writing Challenge Ramadan Rumlit IP Sumut

Di bulan Ramadan ini saya dan teman-teman yang tergabung dalam kepengurusan Komunitas Ibu Profesional (KIP) Sumatera Utara menggelar tiga acara yaitu, Quote Writing Challenge (TINGE) Ramadan, Menu Ramadan (NUR) Challenge dan Motivasi Qur'ani.

Sementara sahabat-sahabat di Himpunan Mahasiswa (HIMA) Institut Ibu Profesional (IIP) Sumut menyelenggarakan kuliah-kuliah daring di Facebook Live, Sejuta Cinta IP mengadakan berbagi takjil gratis. 

Sesuai dengan New Chapter 2020, Ibu Profesional dibagi menjadi tiga bagian, KIP, HIMA IIP dan Sejuta Cinta. Hal ini bertujuan agar anggota lebih mudah menemukan aktivitas yang membuatnya berbinar-binar dan bisa berkomunitas dengan rasa bahagia.

Adapun saya masih tetap memegang amanah sebagai ketua rumlit (rumah belajar literasi) sesuai dengan passion di bidang kepenulisan.


Kenapa quote sampai dilombakan segala ya? Quote atau kutipan adalah suatu kalimat atau ucapan yang dianggap menarik yang berisikan ide, pendapat atau gagasan seseorang. Dalam sebuah karya tulis, umumnya kutipan dijadikan bahan acuan atau sumber referensi untuk memperkuat, menambah dan memperjelas tulisan. 

Namun bisa juga diartikan quote ini semacam kata-kata bijak yang dibuat orang untuk memberikan motivasi.

Seringkali kita tidak sempat membaca tulisan yang panjang-panjang. Apalagi ibu-ibu yang kesehariannya menjadi lebih sibuk dengan hadirnya bulan suci Ramadan. Memikirkan menu sahur dan buka, berbelanja, memasak, mengasuh anak yang masih kecil dan beristirahat. 

Maka dengan adanya tantangan menulis quote ini menurut saya dan tim relatif memudahkan ibu-ibu, baik yang ingin memetik manfaat dengan membacanya maupun dengan mengikuti lombanya.

Quote Melatih Puasa

Mengapa melatih puasa penting dijadikan quote bagi ibu yang anaknya belajar berpuasa? Melatih puasa sejak sini sangat penting diajarkan kepada ananda. Banyak pelajaran berharga dari melatih puasa kepada anak, antara lain:
  1. belajar melaksanakan ajaran agama sedari kecil
  2. belajar tentang sabar menanti waktu berbuka
  3. belajar menahan diri
  4. belajar makan sahur meski sedang mengantuk
  5. belajar disiplin diri
  6. belajar menjaga kesehatan fisik
Tentunya orang tua turut menjelaskan setiap pelajaran yang dipetik dari ajaran berpuasa. Ibarat batang pohon pepaya. Akan mudah dibengkokkan jika ia masih berusia muda. Demikian analogi pendidikan terhadap anak-anak kita. 

Jika sudah besar baru akan mengajarkan puasa pada anak ibarat batang pepaya dewasa, bukannya menurut ke arah yang kita inginkan, batangnya malah patah. Tentunya kita tak ingin buah hati tercinta menjadi orang yang tidak kuat berpuasa di masanya kelak.

Alhamdulillah terkumpul 63 quote dari tiga regional, yaitu IP Sumut sendiri, IP Bandung dan IP Samkabar (Samarinda, Mahakam Ulu, Kutai Timur, Kutai Barat). Quote-quotenya bagus-bagus sekali, tim sampai bingung menentukan siapa yang menjadi para pemenangnya. Kriteria penilaiannya sebagai berikut:
  1. kesesuaian quote dengan tema
  2. kreativitas
  3. artistik 
  4. kesesuaian dengan persyaratan (harus like dan follow akun Instagram IP Sumut dahulu) dan bikin tagar #QuoteWritingChallenge #IbuProfesionalSumut
  5. jumlah like yang dikumpulkan
 Pada hari Kamis lalu kami mengumumkan pemenangnya yaitu sebagai berikut:

quote ramadan


Dan ini adalah tiga quote terbaik dari masing-masing pemenang:


Pada quote Bunda Masriani, kita mendapati quote yang dibingkai dengan GIF (Graphic Interchange Format) atau gambar yang bisa berubah-ubah. Kreatif sekali ya, mengajarkan anak untuk mencintai Allah dengan menaati perintahnya (berpuasa) dan menjauhi larangan Allah SWT. 

Komposisi warna yang eye catching sehingga bukan cuma sang bunda yang jadi tambah bersemangat mengajarkan anak berpuasa, anaknya sendiri juga menyukai jika ajakan berpuasanya seperti ini. 

Quote writing challenger rumlit ipsuQuote-nya Bunda Elin simpel tapi mengena banget. Dengan akhir kata yang ber-rima, pendek dan sangat mudah diingat oleh anak-anak. Mungkin yang tadinya ingin menyerah pada keadaan, puasanya hampir bolong, jika membaca quote Bunda Elin ini jadi kembali bersemangat.

Quote writing challenge rumlit


Bunda Della Mutia beda lagi quote-nya. Dengan latar belakang bunga-bunga, mengajak ananda untuk semangat beribadah meski perut sedang merasa kelaparan. Di sini pendidikan puasa mengajarkan anak untuk tetap optimal beribadah di keadaan apapun.

Demikian Quote Writing Challenge yang diadakan Rumbel Literasi Ibu Profesional Sumatera Utara di bulan Ramadan 1441 H. Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi mengerahkan segala kemampuannya demi mengikuti quote Melatih Puasa ini. Sampai jumpa di tantangan selanjutnya ya.. 

Salam,




 

















Berlangganan update artikel terbaru via email:

14 Responses to "Quote Writing Challenge Ramadan Rumlit IP Sumut"

  1. Keren ikh mba udah bergabung ama IIP. Aku masih aja belum. Padahal pengen mah ada. Oh ya ngomong-ngomong aku suka juga nulis quote. Biasanya aku nulis quote berdasarkan pengalaman sendiri jadi yang keluarg quotenya dari hati hihihi

    ReplyDelete
  2. WAh, asyik banget kalau bikin challenge kayak gini ya. Kitanya jadi semangat belajar menulis bersama. Jadi saling mempengaruhi dan menyemangati menuju progres yang lebih baik.

    ReplyDelete
  3. wah boleh nih ada quote challenge kyk gini seru dan mengedukasi nih..

    ReplyDelete
  4. Bagus-bagus quote nya kak Mia. Yang terpenting quote tersebut harus menginspirasi kita dan anak-anak untuk ibadahnya selama Ramadhan ini. Semoga challenge berikutnya kak Mia menang ya kak.. ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ya gak mungkinlah masa' panitianya yg ngadain dia yg menang

      Delete
  5. Saya pribadi suka loh mbak liat qoutes gitu dibandingkan kalimat panjang. Soalnya quotes tuh singkat, padat, tapi maknanya dapat.

    ReplyDelete
  6. wuah keren banget quotesnya
    apalagi kalau berima
    jadi ngerasa keren aja gitu kalimatnya

    ReplyDelete
  7. Suka banget sama quotesnya kalau puasa ini gak boleh perut kosong tapi ibadah gak bole kosong eh gimana sih..pokonya ingetin ibadah

    ReplyDelete
  8. Masya Allah ibu-ibu keren ini..quote-nya sungguh menginspirasi. Mbak Mia ini masih sempat saja di tengah kesibukan aktif di Komunitas Ibu Profesional.Salut!!

    ReplyDelete
  9. Aku suka banget baca-baca quote, apapun itu. Kayaknya lebih menohok, lebih nyindir, lebih nampar, lebih lebih lah semua. Wkwkwk. Bagus-bagus itu quotenya mba. Saya suka yang "Anak Hebat, Puasa Tamat." Bikin semangat membacanya.

    ReplyDelete
  10. Bikin quote itu emang gampang gampang susah ya mba Mia.
    Tapi quote para pemenang asik asik laa..

    ReplyDelete
  11. Keren ini mbak idenya. Soalnya jarang jarang ada lomba bikin quote. Frame di kepala manusia kalau bicara soal quote pasti ke orang orang yang menginspirasi, terkenal atau publik figure.

    Suka dengan idenya...

    ReplyDelete
  12. Kalau aku juga suka quotes mba, langsung pada intinya ga perlu panjang lebar tapi pembaca dah ngerti. Bagus yah ada quotes challenge kayak gini

    ReplyDelete
  13. Wah, quote-quote ini kalau ditempel di dinding rumah kayaknya bakal memotivasi penghuninya ya untuk senantiasa mengingat melakukan kebiasaan baik. Apalagi udah ada hiasan bunga-bunga gitu, hihihi ...

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel