Pengalaman Memperpanjang Domain Blog

Pekan kemarin saya baru saja sembuh dari flu. Saya membaca tips mengatasinya di Siswiyantisugi.com. Alhamdulillah badan jadi enakan dan bisa ngeblog lagi. By the way, punya blog atas nama sendiri tentunya menyenangkan dan bikin semangat. Bisa menyalurkan hobi menulis, mengikat makna, sebagai sarana self healing, dan asyiknya lagi bisa menambah penghasilan dengan menerima sponsored post, product review dan ikutan brand campaign

Ya, meski untuk saat ini bagi saya masih lebih besar pendapatan dari profesi utama, tetapi karena ngeblog ini bagian dari hobi, jadinya saya senang sekali passion menulis ada fee-nya. Tulisan ini akan membahas mengenai cara memperpanjang domain blog berdasarkan pengalaman saya sendiri.

cara memperpanjang domain blog
Google Domain


Jadi blog saya www.fadlimia.com masa berlakunya berakhir pada11 Juni 2020. Biar tidak lupa, saya mengingat tanggal ultah keponakan. Wah, tidak terasa sudah setahun saja. Perasaan baru beberapa bulan punya blog yang TLD. Saya memiliki dua blog tidak berbayar yaitu www.nurhilmiyah.wordpress.com dan www.catatanideinspirasi.blogspot.com. Sebenarnya ingin menambah blog TLD lagi tetapi cukup tahu diri juga sebab saya belum jadi full time blogger

Mau dikemanakan itu kerjaan kampus yang tidak putus-putus, dan 4r yang sedang ngumpul di rumah, ada yang school from home juga. Tidak mungkin kan saya cuekin mereka, kasihan, hehe. Intinya harus bisa mengatur waktu, berapa lama untuk rumah tangga, berapa jam untuk pekerjaan kampus dan berapa lama pula untuk blogging. Kalau tidak adil di salah satu tanggung jawab, hmm... yang stres ntar saya sendiri. 

Blog TLD harus diperhatikan masa berlakunya. Jika habis maka berpotensi blog akan kehilangan masa pendaftarannya. Jika Anda terlambat memperpanjangnya dan berada di luar masa tenggang yang biasanya 30 hari, maka Anda akan dikenakan biaya pemulihan akun. Kalau blog kita sampai hilang dari jagat maya, gimana nasib ratusan artikel yang sudah dipublikasikan di sana.

Padahal menulisnya itu cukup menghabiskan pikiran, perasaan, tenaga dan juga biaya (kuota internet). Belum lagi sponsored post dan backlink sesama bloger yang selama ini saling support, wuihh bakal banyak yang complain kalau blog tidak kita urus perpanjangannya.

Cara Memperpanjang Domain Blog


Adapun cara memperpanjang domain blog di platform Blogger.Com relatif mudah sebab di email yang diterima sudah tercantum secara lengkap langkah-langkahnya. Anda tinggal mengikuti saja dan kalau ada yang membingungkan bisa browsing atau nanya ke teman yang sudah lebih berpengalaman.

Perpanjangan blog bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut:
  1. perpanjang otomatis; aktifkan setelah otomatis
  2. tambahkan tahun
Tangkapan layar dari email


Langkah-langkah memperpanjang domain blog sebagai berikut:
  1. Buka "setelan pendaftaran" untuk nama blog Anda (pastikan sudah login dengan alamat email blog)
  2. Di bagian "pendaftaran" pilih "tambahkan tahun" dan pilih jumlah tahun yang ingin ditambahkan.
  3. Klik "tambahkan" dan ikuti petunjuk pembayaran di layar.
Nah, saat akan membayar ini saya sempat bingung juga karena pihak Google Domain hanya menerima pembayaran melalui kartu kredit. Sementara saya sudah beberapa tahun ini tidak menggunakannya lagi. Dengan kartu debit bisa tetapi mesti kartu debit yang berlogo Visa. Beberapa kartu debit saya logonya MasterCard. Sesuai petunjuk yang tertera di Google Domain, MasterCard debit katanya bisa digunakan, tetapi kenyataannya setelah beberapa kali saya coba masukkan tiga digit angka CCV (Card Code Verification), transaksi tidak mau melanjutkan proses, "kartu tidak dikenal". Apa yang salah ya?

Tidak ingin membuang waktu saya bertanya pada teman yang dulu pertama kali membantu mendaftarkan domain blog saya. Tahun lalu saya memakai kartu kreditnya. Ia menyarankan agar melakukan pembayaran dengan kartu debit Jenius. Caranya dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi Jenius di smartphone. Saya pun menuruti sarannya.

Setelah men-download dan melengkapi data, Anda akan diminta mengaktivasi akun dengan video call (VC). Customer service akan meminta Anda memegang dua kartu identitas. Bisa KTP/SIM/NPWP bisa juga kartu identitas yang dikeluarkan kantor tempat bekerja. Oya, VC-nya juga antre lho, ada nomor gilirannya juga, hehe.

Uniknya, saat saya VC dengan petugas katanya kartu saya tidak tampak dengan jelas sehingga saya diminta datang ke booth Jenius di BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional) terdekat. Singkat cerita, Selasa 19 Mei 202, ditemani suami, saya pun mendatangi BTPN Jalan Putri Hijau, layanan kartu Jenius terdapat di lantai dua. Sesampainya di sana, mbak teller-nya cukup responsif membantu kami.

Di ruang tunggu booth Jenius / dokpri


Selasa 2 Juni 2020, kurang lebih 7 hari kerja, kartu fisik debit Jenius sudah mendarat dengan manis di rumah saya. Kartu belum bisa digunakan sebelum diaktifkan.

Cara aktivasi m-Card Jenius sebagai berikut:
  • buka aplikasi Jenius
  • pilih menu "Card Center"
  • pilih "aktifkan"
  • masukkan kode CCV yang ada di belakang m-Card Jenius
  • tentukan 6 digit pin kartu, lalu konfirmasi pin
  • tanda tangani bagian belakang m-Card Jenius
Sesudah kartu debit (m-Card) Jenius aktif, isi saldo dengan mentransferkannya dari m-banking yang kita miliki. Setelah saldo Jenius terisi, buka kembali Google Domain yang ada di surel, ikuti langkah penyelesaian transaksi, pilih mau membayar domain blog sampai tahun ke berapa. Selesai! Google Domain mengirimkan tanda terima pembayaran. Domain blog pun sudah diperpanjang dan siap mem-publish konten-konten blog Anda.

Memiliki domain blog TLD mau tidak mau mengondisikan Anda menulis secara produktif. Mengingat ada "sewa domain" yang harus dibayarkan setiap tahunnya. Kalau malas nulis, terpaksa membayar domain dengan merogoh kocek sendiri. Idealnya, blog berbayar harus bisa membiayai dirinya sendiri.



Tips saat akan perpanjang domain blog

Sering-seringlah mengecek surel, sebab invoice pemberitahuan bahwa masa berlaku blog Anda dikirim melalui email. Biasakan melihat kotak masuk surat elektronik minimal sekali dalam sehari.

Sharing dengan sesama bloger, hikmah berteman dengan peers adalah bisa saling memberi dan menerima informasi terkait dengan blog masing-masing. Ada saja bloger yang baik hati berkenan memberikan pengalamannya.

Baca media-media online mengenai cara perpanjang domain blog. Tidak dimungkiri semakin banyak membaca terkadang malah bikin pusing, namun pasti ada satu atau beberapa bacaan itu yang mencerahkan dan memberikan solusi terhadap problem yang sedang Anda hadapi, termasuk tentang perpanjang domain blog ini.

Optimalkan waktu sebaik-baiknya. Jika sudah menerima invoice lebih baik cepat menyelesaikan transaksi perpanjangan domain. Kita tidak mengetahui keesokan harinya mungkin ada kesibukan lain yang menyita waktu dan perhatian sehingga bisa saja lupa perpanjang blog, tahu-tahu sudah lewat sebulan saja.

Demikian pengalaman saya dalam memperpanjang domain blog, semoga yang saya bagikan ada manfaatnya. Ditunggu komen-komennya ya, mari saling membagikan pengalaman masing-masing. Sebab pengalaman adalah guru terbaik, hehe. Terima kasih.

Salam,

 




Berlangganan update artikel terbaru via email:

21 Responses to "Pengalaman Memperpanjang Domain Blog"

  1. Salut kak, semoga blog2 nya sukses...
    Saya baru satu nih, masi ngos2 an nulis. Oiya saya juga th ni harus perpanjang domain 😁🙏

    ReplyDelete
  2. Dulu awal-awal soal bayar-bayar gini suamiku yang selalu ngurusin tapi lama-lama nyoba sendiri ternyata gampang ya ga sesulit yang dikira hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, kl diikuti semua step²nya dan rajin nyari info insyaallah mudah kok ^^

      Delete
  3. perpanjangan domain blog memang pekerjaan tersendiri, nggak boleh dilupakan ya kak hehehe
    iya sih, aku tadinya juga ngira susah ternyata bisa sendiri hehehe
    makasih tipsnya kak

    ReplyDelete
  4. kak mia masih bertahan di blogspot ya? Awalnya mau pindah di wordpress kak, tapi kalau nggak full time sayang uangnya ya kak buat hosting dan domain. Domain +internet aja sudah lumayan ya kak perbulannya wkwkw

    trims step-step perpanjangan domainnya ya kak, kemarin punyaku dibelikan mbak langit alhasil cuma terima beres saja nggak tahu gimana-gimananya...

    ReplyDelete
  5. Saya pernah kelupaan tanggal batas waktu memperpanjang blog. Penyebabnya waktu itu saya lupa password alamat email yang saya pakai untuk daftar. Untunglah telatnya 2 hari. Masih bisa diperpanjang karena masa tenggangnya 7 hari.

    ReplyDelete
  6. Tipsya bisa aku coba, aku belum berani pake TLD karena belum punya pemasukan, rencana setelah di terima GA dan dapat pemasukan baru aku beli domain.

    ReplyDelete
  7. wah baru tahu loh kalo pakai google domain tuh harus pakai CC, jadi sekarng lebih gampang ya mba karena adanya jenius. jadi lebih mudah hehe. keren. makasih mba sharinngya.

    ReplyDelete
  8. Mbak Mia beli domainnya juga di Google Domains ya. Btw, saya barusan juga berkunjung ke blog bloggerparenting, empunya juga cerita tentang perpanjangan domain di Google Domains dengan kartu Jenius :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya Uda . Beberapa teman blogger termasuk Uda menyarankan jenius. Cusss lah langsung buat

      Delete
  9. Kak Mia.. rupanya deketan ya kita beli domain nya.. hahaha..

    Alhamdulillah sekarang udah punya jenius. Asik jadi gak ngerepotin orang lagi ya kan kak . 🥰

    ReplyDelete
  10. Sekarang bersyukur banget sejak pakai Jenius, banyak transaksi online bisa pakai ecardnya jenius ya, kak. Jadi ngga repot

    ReplyDelete
  11. Benar ya dengan membuat tld jadi mau ga mau jadi produktif dan jadi makin tahu bagaimana cara memperpanjangnya dan mudah

    ReplyDelete
  12. nah bener nih sering cek email minimal sehari sekali..apalagi untuk perpanjang domain blog ya..krna semua notif pasti ada di email..terimkasih sdh mengingatkan mba

    ReplyDelete
  13. Wah, saya pengen bikin jenius juga. Tapi masih maju mundur. Jadi makin pengen bikin jenius setelah baca ini, banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  14. Domain saya bakal habis 6 juli nanti nih. Udah diingatin sama providernya, tapi nunggu awal bulan aja :D

    Artikel ini pasti bermanfaat banget untuk blogger pemula yang baru pertama kali pakai domain TLD

    ReplyDelete
  15. Saya mau nyobain juga nih pakai Jenius Uni Mia. Dulu maish pakai kartu kredit suami, tapi kami mempertimbangkan untuk stop CC. Biar disiplin atur duit. Wkwkwk. Terima kasih sarannya.

    ReplyDelete
  16. Aku belum pernah nih melalukan transaksi langsung memperpanjnag domain. Soalnya dibayarin orang, jadi terima beres. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  17. aku pernah kelupaan perpanjang domain, untungnya bayar sebelum expired
    kalau udah expired jadi belibet yah hihihi

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel