Pertimbangan Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak

Sumber gambar: collegeinformations.com
Memilih sekolah merupakan kegiatan yang menjadi agenda penting orang tua untuk anaknya. Baik yang baru pertama kali akan melepas anak dari rumah ke sekolah, maupun ayah ibu yang mencari sekolah lanjutan untuk anak. Misalnya dari TK ke SD, atau dari SD ke SMP dan seterusnya.

Berdasarkan pengalaman pribadi memiliki tiga anak yang sudah bersekolah, berikut pertimbangan dalam memilih sekolah terbaik bagi buah hati.
1. Untuk TK atau SD, usahakan mencari sekolah dengan memperhatikan faktor jarak yang ditempuh dari rumah ke sekolah. Anak usia TK/SD sebaiknya tidak kelelahan di jalan, sebab jauhnya perjalanan pergi dan pulang sekolahnya.

2. Cari informasi mengenai akreditasi sekolah. Di era siber tidak begitu sulit menelusuri akreditasi sekolah. Hal ini berguna jika buah hati bersekolah di tempat yang berkualitas, diharapkan memperoleh bekal ilmu pengetahuan yang baik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih baik pula. Ada baiknya meminta rekomendasi sahabat atau kerabat yang telah lebih dahulu berpengalaman, mengenai mutu sekolah yang akan dituju.

3. Diasuh oleh para pendidik yang berintegritas. Sudah lazim dipahami bahwa di sekolah yang baik, harapannya para gurunya juga baik. Disiplin, jujur, penuh tanggung jawab, berkarakter dan berakhlak mulia. Guru adalah orang tua kedua dari siswa setelah orang tuanya di rumah. Bahkan kerap di rumah, anak membandingkan guru dengan orang tuanya.

Untuk beberapa kasus, malah lebih percaya perkataan gurunya ketimbang ayah atau ibunya. Begitu besarnya pengaruh guru bagi anak didiknya. Sampai ada pepatah yang mengatakan, "guru kencing berdiri, murid kencing berlari". Benar-benar bahwa guru menjadi teladan yang baik bagi siswa-siswinya.

4. Pilihlah sekolah yang berbasis agama. Selain sinkron dengan yang diajarkan di rumah, penguatan agama sangat penting dalam pertumbuhan karakter anak. Meski demikian, tidak menjadi masalah jika orang tua berpendirian menyekolahkan putra-putri di sekolah-sekolah negeri yang heterogen. Berbaur memiliki makna positif agar anak belajar untuk saling menghargai perbedaan. Pilihan jatuh ke tangan orang tua masing-masing.

5. Perhatikan fasilitas yang dimiliki sekolah. Semakin baik sarana dan prasarana sekolah, maka semakin memperlihatkan besarnya keseriusan pihak sekolah untuk menjadi sekolah terbaik. Sekolah adalah rumah kedua bagi anak. Akan merasa nyaman bila berada dalam lingkungan sekolah yang bersih, berfasilitas lengkap dan mendukung proses pembelajaran anak selama bersekolah di sana.

Demikian hal-hal yang bisa dijadikan pertimbangan ayah ibu dalam memilih sekolah untuk buah hati tercinta. Tentunya tiap orang tua memiliki dasar pemikiran sendiri dalam merencanakan pendidikan anak-anak tercintanya. Agar kelak di masa depan, mereka mampu hidup mandiri, memiliki daya juang dan daya saing di era yang semakin kompetitif, serta bermanfaat bagi sesamanya.

Salam literasi

Tantangan #SatuHariSatuKaryaIIDN
Hari ke-14

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pertimbangan Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel