Karakter Orang Sukses: Ketepatan Menggunakan Waktu

Karakter keenam dari orang-orang sukses yang diadaptasi dari Canfield, Hansen, dan Hewitt dalam The Power of Focus adalah ketepatan menggunakan waktu. Lima karakter sebelumnya silakan dicek di blog. Telah banyak tulisan yang membahas tentang urgensi waktu.

Baik "al waqtu kas saif" kata Ali Bin Abi Thalib r.a. maupun "time is money", kata Benjamin Franklin, sama-sama menekankan arti pentingnya waktu. Tidak cermat menggunakan waktu maka siap-siap melewatkan hal yang berharga.

 Karakteristik waktu, irreversible (tidak pernah kembali), untransfersible (tidak bisa dipindahkan ke orang lain), unsubtitution (tidak tergantikan oleh apapun), unpayable (tidak dapat dibeli). Begitu sangat bernilainya waktu hingga satu jam yang kita biarkan berlalu maka ia tak akan pernah kembali. Ingin dipindahkan ke anak, misalnya, tidak akan bisa.

Diganti dengan satu jam keesokannya, siapa yang menjamin kita masih hidup besok. Ok, dibayar saja dengan uang jutaan, juga tak bisa. Kemarin, hari ini dan esok adalah dimensi waktu yang berbeda-beda. Meski hari demi hari berulang terus, namun sesungguhnya waktunya tidaklah sama.

Apa yang dilakukan di masa lalu sedikit banyak pasti bisa dirasakan efeknya di masa kini. Demikian juga yang sedang kita upayakan saat ini, akan berpengaruh pada pencapaian di masa depan. Hasan Al Banna mengatakan waktu adalah kehidupan. Membuang-buang waktu sama artinya dengan menyia-nyiakan kehidupan. Sementara Samuel Johnson, penulis Inggris mengemukakan, "future is purchased by present."

So, apa saja yang sedang kita perjuangkan  saat ini untuk kebaikan di masa depan? Sudah tepatkah alokasi waktu kita?

Salam literasi

(Bersambung ke karakter ketujuh)

Sumber foto: Google




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Karakter Orang Sukses: Ketepatan Menggunakan Waktu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel