Sepuluh Es Yang Wajib Kamu Jadikan Minuman Takjil




Menikmati menu berbuka puasa di bulan Ramadan tidak lengkap rasanya jika tidak menghadirkan minuman dingin penghilang dahaga sekaligus menyegarkan kerongkongan. Meski tidak boleh berlebihan, minum es kalau masih dalam batas wajar, cukup baik dalam melenyapkan dehidrasi setelah berpuasa seharian penuh.

Berikut sepuluh macam es yang selalu hadir di bulan Ramadan dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

1. Es Kelapa Muda (Klamud)/Es Degan (Istilah Jawa)
Selain menghilangkan haus, meminum es kelapa muda dapat meningkatkan energi dan mengurangi selulit. Manfaat air kelapa muda lainnya bagi kesehatan adalah:

Menurunkan tekanan darah
Menurunkan berat badan
Meningkatkan performa olahragawan/ atlet
Menurunkan kolesterol
Meredakan stres dan otot kaku/ tegang
Detoksifikasi tubuh


Sumber gambar: Unique

2. Sop Buah
Wuih, kalau yang satu ini pasti tak kalah banyak penyukanya. Bagaimana tidak, isinya buah-buahan yang tentu saja kaya serat, plus rasa lemak dari santan atau susu ditambah sirup. Hmm... Hati-hati hilang lho pahala puasanya kalau membayangkan segarnya sop buah di siang bolong Ramadan begini.


Sumber gambar: Mama Adeeva

3. Es Campur
Hmm, siapa yang tak suka es campur, tunjuk tangan...
Ups, jaranglah ya, orang tak suka es campur. Apalagi orang Medan, tinggal di surganya makanan seperti Medan pasti akrab dengan es campur. Berbuka dengan es campur, wow, nikmatnya Alhamdulillah.


Sumber gambar: Resep Masakan Harian

4. Es Lengkong atau Es Cincau Hitam
Orang Medan menyebutnya Es Lengkong. Dimasak dengan air putih plus gula atau santan plus gula merah, hmm tetap yummie. Ini bisa jadi alternatif es buat takjil kamu lho.


Sumber gambar: Facebook

5. Es Mentimun Suri atau Mentimun Aceh
Mentimun Suri atau Mentimun Aceh ini memang buahnya Ramadan. Selalu mudah dijumpai di pasar ataupun di pinggir jalan. Rasanya yang gurih dan segar jika disantap saat berbuka.


Sumber gambar: Cookpad

6. Es Mentimun Serut
Es yang satu ini mudah sekali membuatnya dan cukup ngehits di Medan. Yup, es timun serut. Tahu sendiri kan bahwa mentimun banyak khasiatnya, salah satunya sebagai tanaman antioksidan.


Sumber gambar: Opensnap

7. Es Kolding
Pastikan buka puasa kamu ditemani es kolding ini ya... Masyaallah.


Sumber gambar: Lifestyle Okezone

8. "Mandi" alias Es Teh Manis Dingin
Sepertinya meski bukan bulan Ramadan, Mandi ini setia dijadikan teman di kala hari sedang panas terik. Eits tapi hati-hati ya, Guys, jangan terlalu sering. Jangan sampai kamu terkena Diabetes gara-gara setiap hari minum mandi ini.


Sumber gambar: Harian Medan Bisnis

9. Es Pepaya Santan Durian
Wow, endeus banget ini, Guys, es pepaya santan campur durian. Di Medan kalau kamu sedang malas membuatnya, datang saja ke Jalan Laksana. Di sana dijual Rp. 8000,- per gelasnya. Ups, promosi pula ya. Padahal saya juga tidak mengenal kakak penjualnya. Baru beberapa kali beli es pepaya di sana, Alhamdulillah recommended.



Sumber gambar: Serba Serbi Anak Nelayan

10. Es Tebu
Nah, penutup tulisan saya kali ini, es tebu. Segaar sekali minum es tebu ini,Guys. Tak terasa ingin menambah segelas lagi. Silakan ke-10 es ini dijadikan referensi kalau kamu bingung ingin membeli es buat takjil.


Sumber gambar: Liputan6.com

#BloggerSumut
#30HariTantanganPuasaBloggerSumut

























Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Komentar untuk "Sepuluh Es Yang Wajib Kamu Jadikan Minuman Takjil"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel