Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Universitas Swasta Terbaik Di Pulau Sumatra

5 Universitas swasta terbaik di pulau Sumatra adalah judul artikel saya kali ini. Mengapa disebut terbaik, tentunya karena memiliki segudang prestasi dan akreditasi terbaik yaitu A menurut penilaian BAN-PT (Badan Akreditas Nasional - Perguruan Tinggi). 

Persisnya berikut kriteria utama suatu universitas dapat diikutsertakan dan dinilai oleh 4ICU (4 International Colleges and Universities).

kampus-kampus swasta terbaik
Digination

Kriteria Universitas Terbaik

Adapun kriteria suatu universitas disebut terbaik menurut 4ICU antara lain:

1. Terakreditasi oleh BAN PT atau  badan akreditasi setempat

Universitas harus benar-benar memenuhi setiap poin yang diminta oleh BAN PT, selain ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan akreditasi. Seperti memahami poin-poin penilaian akreditasi yaitu standar 1-9. 

Visi, misi, tujuan, dan sasaran pencapaian, tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjamin mutu. Mahasiswa dan lulusan, SDM, kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik. Pembiayaan, sarana, prasarana, serta sistem informasi, penelitian, pelayanan, pengabdian masyarakat dan kerja sama serta luaran dan capaian tridarma PT.

2. Perguruan Tinggi Menyelenggarakan program S1-S3

Penilaian 4ICU mengacu pada ketersediaan pilihan program pada suatu universitas, apakah universitas tersebut menyelenggarakn program pendidikan Strata 1, Strata 2, maupun Strata 3. Dengan demikian institusi pendidikan yang membuka pendidikan vokasi, pendidikan berbasis militer, kelas-kelas seminar, dan sejenis dengan itu tidak masuk dalam kategori 4ICU.

3. Perguruan Tinggi yang melaksanakan sistem pendidikan tatap muka langsung (luring) atau tatap muka daring 

Di zaman pandemi semua universitas menjalankan sistem pembelajaran online, namun penilaian 4ICU mengecualikan masa pandemi ini. Sebab sebelumnya juga kriteria perkuliahan tatap muka dengan tidak tatap muka ini sebagai hal yang membedakannya dengan sebagian pelaksanaan pembelajaran di ssebagian universitas terbuka dan program kelas jauh. 

Universitas Swasta Terbaik di Pulau Sumatra

Pulau Sumatera atau Sumatra (KBBI), adalah pulau keenam terbesar di dunia, banyaknya kota dan kabupaten yang berada di pulau ini. 

Tidak mengherankan jika kebutuhan terhadap kampus untuk melanjutkan pendidikan sebagai alternatif melanjutkan kuliah ke Pulau Jawa, baik dengan tujuan kampus negeri maupun swasta sangatlah besar. 

Universitas-universitas negeri yang ada di Pulau Sumatra:
  • Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Sumatera Utara
  • Universitas Syiah Kuala di Aceh
  • Universitas Andalas (Unand) di Padang, Sumatera Barat
  • Universitas Sriwijaya (Unsri) di Palembang, Sumatera Selatan
  • Universitas Riau (Unri) di Riau
  • Universitas Bengkulu (Unib) di Bengkulu
  • Universitas Lampung (Unila) di Bandar Lampung, Lampung
Selain PTN-PTN di atas, berikut kampus swasta terbaik di Pulau Sumatra, khususnya di Provinsi Sumatra Utara adalah sebagai berikut:


2. Universitas Medan Area
3. Universitas Potensi Utama
4. Universitas HKBP Nommensen
5. Universitas Pembangunan Panca Budi

Adapun mengenai rincian prestasi yang diraih oleh masing-masing PTS di atas dapat dilihat melalui official website perguruan tingginya. 

Kesimpulan

5 universitas swasta terbaik di pulau sumatra khususnya Sumatra Utara adalah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Medan Area (UMA), Universitas Potensi Utama, Universitas HKBP Nommensen (UHN), dan Universitas Pembangungan Panca Budi (UNPAB). 

Nah, jadi punya gambaran kan kalau ingin melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan di Sumatra Utara khususnya di kota Medan? Yup, 5 universitas swasta yang terbaik.

Jika ada yang ingin ditanyakan boleh meninggalkan komen di kolom komentar ya, terima kasih.

Salam,
kampus-kampus swasta di medan



Referensi:

https://blog.ecampuz.com/persiapan-akreditasi-kampus

7 komentar untuk "5 Universitas Swasta Terbaik Di Pulau Sumatra"

  1. Referensi Bu dosen pasti manteb nih.. makasih infonya Mba.. aku noted, barangkali nanti butuh atau ada kenalan yang butuh bisa aku bagikan.. very nice info

    BalasHapus
  2. Wah, sangat bermanfaat nih Mba ulasannya. Bisa untuk referensi kerabat yang membutuhkan. Terima kasih ya? Salam hangat.

    BalasHapus
  3. saya punya beberapa teman dari Pulau Sumatera sewaktu ikut Pelayaran Kebangsaan dulu, daan mereka rerata dari Univ Negeri yang disebutkan ini.
    dimana-mana kayaknya UM (Universitas Muhammadiyah) itu punya akreditasi BAN-PT yang baaik ya dan selalu jadi favorit.

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat sekali mba informasinya. Banyak universitas besar ya di Sumatera.

    BalasHapus
  5. Dulu aku kira UMSu itu USU habis mirip. Trnyata yg satunya kepanjangan universitas muhammadiyah sumatera utara. Gpp aku ga jadi dosen yg penting punya teman dosen seperti mba Mia. Luvv mba Mia

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.