Ramadan Kareem: Bulan Kasih Sayang



Bulan Ramadan yang terdiri dari tiga puluh hari dibagi menjadi tiga bagian. Sepuluh hari pertama adalah hari-hari penuh kasih sayang. Bulan rahmat. Berkumpulnya kembali anggota keluarga yang mungkin selama belum Ramadan bercerai berai, makan terpisah-pisah karena pekerjaan atau sekolah.

Maka di momen sepuluh hari pertama ini, disebut sebagai rahmah, kasih sayang. Tubuh kita pun menyesuaikan diri dengan keadaan puasa. Dengan menjalankan puasa, tubuh memulai suatu proses yang sangat bermanfaat, yaitu proses Autolisis.

Autolisis adalah proses pembuangan sel-sel yang mati atau rusak di dalam tubuh kita. Bayangkan saja jika sedang tidak berpuasa, organ pencernaan kita hampir tak pernah berhenti bekerja. Setiap kita makan, butuh kurang lebih delapan jam organ pencernaan kita bekerja.

Misalnya pukul tujuh pagi sarapan, maka pukul 15 organ baru selesai bekerja, lalu pukul 12 kita sudah makan lagi. Dari pukul 12 harusnya selesai pukul 20, kita makan lagi pukul 19. Belum lagi kalau pukul 23-nya kita makan nasi goreng, siomay atau sate padang.

Astaghfirullah... Seandainya tubuh kita bisa berbicara, mungkin dia akan minta izin mengundurkan diri dari bekerja untuk kita.

Saat berpuasa, makan sahur pukul 4, organ bekerja sampai jam 12. Pukul 12 sampai dengan 18, organ kita beristirahat, tidak dibebani dengan pekerjaan. Lumayan itu enam jam!.

Ibarat ibu-ibu di rumah, kalau sedang tidak ada pekerjaan, kan suka beres-beres rumah, rapi-rapi, bersih-bersih, buang barang-barang yang tidak digunakan lagi.

Organ kita pun demikian, jika sedang tidak bekerja mereka akan melakukan bersih-bersih tubuh, inilah Autolisis.

Hadits Rasulullah SWT, shumuu tashihhu, berpuasalah maka kamu akan sehat, tepat sekali. Alasan ini mengapa berpuasa itu menyehatkan. Bahkan insyaallah bisa mengobati banyak penyakit. Maag, diabetes, ginjal, bahkan kanker.

Makin banyak berpuasa insyaallah makin bersih tubuh kita, dan kita menjadi semakin sehat. Terima kasih atas kasih sayang-Mu ya Allah. Banyak hikmah di balik perintah-Mu. Puasa adalah bentuk kasih sayang Allah.

Selamat berpuasa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Ramadan Kareem: Bulan Kasih Sayang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel