5 Tips Hidup Sehat Ala Saya


Sumber gambar: wanita.me

Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang. Jika sehat orang bisa melakukan apapun dengan baik. Dengan fisik yang sehat orang mampu bekerja dengan optimal, mencapai tujuan dan meraih kebahagiaannya dalam hidup.

Namun untuk tetap berada dalam kondisi sehat diperlukan upaya yang serius. Usaha yang sungguh-sungguh, agar keadaan sehat senantiasa dapat dipertahankan.

Berikut 5 (lima) tips hidup sehat ala saya, meskipun bukan pakar di bidang kesehatan atau gizi, tentunya hal-hal yang saya tuliskan ini tetap saya amalkan sebagai ikhtiar selalu hidup sehat.

1. Banyak minum air putih

Dua tahunan ini saya selalu minum air putih hangat dicampur perasan jeruk nipis (jeniper) atau lemon setelah bangun tidur di pagi hari. Meski tidak menjadi pengikut pola makan Food Combining secara ketat lagi, saya dapat merasakan manfaat dari mengonsumsi minuman itu. Kemana-mana saya membawa bekal air putih dalam botol. Sejak saya TK sampai punya anak TK, hehe... tetap sangu air putih sendiri.

Jika lupa maka saya membeli air kemasan. Selain menjaga agar tubuh tidak dehidrasi, banyak minum air putih menjaga kelembaban kulit dan mengondisikan perut tetap kenyang. Tapi jangan berlebihan juga ya. Dikhawatirkan bolak-balik BAK dan perut jadi kembung.

2. Perbanyak makan sayur dan buah
Nah, ini menjadi PR saya lagi nih. Berhenti dari menerapkan pola makan FC lantas saya jadi jarang-jarang makan sayur. Lebih suka ngemil buah. Mestinya sayur selalu menjadi menu wajib sehari-hari. Sebab sayur kaya serat dan baik sekali bagi pencernaan. Yuk, ah setiap hari makan sayur.

3. Tidur yang cukup
Dulu saya tukang begadang karena terbawa kebiasaan mengerjakan tugas hingga dini hari saat S2 dulu. Saat ini saya lebih realistis. Yang namanya pekerjaan tidak akan ada habisnya. Kitalah yang memenejnya agar tidak mencuri waktu istirahat yang sangat berharga. Menurut ahli kesehatan, pada saat kita tidur, hormon antipenuaan bekerja. Nah, lebih baik tidur kan daripada terus menerus bekerja tanpa kenal waktu.

4. Menghindari stress

Menginjak usia 37 tahun ini saya lebih banyak belajar melepaskan. Tidak ngoyo, tidak memaksakan segala sesuatunya harus berjalan sesuai dengan kemauan saya. Ada kalanya rencana kita tak terealisasi dengan lancar. Ikhlaskan saja, lepaskan. Akan ada saatnya semuanya kembali menjadi baik-baik saja. Hidup hanya sekali, untuk apa diisi dengan stress. Perbanyak tersenyum, tertawa, insyaAllah hidup menjadi lebih sehat.

5. Mendekatkan diri pada Allah SWT
Secanggih apapun tips hidup sehat yang kita terapkan, jika Allah menakdirkan kita sakit, maka akan sakit juga. Untuk itu penting melibatkan Sang Pencipta dalam proses hidup sehat Anda. Dengan banyak mendekatkan diri pada-Nya, insyaAllah kondisi spiritual semakin sehat, emosi stabil dan fisik pun akan prima.

Demikian lima tips hidup sehat ala Nurhilmiyah. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Yuk, kita hidup lebih sehat setiap harinya. Semangat!

Salam literasi

#BPN30dayblogchallenge2018
#bloggerperempuan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Hidup Sehat Ala Saya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel