Cara Menggunakan Panci Presto



Panci presto adalah alat masak berbentuk panci yang mampu memasak makanan dengan lebih cepat, lebih sehat, dengan kandungan gizi dan rasa yang tetap terjaga. Alat masak ini disebut juga dengan pressure cooker karena menggunakan bantuan uap air bertekanan tinggi dalam proses masak memasaknya.

dilansir dari laman Dapur Modern, adapun cara memasak dengan menggunakan panci presto disebut dengan pressure cooking. Uap panas bertekanan tinggi hasil pressure cooking inilah yang sering ditakutkan saat seseorang menggunakan panci presto. Banyak manfaat dari memasak dengan panci presto ini.

Dari segi kesehatan, ekonomi, kepraktisan dan cita rasa masakan itu sendiri. Manfaatnya antara lain, 1). makanan lebih sehat; 2). kandungan gizi dan rasa masakan tetap terjaga; 3). lebih efisien dan hemat energi; 4). multifungsi,5). perawatannya sederhana.

Berbeda dengan panci biasa, panci presto memiliki tutup yang sangat rapat sehingga uap air hasil pemanasan tidak bocor keluar, namun tetap berkumpul dalam unit panci. Akibatnya suhu dalam panci menjadi sangat panas.

Karena makanan dimasak dalam suhu yang sangat panas, maka proses memasak menjadi lebih singkat. Bahkan bias hingga 70% lebih singkat dari memasak menggunakan panci biasa.

Hasilnya makananpun lebih sehat karena semakin sedikit kandungan gizi dan nutrisi yang hilang atau rusak. Selain itu tentu saja lebih hemat energi.

jika tekanan dalam panci melebihi batas yang ditentukan maka uap akan dikeluarkan lewat katup pengaman yang ada pada tutup panci. Panci presto tidak boleh diisi lebih dari 2/3 total kapasitasnya.

Ruang yang tersisa akan dibutuhkan untuk uap bertekanan nantinya. Jika Anda memasak makanan yang menghasilkan buih, seperti kaldu misalnya, maka pengisian maksimum adalah 1/2 dari total kapasitas panci.

So, Buibu… yuk kita masak pakai panci presto yaa


Sumber gambar: Dapur Modern












Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Panci Presto"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel