Karakter Orang Sukses: Tegas


Tegas menurut KBBI adalah tentu, pasti, tidak ragu-ragu, tidak samar-samar. Dalam bahasa Inggrisnya tegas adalah "assertive", asertif, tidak "yes man". Mengapa tegas termasuk karakter orang yang sukses? Dalam melakukan suatu hal seringkali sulit bersikap tegas.

Untuk menapaki anak tangga kesuksesan sudah pasti tak sedikit rintangan yang menghadang. Ingin fokus menjadi penulis, banyak halangan yang mengemuka. Sibuk tergerus rutinitas, buntu ide, malas dan sekian alasan lainnya.

Pegiat literasi Denni Candra menegaskan, jika Anda kehabisan ide itu artinya sama saja Anda sedang melecehkan diri sendiri. Saya pikir ada benarnya. Allah SWT mengaruniakan kepada kita otak yang luar biasa. Tinggal bagaimana kita mengasah dan mengoptimalkannya.

Prof. Alesyanti sejawat senior saya di kampus pernah mengatakan, ide menulis itu, dalam konteks penelitian, akan selalu ada sejak kita keluar rumah, sampai kita kembali ke rumah. Jadi sepanjang perjalanan kita bisa mengumpulkan gagasan menulis.

Relevansinya dengan ketegasan, ketika ide sudah ada maka kita mesti tegas menuangkannya dalam suatu tulisan. Tegas menutup laman medsos, tidak membuka-buka 'notification' dan sebaiknya menunda membalasi komentar teman-teman sementara waktu. Jika sudah menghasilkan tulisan, silakan melanjutkannya kembali.

Orang sukses akan tegas memilah dan memilih kebiasaan mana yang akan mendukungnya untuk sukses. Tegas menetapkan tujuan, tidak ragu-ragu membuat langkah-langkah konkret untuk merealisasikan tujuan. Tidak samar-samar dalam melakukan perubahan positif. Jika tidak tegas, bayangkan tujuan dan target yang telah ditetapkan akan melenceng sia-sia.

Apakah saya sudah sukses hingga berani menulis tentang kesuksesan? Saya belajar untuk sukses. Sesungguhnya ukuran kesuksesan menjadi relatif. Yang bisa dilakukan adalah memupuk kebiasaan-kebiasaan orang sukses agar menjadi orang sukses. Berusaha memenuhi kriteria agar mencapai karakter orang sukses.

So, berani tegas menyisihkan waktu untuk kebiasaan-kebiasaan positif?

Salam literasi

Sumber foto: Google




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Karakter Orang Sukses: Tegas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel