Day 10 (Tantangan Langsing 25 Hari)


Sumber gambar: Didiet Hariyadi

Diet adalah manajemen makan atau pengaturan pola makan (polmak). Program diet disebut berhasil jika telah menjadi gaya hidup yang terus menerus teratur demikian, bukan cuma sampai batas waktu yang ditentukan, misalnya selama 25 hari.

Cara mengonsumsi makanan dipastikan tidak kembali ke cara lama. Tubuh dengan BB ideal merupakan manifestasi dari badan yang sehat, bukan karena upaya instan. Berdasarkan penelusuran di media sosial, inilah gaya diet yang sehat.

1. Tanpa Gula
Hidup serasa kurang manis jika tanpa gula. Eit, tapi itu cuma sampai leher saja lho. Gula itu zat yang menyebabkan hormon insulin menjadi tinggi. Jika kebanyakan mengasup gula, berarti membebani kerja tubuh sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit seperti, kencing manis, stroke, obesitas dan penyakit jantung koroner.

2. Karbo yang Lebih Beragam
Coba untuk selang-seling makan nasi putih dengan nasi merah, kentang beserta kulit, gandum dan lain-lain. Jenis karbohidrat yang ini lebih kaya serat dibandingkan nasi putih. Orang bule heran melihat orang Indonesia yang bisa makan nasi 24/7, tiga kali sehari, bahkan jajan ke luar, pesannya nasi goreng.

3. Ganti Camilan dengan Buah
Wah, ini memang merepotkan. Beli buah, cuci, kupas dan potong. Berbeda dengan risol yang tinggal lep. Tapi faedah yang diberikan buah jauh lebih besar ketimbang sepotong gorengan. Usahakan makan dua jenis buah dalam sehari. Dimakan sebelum makan agar lambung terisi duluan oleh serat sehingga mengurangi jumlah kalori dari karbohidrat.

4. Perbanyak Merebus, Kurangi Menggoreng
Sudah lazim diketahui kalau hasil dari penggorengan itu menyebabkan tingginya kadar kolestrol jahat (LDL) dalam darah. Jika LDL tinggi, ia akan menumpuk dan bisa menyumbat pembuluh darah. Inilah yang biasanya menyebabkan penyakit jantung koroner. Untuk itu perlu membiasakan lebih sering merebus makanan daripada menggoreng. Agar diri dan anggota keluarga lebih sehat.

5. Aktif Bergerak
Jika mustahil pergi ke gym atau sanggar senam, usahakan tetap berolahraga di rumah. Jogging di area CFD juga membantu agar selalu aktif bergerak. Tak perlu olah tubuh yang berat-berat, cukup jalan kaki di sekitar rumah juga baik bagi kesehatan.

Itulah kontemplasi dari sepuluh hari pertama saya mengikuti Tantangan Langsing Selama 25 Hari. Mudah-mudahanan istiqamah menjalankan setiap tantangan. Demi penurunan BB dan agar senantiasa memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Artikel ini disarikan dari berbagai sumber.

#Day61
#SehariSatuTulisan
#KLIPMaret

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Day 10 (Tantangan Langsing 25 Hari)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel