Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Akan Bimbingan Skripsi

Mahasiswa tentunya membutuhkan arahan dan bimbingan dari dosennya saat akan menyelesaikan penulisan skripsi. Tidak mungkin seorang mahasiswa bisa menulis sendirian tanpa ada orang yang mengarahkan, mengoreksi dan memberikan masukan untuk perbaikan skripsi.

Hal-Hal yang harus diketahui mahasiswa
FIB Undip

Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik antara dosen dan mahasiswa agar tujuan keduanya bisa berjalan dengan lancar. Mahasiswa mencapai targetnya agar skripsi bisa selesai on time, tugas dosen melaksanakan pembimbingan sebagai bagian dari tri darma perguruan tingginya juga bisa terlaksana dengan baik.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika akan bimbingan skripsi dengan dosen, antara lain sebagai berikut:

Menghubungi dosen gunakan bahasa yang santun


Kadang kala mahasiswa khilaf, berpikir bahwa bapak ibu dosennya sudah akrab, sudah kenal sejak semester satu, lantas lupa bagaimana berbicara dengan sopan. Maka ketika kebetulan dosen yang sudah dikenal baik menjadi dosen pembimbing skripsi Anda, tetap perlakukan beliau dengan respek.

Dosen ya dosen, teman ya teman. Jika ada dosen yang bersedia menerim perlakukan Anda sebagai teman ya tidak masalah. Jangan sampai mahasiswa berlaku melewati batasan yang wajar. Bagaimanapun beliau tetap dosen Anda yang layak dihormati.

Dosen tidak gila hormat, ia hanya ingin diapresiasi sebagaimanamestinya. Jangan sampai juga hubungan yang terjalin malah kaku dan akhirnya proses pembimbingan skripsi tidak berjalan dengan baik.

Sabar menunggu dosen

Dosen dengan tugas-tugasnya yang banyak pastinya tidak hanya melayani Anda. Menurut aturan dari Dikti, satu orang dosen maksimal membimbing skripsi delapan orang mahasiswa. Selain Anda berarti ada tujuh mahasiswa lainnya yang juga bernasib sama dengan Anda, menanti giliran bertemu dengan dosen. Maka Anda mesti sabar jika ingin skripsi selesai sesuai harapan.

Sebenarnya dosen tidak sengaja ingin membatalkan janji bertemu dengan Anda. Namun mungkin karena suatu hal mendadak, yang membuat dosen tidak bisa tidak terpaksa meninggalkan Anda sebisa mungkin jangan dijadikan kekecewaan.

Tetap jaga prasangka baik, kalau perlu doakan agar urusan dosen berjalan dengan lancar sehingga ia ingat untuk membimbing Anda. Jadi sediakan stok sabar berlapis-lapis agar bimbingan skripsi bisa berlangsung dengan efektif.

Persiapkan diri malam sebelumnya

Baca dan baca lagi naskah skripsi Anda sebelum esoknya bertemu dengan dosen pembimbing. Pengalaman penulis selama kurang lebih duabelas tahun membimbing skripsi, aneh sekali melihat mahasiswa yang nekat menjumpai dosen tanpa ada bekal pengetahuan apapun mengenai skripsinya.

Hal ini jangan sampai terjadi, jadilah teman diskusi dosen yang baik. Diskusi tidak akan tersambung jika Anda tak memiliki apa-apa untuk dibicarakan. Pelajari betul-betul draf skripsi Anda kalimat per kalimatnya. Sehingga keesokan harinya saat bertemu dosen pembimbing Anda dapat dengan lancar menjelaskan dan bisa bertanya tentang hal-hal yang masih kurang dipahami.

Catat sebaik-baiknya saran dan masukan dari dosen

Sebaiknya mahasiswa membawa serta pena dan buku catatan saat akan bimbingan dengan dosen pembimbing skripsinya. Hindari lupa menyediakan alat tulis sehingga terpaksa meminjam pulpen dosen, wah itu keterlaluan ya. Meski dosen mau-mau saja meminjamkan pada Anda tetapi kok ya kelewatan seorang mahasiswa pulpen saja tidak punya.

Pastikan semuanya tidak tertinggal di rumah saat Anda berangkata ke kampus. Memang di zaman digital, mahasiswa bisa mencatatnya di ponsel pintar saja tetapi alangkah lebih baiknya Anda mencatat segala arahan dari dosen langsung di buku notes sebagai tanda Anda perhatian dan fokus dengan arahannya.


























Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Akan Bimbingan Skripsi "

Post a comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel