Ramadan, Bulan Maghfirah



Sepuluh hari pertama Ramadan telah kita lewati, masuklah kita pada sepuluh hari kedua di bulan Ramadan. Masa penuh ampunan, maghfirah.

Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala (ridha Allah), maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu." (HR. Bukhari).

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh dengan pengampunan. Kita bisa memanfaatkannya untuk menggugurkan dosa-dosa kita yang telah lalu. Maka tepatlah jika dikatakan bahwa bulan Ramadan adalah bulan pencucian dosa.

"Ramadhan" berarti pembakaran. Maka di bulan Ramadan semua dosa dibakar, tak heran mengapa cuaca pun seolah ikut mendukung hal ini.

Bandingkan panas teriknya matahari saat bulan Ramadan dan di luar bulan Ramadan. Lebih cetar membahana luar biasa panasnya sebab kerongkongan pun kering karena tidak diperkenankan minum air.

Maka saat itulah iman dan takwa diuji. Siapakah di antara kita yang paling baik imannya. Puasa adalah amalan yang langsung kepada Allah SWT pertanggungjawabannya. Puasa itu untuk Allah. Ibadah rahasia yang hanya Allah sajalah yang mengetahuinya.

Bisa saja Anda mengaku berpuasa di depan manusia. Tak ada yang tahu kalau Anda membatalkan puasa secara diam-diam. Namun di sinilah letak uniknya. Hanya Dia Yang Maha Mengetahui bahwa seorang hamba memang benar berpuasa atau tidak.

Mari perbanyak memohon ampun kepada Allah. Mumpung hari-hari ke-11 sampai ke 20 adalah saat-saat penuh ampunan. Meski ada sumber yang menyebutkan hadits ini lemah sanadnya. Insyaallah sangat bermanfaat dalam memotivasi ibadah dan taubat dalam diri kita.

Wallahua'lam bishawab

#Day6
#BloggerSumut
#30HariTantanganBloggerSumut

#Day122
#SehariSatuTulisan
#KLIP

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Ramadan, Bulan Maghfirah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel