Penyebab Bau Mulut



Napas yang segar merupakan idaman setiap orang. Saat berbincang-bincang dalam jarak yang relatif dekat, akan sangat memalukan jika lawan bicara menutup hidung atau menjauh dari sisi kita. Mestinya dicari akar masalahnya, mengapa mengalami bau mulut.

Saat puasa bau mulut orang yang berpuasa diibaratkan harum minyak kesturi. Tentunya hal ini ada landasannya.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ تَعَالَى مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

“Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Meski demikian kepada orang yang berpuasa, tetap dianjurkan menjaga kebersihan mulut dan giginya.Adapun bau mulut bisa disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi, dan makanan yang berbau tajam.

Ditambah lagi ada beberapa keadaan kesehatan lain yang juga bisa menjadi penyebabnya bau mulut. Dilansir dari situs Alodokter, di antaranya:

1. Xerostomia, yaitu mulut kering yang terjadi karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.
2. Gangguan saluran pencernaan, seperti infeksi bakteri H.pylori yang menyebabkan sakit maag dan penyakit asam lambung (GERD).
3. Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip atau aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan.
4. Pengaruh kondisi lain, seperti diabetes, gangguan hati, atau infeksi saluran pernapasan.

Selain beberapa kondisi kesehatan di atas, napas tak sedap dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok, kurangnya kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet yang berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan karbohidrat.

Tak cukup hanya menyikat gigi dua kali sehari. Perlu berkumur-kumur dengan obat penyegar napas. Saat tak puasa pastikan ada permen mint di tas atau dompet Anda.

Saat dirasa perlu bercakap-cakap dengan seseorang atau teman-teman, mengemut permen bisa sedikit membantu meredam bau mulut. Silakan dicoba.


Sumber gambar: Tergaul

#Day10
#BloggerPerempuan
#30HariKebaikanBPN
#Day121
#SehariSatuTulisan
#KLIP

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Bau Mulut"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel