📚 Roadmap Menulisku 📚

Roadmap secara harfiah berarti peta penentu atau penunjuk arah. Peta jalan sangat diperlukan saat kita mengerjakan sesuatu. Menempuh perjalanan, melakukan penelitian, bahkan menjalani setiap episode kehidupan. Agar arah yang dituju itu benar dan meminimalisasi tersesat di jalan.

Demikian juga menulis. Ada baiknya kalau memiliki roadmap menulis. Perjalanan menulis saya belum bisa dikatakan banyak. Bahkan untuk menyebutkan diri sebagai penulis juga saya belum berani. Ibarat pesawat sepertinya baru akan lepas landas meninggalkan landasan pacu.

Mengurangi kebiasaan buruk yaitu mengesampingkan kegiatan membaca dan menulis. Sekian lama terlena dan berapologi atas nama kesibukan dan rutinitas. Menulis hanya untuk melengkapi Beban Kinerja Dosen semesteran atau menjajal proposal hibah penelitian dan pengabdian masyarakat.

Rasanya kurang banyak cinta di sana. Dr. Ngainun Naim dalam bukunya Proses Kreatif Penulisan Akademik menuliskan, passion atau keinginan besar dalam menulis jika ditelisik lebih jauh akan termanifestasi dalam semangat besar mengerjakan sesuatu.

Semangat besar ini disadari atau tidak, melahirkan rasa cinta. Rasa cinta menulis, menjadi energi besar untuk beraktivitas. Sehingga di setiap aktivitas menulis yang dilandasi passion akan berjalan penuh kegairahan. Sayang saya belum menemukannya saat menulis yang membutuhkan konsentrasi otak kiri. Menjembataninya, biasakan free writing dahulu.

Sejak SD saya paling suka tugas mengarang di pelajaran Bahasa Indonesia. Langganan nilai sembilan, kata guru saya. Mungkin karena baru satu hari buku-buku paket dibagikan guru di awal catur wulan, besoknya telah habis saya baca. Saya suka sekali membaca. Terutama cerita wacana yang ada pertanyaan tentang isi ceritanya.

Lanjut di SMP hobi saya tetap suka mengarang sesuai instruksi guru pelajaran Bahasa Indonesia. PR saya selalu selesai tepat waktu. Masa SMP saya mulai mengenal buku diari. Tadinya diari hanya untuk tempat tukar-tukaran biodata dan foto ala anak SMP.

(Bersambung)

Sumber foto: Google

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "📚 Roadmap Menulisku 📚"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel