Resep Sempol Ayam Wortel Dari Yummy App

resep sempol ayam wortel


Sebagai mama, saya selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi ananda. Di masa pandemi seperti sekarang ini saat suami working from home dan anak-anak school from home, menyediakan makanan bergizi adalah sesuatu hal yang wajib agar seluruh anggota dalam keadaan sehat.

Terlebih  anak-anak suka bolak-balik ke dapur atau membuka tudung saji di atas meja makan, apalagi yang dicari kalau tidak camilan.

Nah, berhubung selama dua bulanan ini sudah berbagai macam camilan dicoba, akhirnya saya kehabisan ide. Mau bikin snack apa lagi ya yang disukai anak-anak. Agar mereka tetap riang gembira dan kuat daya tahan tubuhnya.


Alhamdulillah saya ketemu sama Yummy App...!!! Aplikasi resep masakan, minuman, kue dan camilan yang praktis, cara membuatnya mudah dan yang paling penting adalah antigagal. Seneng banget dong. Langsung deh saya daftar dan taraaa... seperti berada di dunia masakan. Resep-resep makanan ringan buat anak-anak buanyaakk. Dan pilihan saya jatuh kepada Sempol Ayam Wortel.

Resep Sempol Ayam Wortel

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
250 gr dada ayam fillet
100 gr tepung tapioka
1 sdm bawang goreng
2 siung bawang putih, haluskan
1 butir telur
1 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
5 sdm air es
1 batang wortel, parut
1 batang daun bawang, rajang
tusuk sate secukupnya
minyak goreng secukupnya
2 butir telur, kocok lepas

Cara Membuat:

  1. Giling daging dada ayam, bawang goreng, bawang putih, dan air es hingga halus. Masukkan telur dan tepung tapioka, aduk hingga tercampur rata.
  2. Masukkan garam, merica bubuk, kaldu bubuk, wortel parut, dan daun bawang. Aduk hingga tercampur rata
  3. Olesi tangan dengan minyak goreng sedikit. Ambil adonan secukupnya, kepal-kepal dan bentuk lalu tusuk. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Didihkan air tambahkan minyak goreng 1 sdm, masukkan adonan sempol. Rebus hingga adonan mengapung. Angkat dan tiriskan
  5. Panaskan minyak goreng. Celupkan sempol ke dalam telur kocok. Goreng sempol hingga berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan.
  6. Voilaa... sempol ayam wortel siap untuk dinikmati bersama saus sambal.
Kalau untuk anak balita sebaiknya menikmati sempol ayam wortel tidak usah pakai saus sambal. Bisa diganti saus tomat atau dimakan begitu saja tanpa dicocol juga nikmat. Sempol ayam wortel mengandung parutan wortel yang berfaedah bagi kesehatan anak.

Wortel merupakan sumber vitamin A,  B6, K, Kalium dan Betakaroten yang sangat baik. Memperkuat daya tahan tubuh, fungsi otak, menjaga kesehatan kulit dan mencegah kanker. Wah, jadi makin rajin menyertakan wortel dalam menu sehari-hari keluarga.

Oya, mama tidak perlu bingung lagi jika anaknya tidak doyan makan sayur. Di-sempolin aja hehe...  By the way, ada artikel menarik tentang 7 Cara Agar Anak Suka Makan Sayuran yang saya baca dari media online yang pas banget buat para mama milenial, Popmama. Ini diaa...
  1. Kenalkan sedini mungkin
  2. Rutin menyajikan sayuran
  3. Hidangkan sayuran dengan ragam warna
  4. Ajak anak masak bersama
  5. Ciptakan resep sayur kreatif
  6. Sajikan dengan menarik
  7. Memberi contoh nyata.
Kebetulan yang relevan sekali dengan kondisi saya adalah nomor empat dan lima. Si bungsu yang masih berusia tiga tahun sedang tidur siang, pelan-pelan saya bangun dan mengajak kakaknya untuk bikin camilan bersama.

Si kakak ini cukup sulit makan sayurnya. Saya mesti melancarkan segala cara agar ia mau menelan sayuran di piringnya.

Maka sore itu dengan pantang menyerah saya membeli sebagian bahan-bahan sempol ayam wortel untuk melengkapi yang sudah ada di dapur. Syukurnya si kakak sedang tidak ada kegiatan dan merasa bosan kalau harus main terus. Saya ajak aja ke dapur, bikin sempol ayam wortel. Wow, dia tampak antusias sekali!

Setelah daging ayam fillet-nya saya blender bersama bawang putih, bawang goreng dan air es, si kakak membantu menuangkannya dengan spatula ke dalam mangkuk. Lalu atas arahan dari saya, mencampurnya dengan tepung tapioka dan telur serta semua bahan-bahan lainnya.

Yang membahagiakan adalah saat melihat mimik wajahnya tersenyum ceria menyaksikan tusuk demi tusuk sempol ayam wortelnya berwarna keemasan tanda sudah matang. Dengan tak sabar ia melahap satu demi satu sempol ayamnya dan tidak menyadari bahwa sudah berapa banyak wortel yang dikonsumsinya. Saya hepi banget dong.

Sempol ayam wortel bikinan mama dan kakak
Sempol Ayam Wortel 


Di Yummy App, mama juga bisa berkontribusi mengupload resep masakan lho, jadi tidak hanya mencari, berbagi resep juga bisa banget. Dan hasil karya mama itu diapresiasi lho, semua ada harganya. Makin penasaran kan, makanya buruan, unduh aplikasi Yummy App di smartphone mama.


Ah, berterima kasih sekali pada Yummy App atas resep camilan sehat buat anak saya. Oya para mama yang ingin mendapatkan berbagai macam resep, dengan beberapa filter pula, jadinya kita bisa lebih dekat dengan resep yang dituju.

Apa saja filternya?
  1. Dari segi harga; Mama mau masak dengan budget berapa? Rp. 10.000 sd Rp.100.000 bahkan di bawah 10.000 juga bisa, dan di atas Rp. 100.000 juga bisa lho.
  2. Durasi memasak; kira-kira mau yang durasi memasaknya di bawah 30 menit, 30 sd 60 menit atau di atas 60 menit? Semua ada.
  3. Porsi; resep disediakan dari 0 sampai dengan 30 porsi. Wow, misalnya Mama lagi ada tamu dadakan dan perlu banget cermat menghitung bahan-bahan masakannya, gak perlu pusing, tinggal filter aja pakai filter porsi ini. Luar biasa ya.. ngerti banget kebutuhan kita emang nih.


Terima kasih Yummy App, terima kasih Popmama. Sekarang tidak ada alasan lagi kehabisan ide bikin camilan buat anak-anak tercinta. Tinggal buka aplikasi Yummy App, ikuti resepnya, ajak anak memasak bersama dan camilan pun bisa dinikmati keluarga. 

Permasalahan keseharian yang kerap dihadapi mama juga dapat ditemukan solusinya dengan rajin baca-baca artikel dan berkonsultasi dengan ahli di Popmama. Senang sekali!

Fyi, ini media sosial Yummy App ya.. follow, kuy:
  • Facebook: YummyIDN
  • Instagram: Yummy.idn
  • Tiktok: @yummyapp
  • Youtube: Yummy App
Mama bisa nonton video Yummy App -nya di sini juga:




Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Yummy App


Berlangganan update artikel terbaru via email:

41 Responses to "Resep Sempol Ayam Wortel Dari Yummy App"

  1. Suka banget pakai aplikasi Yummy karena lengkap ada videonya juga, ya, Mbak. BTW, sempol ayamnya benar-benar bikin ngiler, lho. Next harus nyobain juga sekalian lihat-lihat aplikasi lainnya di Yummy App :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, Mbak Muy yg jago masak mah sebentar aja jadi tuh kl bikin Sempol

      Delete
  2. Saya suka banget pakai apps ini. Secara anak-anak kalau ngemil itu juarak banget. Next, boleh dicoba nih, resepnya. Kemarin baru nyoba 3 cemilan dan resep-resep menu harian dari menu apa saja yang ada di kulkas 😁

    ReplyDelete
  3. saya yang hobi ngemil jadi pengen praktekin resep sempolnya nih. mudah-mudahan bisa bikinnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang ini kak.. anak-anak pun jadinya excited mau ikut turun ke dapur. Rasa sempolnya pun enak loh..

      Delete
  4. Aku juga download yummy App kak, resepnya lengkap di sana dan proses pembuatan lengkap dijabarin satu-satu

    ReplyDelete
  5. Sy jg ada ini aplikasi untuk cari resep. G bs kemana mana bikin waktu luang bertambah n masak solusi terbaik

    ReplyDelete
  6. Aku sempet bertanya sama suami, apaan sih sempol ayam? 🤣🤣🤣 Ternyata kayak sate lilit yach? Wah seneng banget ya tau2 si buah hati yg kurang doyan sayuran tau2 jadi makan hahaha ga nyadar dia... Aku baru tau aplikasi 'Yuummy App' ini ntar lihat2 ah 😍

    ReplyDelete
  7. Sempol ayam ini enak banget mbak, aku juga cari resep dari yummy dan hasilnya anak-anak pada suka. Btw kita juga bisa upload menu ke aplikasi keren ini ya mbak.

    ReplyDelete
  8. Saya jg kalau cari resep dari internet, males bgt buka buku masak pdhl ada beberapa buku masak di rumah. Batu tau ttg Yummy App, asiik ada referensi baru nih tempat buat nyari resep

    ReplyDelete
  9. Wah, menarik banget resepnya. Jadi pengen buat juga. Hehe ... Resepnya simpel dan pasti bakal disukai anak. Untung ada yummy ya sepertinya masak jadi lebih mudah dengan ini, jadi bisa cari resep dan memanfaatkan bahan makanan yang ada di kulkas.

    ReplyDelete
  10. Aku jadi pengen nyari resep sempol ayam wortelnya juga, udah download nih Yummy App hehe. Sempol itu kebetulan kesukaan semua keluarga 😍

    ReplyDelete
  11. Aissss kalo udah masak makanan yang sejenis begini kak, Anak-anak malah gak berhenti makan. Hihihi. Positifnya emang jadi banyak makan sih, tapi emaknya gak siap-siap beranjak dari dapur.
    Btw membantu banget Yummy app ini ya kak, siapapun bisa mulai masak dengan mengikuti resep dari sana. Ada budget nya pula.. jadi bisa ngitung berapa pengeluarannya buat masak

    ReplyDelete
  12. Makin memudahkan para ibu ibu dalam memasak.. Resep yg diberikan pun juga detail dan bahannya mudah didapat di perkotaan maupun di desa..

    ReplyDelete
  13. Enak ya ada aplikasi yang memudahkan masak ..

    ReplyDelete
  14. Semoga menang ikut lombanya , mba Mia.. semangattt.

    ReplyDelete
  15. Wohhh, aku kagum pas tau ads filter harganya. Suka kecele akutu kalo mau masak, kirain murah dan mudah, taunya bahannya mahal. Terbaik sih filternya, suka!

    ReplyDelete
  16. Baru tahu ada aplikasi Yummy App. Dari ulasannya di atas keliatannya oke juga nih buat jadi panduan dalam berkreasi di dapur. Mau unduh juga ah..

    ReplyDelete
  17. Aku juga idem dengan mba Nurul, kepo sama sempol, hihihi.
    Untung baca komentarnya mba Nurul, jadi tercerahkan :)

    Btw,
    Aku juga baru tahu sama aplikasi Yummy ini!
    Keren itu, filternya.

    Boleh nih jadi referensi!


    ReplyDelete
  18. Kreatif yam.menyiasati anak untuk makan sayur dengan di padankan cemilan kesukaannya. Lihat resep dan proses buatnya terlihat mudah dan cukup sederhana, mau coba ah kapan-kapan

    ReplyDelete
  19. Mantap ya yummy app ini..
    Klo sempol ayam spt ini pasti lebih sehat dan higienis ya

    ReplyDelete
  20. WAH SAMA. Aku juga pake aplikasi yummy.

    Sejak WFH jadi doyan masak akhirnya aku install aplikasi yummy buat inspirasi.

    ReplyDelete
  21. aku doang keknya yg belom nyobain yummy app ya. duh semudah dan sepraktis itu ya kak klo pake aplikasi ini. pengen nyobain ah nanti. tfs kak

    ReplyDelete
  22. WAh, resep sempolan yang mudah dan enak banget, ini. ANak saya sangat suka sempol atau sempolan ini. Bikin aaaah... tuk nyenengin anak

    ReplyDelete
  23. Pake yummy juga ya kak. Samaan donk kita. AKu juga rajin liat-liat resep di aplikasi ini. Kemarin buat nasi kuning nyontek di Yummy app.

    ReplyDelete
  24. Sebagai orang yang bisa masak, hati saya langsung kepo sama aplikasi yummy ini.
    Ngomongin sempol aku suka beli di mamang2 cuma belum tergerak mau buat. Padahal gampang buatnya he..he.. Coba ah. Tfs, mbak...

    ReplyDelete
  25. Ya ampun..sempol kesukaan anakku nih. Cuma aku belum bisa bikinnya hiks. Tks kak dah kasih resepnya . Seperti mudah dan pastinya bagus yah aplikasi yummy ini

    ReplyDelete
  26. Wah mba makasih ya ide bikin sempolnya. Jadi pengen coba di rumah juga. Apalagi makanannya selain enak juga sehat. Terlihat dari bahan-bahan yang digunakannya. Cocok nih buat cemilan keluarga ya.

    ReplyDelete
  27. Bener juga ya. Ketika WFH pasti kehabisan ide masak. Apalagi bersama krucil tiap hari. Yummy app ini benar2 membantu, agar ga stuck idenya.

    ReplyDelete
  28. wah, sempol ini jajanan yang dijual di depan sekolahan. Sering kularang anak-anak beli...Kalau bikin sendiri begini pasti lebih sehat dan aman. Copas resepnya ah
    Dan, bisa banyak coba resep juga ya dari Yummy apps. Cus kepoin dulu kalau gitu

    ReplyDelete
  29. Kayaknya mudah ya bikinnya jadi pengen bikin nih untuk cemilan anak-anak di rumah. Btw resep apa aja ada ya di Yummy Apps.

    ReplyDelete
  30. Bayangin sempol ayam kok sy ngiler ys..enak pasti nya dilihay cara bikin jg mudah diterapkan...btw app Yummy ini ngebantu bngt ya klo lagi ga ada ide mau masak apa..kdg..sy masak.. orang rmh bilang bosan huhu jd sedih tp sejak ada app Yummy terbantu bngt deh jadi bnyk.inspirasi hehe

    ReplyDelete
  31. Jadi penasaran dengan menu yang lainnya dari Yummy, langsung cus download dan intip menu simpel lainnya ah, pasti anak-anak tambah selera makannya

    ReplyDelete
  32. saya sekarang juga suka lho Mbak kepoin resep di Yummy App, banyak resep yang praktis dan anti ribet yang bisa dipraktekkan juga di rumah, apalagi anak-anak kan biasa suka bosan kalau menunya itu lagi, itu lagi kan, hehehh

    ReplyDelete
  33. aku mau nyoba ah resep nya, memang di yummy app memacu diri untuk semangat bisa upgrade skill memasak deh...

    ReplyDelete
  34. keliatannya mudah ya mbaak.. aku pernah dulu tuh coba bikin sepol ayam dan gatot karena gak ikutin resep haha kalo liat resep di yummy app ini semogaa gak gagal lagi hihi

    ReplyDelete
  35. Sempol ayam enak banget nih mba. Anakku doyan bener. Tapi mamanya ga bisa bikinnya hehehheh. Ternyata mudah kayaknya lihat resepnya mba dari yummy app. Ah senangnya yang ga bisa masak kayak aku bisa nyoba bikin sendiri nih

    ReplyDelete
  36. Sempol Ayam keluarga ku doyan banget kak dan mamaku selalu buat mba

    ReplyDelete
  37. Jadi kepo sama appnya nih makasih ya mba infonya . Dan resep sempol nya jadi mau coba buat

    ReplyDelete
  38. Eh ada resep, aku belum pernah nih bikin sempol, jadi pingin bikin besok, aplikasinya jg perlu nih kayaknya, donlot ah

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel