Target Blogging 2019


Sumber gambar: Canva

Tahun 2018 akan berlalu, sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru 2019. Menapaki tahun anyar ada semangat yang juga berlipat. Menutup lembaran kisah di tahun yang lama dan memancangkan rencana dan tekad untuk lebih baik lagi di tahun depan.

Intinya tahun ini mesti lebih baik lagi dari tahun lalu. Dan tahun 2019 nanti harus menjadi tahun yang lebih baik pula dari 2018. Selain dari segi pola pikir, sikap, material dan perasaan, yang juga layak untuk diperhatikan sebagai blogger adalah apa saja target blogging di tahun depan.

Berikut target blogging saya:

1. Menulis dengan kualitas

a. Menulis dengan memperhatikan aturan penulisan

Mestinya nge-blog itu tidak asal tulis. Harus memperhatikan kaidah penulisannya. Sedari 2015 telah ada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Namun sayang, sepertinya hanya segelintir blogger yang mengindahkannya.

Sepengamatan saya, justru lebih banyak yang menulis sesuai dengan bahasa lisannya sehari-hari. Bahasa slank atau bahasa gaul. Mungkin untuk mendekatkan diri dengan pembacanya. Namun pernahkah berpikir siapa yang akan melestarikan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar kalau bukan rakyat Indonesia sendiri.

Relakah jika bahasa Indonesia yang kian terdesak oleh bahasa slank dan bahasa asing, hilang justru di tengah-tengah WNI-nya sendiri. Bahasa Indonesia tidak menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Sungguh disayangkan.

b. Menulis yang enak dibaca

Penulis mana yang tidak ingin tulisannya menginspirasi banyak orang? Pasti semuanya ingin demikian. Masalahnya banyak orang tidak peduli. Yang dipentingkan sudah membuat tulisan. Titik.

Mestinya menulis itu yang mengalir, enak dibaca dan mudah dicerna. Di sinilah kecendekiaan si penulis dipertaruhkan. Tak akan bisa menjadi penulis yang baik, jika ia bukan pembaca yang baik. Semakin rajin membaca insyaAllah semakin bagus pula tulisannya.

2. Menulis blog menghasilkan uang

Tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah membeli domain. Dengan membayar biaya tahunan maka kita memiliki nama sendiri misalnya kedepannya blog ini menjadi nurhilmiyah.com.

Setelah itu artikel-artikel saya akan menjangkau lebih banyak pembaca dan besar kemungkinan iklan komersial akan muncul di tampilan layar blog saya pada saat diselancari pembaca.

Demikian target blogging saya di tahun 2019. Tidak muluk-muluk, yang penting saya akan merealisasikannya sesuai dengan kemampuan sembari terus meningkatkan kualitas tulisan.

Salam literasi

#BPN30daychallenge2018
#bloggerperempuan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Target Blogging 2019"

  1. aamiin untuk semua targetnya semoga tercapai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Mbak Inna... salam kenal yaa 😊😊

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel