Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenali Diri Agar Terhindar Dari Stres

Mengenali diri agar terhindar dari stres, yup itu judul artikel saya hari ini. Mengapa kita perlu menjalani proses mengenali diri. Bukankah saat mematut diri di depan kaca kita sudah kenal dengan diri kita? Ternyata tidak sebatas mengenal fisiknya saja, tetapi yang di dalam, psikis, pemikiran, dan perasaan.

mengenali diri

Pentingnya Mengenali Diri

Sudah sering kita dengar hadits Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa siapa yang mengenal dirinya maka akan mengenal Tuhannya. Artinya semakin kita mengenali diri sendiri maka semakin  membawa kita pada rasa syukur kepada Sang Pencipta atas segala nikmat yang telah dikaruniakan. 

Kita terkesiap jika mengetahui bahwa jutaan neuron di dalam otak kita saling berkomunikasi satu sama lainnya sehingga fungsi otak lebih tinggi dibandingkan fungsi organ lainnya. Sisanya, digunakan untuk mengontrol aktivitas lain seperti detak jantung atau mengendarai mobil.

Lalu bagaiman dengan uniknya pemikiran manusia, dipengaruhi berbagai faktor, ada pula yang plin-plan, hari ini ngomong A besok bicara B. Semuanya dengan segera menjadi objek penelitian berbagai bidang ilmu. 

Riset tentang keunikan manusia dengan segala dinamikanya selalu menarik perhatian untuk dipelajar, lantas masa' sih kita sendiri tidak berkeinginan lebih mengenali diri sendiri.

Mengapa mengenali diri itu harus dilakukan?

1. Agar lebih mengenal Tuhannya

Sebagaimana yan disinggung di awal tulisan ini, bahwa jika seseorang mengenali dirinya maka ia akan mengenal Tuhannya juga. Dalam artian, ia bisa menjadi lebih dekat dengan Tuhannya. Ia memperbaharui rasa syukur setiap harinya, dan berusaha merawat anugerah yang telah Allah berikan kepadanya.

2. Menjadi pribadi yang lebih bijaksana

Orang yang tidak mengenal dirinya bagaimana mungkin akan memiliki keinginan untuk mengenali diri orang lain pula. Sehingga ia belum selesai dengan dirinya sendiri. Orang seperti ini cenderung tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri, mudah lepas kontrol, dan akhirnya jauh dari pribadi yang bijaksana.

3. Selalu bersemangat dalam menjalani aktivitas keseharian

Jika sudah mengenali diri, tentunya peka membedakan mana yang disukai dan mana yang tidak disukai. Hal ini akan memengaruhi dalam mengambil keputusan hidup. Karena ia kenal dengan dirinya, maka pastinya akan memilih keputusan-keputusan yang tidak merugikan diri sendiri untuk ke depannya. Inilah yang memotivasinya untuk selalu bersemangat dalam menjalani aktivitas hidup sehari-hari.

4. Memiliki sifat peduli dan empati

Ketika seseorang sudah mengenali dirinya, maka ia akan berusaha mencari terus sisi terang orang lain yang berinteraksi dengannya. Ia tahu kapan harus urun pendapat, menyela percakapan dengan elegan, tidak memotong pembicaraan, dan sebagainya. Sebab ia mengenali dirinya yang juga tidak ingin diperlakukan negatif oleh orang lain.

5. Agar terhindar dari stres

Orang yang mengenali dirinya pasti dapat mendeteksi pula batas-batas kemampuan dirinya. Sehingga ia tak akan melewatinya, sebab jika salah dalam memprediksi daya tahan diri, yang akan terjadi selanjutnya adalah mengalami stres.

Untuk itu mengenali diri agar terhindar dari stres adalah solusi bagi orang-orang yang merasa selalu tertekan, kerap menjadi pihak yang lemah, jadi korban keadaan, dan lain-lain. Sebaiknya kenali diri sendiri terlebih dahulu maka akan memperoleh jalan keluarnya.

Cara mengenali diri agar terhindar dari stres

Bagaimana cara mengenali diri agar terhindar dari stres? Berikut cara-cara yang bisa dilakukan.

Lakukan perjalanan ke dalam diri

Ambil waktu untuk menjauh sejenak dari rutinitas keseharian. Tidak usah menatap gawai terus menerus, sebab pekerjaan yang sudah pindah ke dunia online ini kadang rentan menimbulkan stres bagi banyak orang. 

Melakukan perjalanan ke dalam diri untuk menemukan dan mengenali sebenarnya apa sih tujuan dari setiap kegiatan yang mati-matian kita perjuangkan selama ini.

(bersambung)





















Posting Komentar untuk "Mengenali Diri Agar Terhindar Dari Stres"