Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hoala & Koala, Solusi Kebutuhan Lagu Anak Indonesia

"Ma, nyanyiin dong lagu anak-anak yang baru lagi...," pinta putra kecil saya. Sepertinya dia sudah bosan dengan lagu yang kami bawakan bareng saat menemaninya bermain. Kalau bukan Balonku, Sayang Semuanya, Kepala Pundak Lutut Kaki. 

Nah, saya tergelitik menelusuri situs berbagi video, Youtube, memilih lagu anak Indonesia mana yang cocok diajarkan lagi ke anak saya. Wah, kok lebih banyak lagu-lagu dengan lirik dewasa ya. Hmm, mesti mencari yang sesuai dengan usia anak nih. Saya pun mengirimkan pesan WhatsApp ke salah seorang teman yang saya tahu adalah orang yang cukup update dengan lagu anak-anak.

Hoala & Koala

"Hoala & Koala"! Jawab teman saya tersebut. Setelah mengucapkan terima kasih saya pun bergegas meluncur ke kanal Youtube lagu dan animasi anak yang dimaksud. Ya ampun... ke mana saja saya selama ini, sampai baru ngeh kalau ada gudang lagu anak-anak Indonesia sebagus ini.

Saya pun mencari informasi mengenai Hoala & Koala ini. Memang dunia lagu anak Indonesia dua puluh tahun terakhir mengalami kelesuan. Maka dengan adanya channel Hoala & Koala ini, menjadi solusi atas kebutuhan lagu anak Indonesia.

Hoala & Koala
Hoala, Koala, Ayah dan Ibu

Kenalan Dulu Sama Hoala & Koala

Hoala & Koala adalah dua orang sahabat yang suka melantunkan banyak lagu, sehingga nantinya akan tayang terus lagu-lagu anak Indonesia. Menariknya, karakter-karakter di Hoala & Koala ini digambarkan melalui animasi 3D sehingga sampai kapan pun akan tetap disukai anak-anak. 

Hoala

Hoala adalah anak perempuan cerdas berusia 3 tahun. Sangat pintar bernyanyi, suka minum susu rasa coklat dan stroberi. Hoala sudah lancar berbicara dan cerdas sekali. 

Koala

Koala adalah sahabat Hoala yang berasal dari negeri Mykonos, berasal dari dunia di dalam buku cerita kesukaan Hoala. Nah, di masa pandemi seperti ini keinginan Koala untuk memiliki teman diwujudkan oleh Miss Jeruk. Siapakah si Miss Jeruk ini?

Karakter lain dalam Hoala & Koala

Beberapa karakter lain yang juga pandai bernyanyi yang ada dalam Hoala & Koala adalah sebagai berikut:

Miss Jeruk

Miss Jeruk adalah peri baik hati yang asalnya dari negeri di atas awan. Banyak hal positif yang diajarkan Miss Jeruk sehingga Hoala selalu menjadi anak yang baik.

Ayah

Amar Awandi merupakan ayah dari Hoala yang sangat menyayanginya. Amar adalah seorang pengusaha dari sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital.

Ibu

Nara adalah ibu dari Hoala yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Ibu selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam mendidik Hoala dan banyak menyampaikan nasihatnya dalam bentuk lagu.

Selain Hoala & Koala, Miss Jeruk, Ayah Amar Awandi, dan Ibu Nara Awandi, masih banyak karakter lainnya seperti Rubin, si rubah pemalu, Lincul ular periang yang dibesarkan keluarga kelinci, Burhan si burung hantu pesulap, Bu Aya guru TK, Serigili si serigala yang sedih, Om Pong si macan yang pemalu karena tak punya gigi depan (taring), Om Bre si singa modis yang mewarnai rambutnya ala idola K-Pop. Wow, seru banget!

Banyaknya karakter lucu dengan kekhasan sifatnya masing-masing, tentunya lebih digemari anak-anak. Sehingga lagu dengan pesan-pesan moral baik bisa tampil dengan variatif dan kreatif.

Hoala & Koala sepasang sahabat
Hoala & Koala membaca buku dongeng favorit


Sudah Menghasilkan 5 Album 

Kehadiran Hoala & Koala ini bisa dikatakan bagaikan mata air jernih di tengah padang sahara yang gersang. Betapa tidak, mencermai realita remaja bahkan anak-anak kita di zaman sekarang ini. 

Lebih menyukai lagu-lagu dan video klip grup boyband asing ketimbang karya anak negerinya sendiri. Lantaran memang minim atau tidak ada yang mau berbuat seperti yang dilakukan oleh Hoala & Koala ini.

Senang sekali mengetahui kalau Hoala & Koala ini sudah mengeluarkan 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak yang baru. Seluruhnya bisa dinikmati di Youtube, Spotify dan iTunes.

Melibatkan musisi internasional dalam pembuatan aransemen lagu

Hoala & Koala ini keren banget ya, benar-benar serius menggarap dan menyajikan lagu anak Indonesia yang berkualitas. Hal ini bisa dilihat dari dilibatkannya musisi internasional dalam pembuatan aransemen lagunya. 

Seperti yang kita ketahui kalau musisi luar negeri biasanya memang memiliki peralatan canggih dalam memproduksi sebuah lagu. Perpaduan antara seni dan teknologi menghasilkan aransemen lagu bermutu. Alat musik yang digunakan juga banyak, yaitu saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Uniknya lagi, Hoala & Koala ini memiliki macam-macam genre musik pop anak lho, ada pula genre musik jazz, big band, swing, jpop, sampai genre etnik.

Serunya bersama Hoala & Koala dan karakter lainnya


Kesimpulan

Hoala & Koala, solusi kebutuhan lagu anak Indonesia, para orang tua berterima kasih sekali dengan hadirnya channel Youtube Hoala & Koala ini. Semoga produktif terus ya, Hoala & Koala, kami siap mendukung. Yuk, para ibu mari kita ajak buah hati tercinta untuk menonton dan ikut menyanyikan lagu-lagu dari kanal Youtube Hoala & Koala ini.

Jangan lupa subscribe Youtube channel Hoala & Koala. 




Salam
hoala & koala fadlimia



7 komentar untuk "Hoala & Koala, Solusi Kebutuhan Lagu Anak Indonesia"

  1. Jadi nambah nih channel untuk sumber lagu anak dalam negeri.. Biasanya aku nonton di Balitaku. Sekarang nambah Hoala & Koala ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anakku suka lagu Hoala & Koala yang judulnya "Kata Ibu" Mbak Tina... hmm suka diulang2 deh nontonnya kl itu

      Hapus
  2. Bagus nih channel lagunya utk anak-anak, jadi anak-anak lagi tdk bosan bisa lebih dari satu channel bisa dibuka

    BalasHapus
  3. anak-anakku juga lagi senang nonton Hoala & Koala ini Mbak.
    syukurlah ya, Indonesia pun punya animasi 3D buat anak-anak, selama ini mereka suka nonton yang animasi luar sih.
    kalau nonton produk lokal kan anak-anak juga jadi masih tetap dekat dengan bahasa Ibu :)

    BalasHapus
  4. thaankkss banget masukannya mbaa.. aku belum pernah nonton ini. kayaknya nanti perlu aku review dulu biar siap buat nonton bareng sama anak :D

    BalasHapus
  5. Suka banget kalo ada yang peduli pada anak Indonesia meskipun hanya membuat lagu tapi berefek besar bagi perkembangan anak

    BalasHapus
  6. Hoala koala ini emang tayangan bermutu banget ya kak, akupun subscribe akun youtube-nya biar kalau cari lagu buat anak jadi gampang. Alhamdulillah masih ada gudang lagu anak Indonesia yang bermutu seperti Hoala koala ini

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.