Profound Message of FROZEN 2

Bulan lalu kami sekeluarga keluar buat jalan-jalan. Sehabis makan malam (makan sore sih tepatnya), anak-anak minta ke wahana permainan anak yang baru saja buka di lantai 4 Plaza Medan Fair, Medan. Nah, saat akan melihat-lihat ke dalam, si kakak dan si adik minta izin naik ke lantai 5 lokasi bioskop, Cinepolis.

Ya sudah akhirnya kami pun mengikuti mereka yang sudah mengamati poster film yang sedang tayang malam mini. “Ayah, Umi… kita nonton Frozen 2 aja yuk!” Seru si adik tiba-tiba. Mengingat sebenarnya kami telah lama pingin nonton tetapi menunggu anak-anak yang di pesantren libur semester dulu.

review-film-frozen-2-fadlimia-dot-com
Frozen 2 / Pluggedin
Sebenarnya sang ayah ngincer Star Wars Episode IX: The Rise of Skywalker, tapi bisalah lain kali kami nonton Star Wars. Dulu saja saat saya hamil anak sulung, suami ngajak nonton film legendaris ini, yang Star Wars Episode III: Revenge of The Sith berdua. Kalau saya? Ehmm jangan ditanya, kalau pingin nonton sesuatu mah gak heboh bilang-bilang dulu sih, hihi… pulang kampus ya nonton aja. Tapi itu dulu waktu belum sesibuk sekarang. Ciyee… sibuker yaa.. kapan siyy gak sibuk.

Kehangatan Keluarga

movie-review-frozen2-nurhilmiyah
Coretan Rara, putri sulung saya saat kelas 5 SD dulu, Frozen / Dokpri Facebook Nurhilmiyah
Frozen 2 berkisah tentang Elsa dan Anna, dua orang anak perempuan, kakak beradik yang saling menyayangi dan yatim piatu. Orang tua mereka, Raja Agnarr dan permaisuri kerajaan Arandelle meninggal saat berlayar di Dark Sea dan terus ke utara. Film diawali dengan flash back mereka saat ayah dan ibu masih ada. Sebelum tidur Elsa dan Anna kerap mendengarkan dongeng dari ayah dan ibunya. Sesuatu yang sangat dianjurkan untuk terus dilaksanakan sampai sekarang. Sebab dongeng dapat membangun karakter-karakter baik anak sebagai bekalnya dalam mengarungi kehidupan di masa depan.

pesan-moral-nonton-frozen2
Elsa dan Anna mendengarkan nyanyian ibunda / The Newyork Times
Sang raja menceritakan tentang keberadaan sungai Ahtohallan sebagai yang mengetahui segala sesuatu. Tentang Northuldra yang berada di utara dan kemungkinan jawaban dari kekuatan sihir yang dimiliki Elsa. Elsa dan Anna menganggapnya sebagai dongeng belaka karena usia mereka yang masih anak-anak. Anna yang mengantuk pun tertidur di pangkuan ibunda. Mendengarkan senandung ibu yang merdu mendayu-dayu.

movie-review-frozen2-nurhilmiyah
Poster Frozen 2 / Wikipedia
Kembali ke saat mereka dewasa ketika Elsa berada di dalam purinya, ia mendengar sayup-sayup the voice of magic ha..a..haa… Ia memastikan kembali suara itu memang ada dan anehnya hanya ia yang bisa mendengarnya. Sesuai ramalan kepala suku Troll, hanya orang yang berjiwa kuat yang mampu menyingkap misteri yang menyelimuti Arandelle. Dan Elsa yakin mampu melaksanakannya. Singkat cerita Elsa dan Anna, ditemani Olaf, Kristoff dan Sven si rusa kutub kembali menghadapi petualangan seru mencari sumber suara ajaib yang membuat Elsa penasaran. 

Elsa memperoleh kesimpulan bahwa ia mesti menaklukkan empat unsur yang menguasai dunia, yaitu air, tanah, api dan udara. Kembali Elsa berusaha tidak mengikutsertakan Anna sebab ia khawatir Anna yang tidak memiliki kekuatan sihir apapun, akan terluka. Anna dan Olaf dibuatkan perahu dari es yang diluncurkan Elsa untuk menjauh darinya. Uniknya justru Anna dan Olaf menemui perjalanan yang tak kalah seru. Saat melewati raksasa tanah yang tidur di air, sampai terperosok ke gua yang gelap gulita.

pesan-moral-nonton-frozen-nurhilmiyah
Anna dan Olaf / Slashfilm
 Dosa di Masa Lampau

Adapun Elsa memulai perjalanan berikutnya tanpa Anna dkk dengan menaklukkan air. Setelah sebelumnya angin, dan api yang berhasil diatasinya. Elsa akhirnya menemukan segala jawabannya. Voila! Ternyata asal muasal dari kabut yang menutupi hutan suku Nothuldra adalah perlakuan kakeknya sendiri yaitu King Runard. Ia mensiasati kepala suku dengan membangun sebuah bendungan agar Arandelle tidak mengalami banjir besar. 

Tampaknya sang kepala suku tidak menyetujuinya sebab hal tersebut tidak baik bagi kelangsungan hutan mereka. King Runard mengambil jalan pintas dengan menghunjamkan pedangnya dari belakang saat kepala suku bersemedi mencari jalan keluar. Sejak saat itulah permusuhan antara Nothuldra dengan pasukan kerajaan Arandelle dimulai dan hutan digelayuti kabut selama 34 tahun.

Uniknya, pada kesempatan yang lain, Pangeran Agnarr, ayahnya Elsa dan Anna, justru diselamatkan oleh seorang gadis dari suku Nothuldra, Sesuatu yang sangat luhur sebab semua orang tahu kalau Agnarr adalah anak dari musuh suku Nothuldra. Maka hal inilah yang menjadikan putri sulung yang lahir dari perkawinan Agnarr dan gadis Nothuldra tersebut, mewarisi kekuatan sihir es yang dahsyat.

movie-review-Frozen2-Nurhilmiyah-fadlimiacom
Suku Northuldra / Kompasiana
Profound Message (Pesan Moral) yang diperoleh dari FROZEN 2

Banyak tolok ukur yang harus dijabarkan jika ingin mereview suatu film. Sinematografi, tokoh, plot, konflik, biaya pembuatan film, special effect dan profound message yang akhirnya menyimpulkan raihan rating film. Nah, saya mengkhususkan review tentang pesan moral yang diperoleh dari film Frozen 2 ini, yatu:

  1. Kakak dan adik harus saling menyayangi dan bekerjasama memecahkan persoalan hidup terutama yang berhubungan dengan keluarga mereka. Saat Elsa tergulung tornado, Anna ingin menolong meski ia tidak mampu melakukan apapun. Saat dicegah Kristoff, Anna berseru.”She is my sister!”  Statement ini lebih lengkap di Frozen 1 saat Anna meyakinkan Hans “Si Pangeran dari Selatan” , “She is my sister, she would never hurt me!” 
She is my sister, she would never hurt me!

 
movie-review-frozen2-nurhilmiyah-fadlimia
Elsa dan Anna kamiii... / dokpri: Facebook Nurhilmiyah

 2. Terkadang pertanda yang muncul di suatu hari dapat menjadi kunci jawaban dari misteri yang selama ini terselubung. Saat Elsa berusaha menanggapi lebih serius akhirnya dengan segala niat bajanya, kebenaran pun terungkap. Asal-usul kekuatan sihir Elsa terkuak. Ia dan Anna mengembalikan keadaan seperti semula. Coba ya kalau Elsa itu orangnya cuek, gak pedulian, wah bakalan begitu-begitu aja dong Arandelle dan gak ada Frozen 2 kali ya, hihi.

 3.  Dapat quote menarik dari dialog Anna dan Letnan Mathius, serdadu kerajaan Arandelle saat mereka berbincang-bincang. Ayahnya si letnan pernah berpesan bahwa teruslah berjalan meski tak ada jalan keluar, kau akan menemukan jalan setapak yang mendekatkanmu pada jalan lain. Kira-kira demikian. 

4. Selain itu ada 3 pesan lainnya: Don’t give up, do it step by step, dan yang terakhir ditambahkan Anna, do it by right step

Don't give up
Do it step by step
Do it by right step

 
    5. Do it by right step ini dilaksanakan Anna pada saat menghancurkan bendungan demi menyelamatkan hutan suku Nothuldra. Anna rela melakukannya meski konsekuensinya adalah tenggelamnya kerajaan Arandelle. Hal ini seperti menebus utang kesalahan yang pernah dilakukan kakeknya di masa lalu. Bagian ini sekaligus menunjukkan kalau Anna pun berhasil menundukkan raksasa tanah yang melambangkan unsur tanah.

      6. Niat baik yang membawa kebaikan. Dua misi besar Elsa yaitu menyelamatkan hutan dan Arandelle tercapai semua berkat niat mulia ingin menolong suku ibunya. Akhirnya, kabut gelap menghilang, dan kerajaan Arandelle tetap aman, bisa dihindarkan dari terjangan air. 

    
movie-review-frozen2-nurhilmiyah-fadlimia-com
Olaf sedang bernyanyi / Fimela

     7. Ada yang berkesan juga dari lagunya Olaf. Khas film Disney gak lengkap dong kalau gak ada nyanyiannya di sana-sini. Itu yang bikin film-film Disney terasa hidup, musikalitasnya. Dari beberapa lagu sepanjang film Frozen 2 ini, saya terkesan pada lirik lagu si boneka salju hidup ini, Grown up means adapting. When you’re older, everything makes sense. Dulunya saat masih kanak-kanak banyak yang dirasa tidak mungkin, tidak bisa dipikirkan, setelah dewasa semua tampak masuk akal. Sebenarnya suka juga sih lagunya Kristoff  saat kehilangan Anna, "Now I'm lost in the woods", kocak.
      
      Grown up means adapting. When you're older, everything makes sense

     8. Satu hal yang tak pernah berubah di antara banyak perubahan yang dialami adalah pelukan. Olaf mengatakan ini saat ia lenyap tak berbekas di dalam pelukan Anna. Namun ia akhirnya muncul lagi saat Elsa telah selamat. Pelukan memang menenangkan.
      
     9. Sekian lama Elsa yang punya kekuatan magis tidak kembali ke Arandelle. Anna menggantikan Elsa menjadi Queen of Arandelle. Anna yang “Just Anna” si manusia biasa-lah yang memimpin kerajaan Arandelle. Bahwa untuk menjadi pemimpin tidak mesti memiliki kekuatan sihir yang hebat, namun kebaikan hati dan ketulusan menjadikannya ratu yang dicintai rakyatnya. 
    
     Ini trailer filmnya:


     Sumber: YouTube

Wah, gak terasa film pun berakhir, lampu bioskop hidup kembali. Kami sekeluarga beranjak dari kursi-kursi penonton. Semoga pesan kebaikan yang ditawarkan Frozen 2 dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi setiap penontonnya. 

 
pesan-moral-nonton-film-frozen-2
Kami sekeluarga / dokpri

Berlangganan update artikel terbaru via email:

51 Responses to "Profound Message of FROZEN 2"

  1. Aku nonton frozen ga sengaja, gegara beli tiket salah tanggal, belinya Jumanji, nontonnya Ftozen
    Pelajaran justru ini 🀣

    ReplyDelete
  2. Wah, banyak anak-anak yang sudah nonton Frozen 2 nih, ya. Aku belum nonton nih karena sulung kan lelaki dan pastinya nggak suka film seperti ini. Bungsu yang perempuan pun kurang tertarik sama film princes-princesan, hahaha ... Dirayu kayak apapun susah.

    Kalau aku pribadi, biasanya akan lebih terpukau sama efek dibandingkan jalan ceritanya. Animasinya kan keren banget itu, ya. Eh tapi belum nonton Frozen 2 ini ding, jadi mesti nonton dulu nih baru menyimpulkan bagus atau nggaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener Mbak... special effect animasinya buanyaakk terutama yg petualangannya Elsa

      Delete
  3. Bagus gambar si Rara ya mba. Berbakat kayaknya jadi pelukis ni. 😁
    Aku tambah penasaran ingin menyaksikan Frozen 2 ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rara anak saya sudah mulai pegang crayon sejak usia 8 bulan Mbak... saya ajarin gambar bulat-bulat, sambil bilang bola..bakso... hehe

      Delete
  4. Senengnya nonton Disney ini karna lagunya bagus2, dan banyak pesan buat anak2. Jadi banyak yg bisa dibahas setelah menontonnya

    ReplyDelete
  5. Teruslah berjalan meski tak ada jalan keluar, kau akan menemukan jalan setapak yang mendekatkanmu pada jalan lain.

    Melekat sekali sepanjang baca tulisan ini.

    ReplyDelete
  6. Rara ciamik buangeettt gambar princess nyaaa
    Frozen emang kece ya

    Banyak message yg bisa diambil dari film ini

    ReplyDelete
  7. Pesan yang saya tangkap pada film frozen 2 kali ini, salah satunya adalah Dont give up. Ya benar, jangan pernah menyerah

    ReplyDelete
  8. baca bagian ini "ia mesti menaklukkan empat unsur yang menguasai dunia, yaitu air, tanah, api dan udara." kumembayangkan Elsa berubah jadi Avatar ehehe. Tapi asli banyak banget hikmah yang bisa diambil dari Frozen 2 ini ya mba. Akhirnya ketahuan juga kekuatan Elsa berasal dari mana :)

    ReplyDelete
  9. Saya belum nonton, hiksss. Omong-omong, sulungnya punya bakat gambar ya, Mbak 😍 bagus gambarannya.

    ReplyDelete
  10. Aduh mau nonton ngga sempet terus #sedih
    Rindu Elsa nih
    Hihihi gara gara anak perempuanku,
    saya jadi penggemar berat frozen dan film Disney lainnya

    ReplyDelete
  11. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari film ini ya. Baca ulasan di atas saya jadi tertarik pengen bisa nonton disney yang diperankan Anna dan Elsa ini. Belum pernah nonton juga soalnya...

    ReplyDelete
  12. Saya malah belum nonton film Frozen 2 ini mbak. Si sulung saya kemarin nontonnya sama uaknya (kakak saya). Karena saya harus bareng adeknya (2 tahun) di rumah.

    BTW, gambarnya Rara bagus ih. Sukaaa

    ReplyDelete
  13. Elsa dan Ana-nya lagi nyamar jadi Marsha, Ya? Xixixixixi
    Saya jg udah nonton Film ini pas tau udah tayang di Cinepolis. Saya pikir pas lihat trealiernya waktu nonton The Addam Family bakal tayang di December. Syukurlah...tapi December malah ga ada film pas buat nontom bareng si anak.

    ReplyDelete
  14. Film ini emang bagus pesannya
    Apalagi anak2ku juga 2 cewek smua, brasa elsa dan anna hehe..
    Btw keren gambarnya kakak Rara

    ReplyDelete
  15. Wah, berasa nonton filmnya langsung baca review Frozen 2 ini. Dulu Frozen 1 nonton. Yang kedua enggak keburu karena anak-anak lagi musim ujian ..nyesel. Padahal pesan moralnya bagus apalagi untuk mengingatkan anak-anak akan kedekatan hubungan saudara yang kini makin dewasa kita kadang jadi luntur karena berbagai masalah yang ada.
    Makasih ulasan filmnya, Mbak Mia:)

    ReplyDelete
  16. Seru ya bisa nonton bareng keluarga, bisa membuat fresh nih apalagi Frozen 2 ini kabarnya seru banget. Aku belum nonton nih, suka rempong bawa anakku yang super aktif. Baca review ini sangat menyenangkan dapat gambaran filmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak saya yg kedua dan keempat cowok mbak.. super aktif juga 22... tp liaat Olaf nya Frozen jd anteng duduk diam krn lucu hehe

      Delete
  17. Ini bagus ya mba ternyata si Frozen 2 ini. Byk banget pesan petuah bijaknya untuk anak-anak juga. Yg cowok gmn tuh mba mau nonton Frozen jg?

    ReplyDelete
  18. Film frozen emang cocok banget buat anak2, walaupun orang tua harus menahan keinginan nonton film lainnya

    ReplyDelete
  19. Pesannya bagus... do it step by step, do it right step dan don't give up.. tuch kan jadi pengen nonton..tapi belum bisa karena si kecil belum bisa diajak bareng nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, memang kl bawa anak kecil gak efektif deh Bg... kasian cm pindah tidur dia di bioskopnya...

      Delete
  20. Kusuka frozen 2 , disney banget untung dapat tontonan free tiket heheh. Don't give up yes.

    ReplyDelete
  21. Aq belum nonton filmnya, baca ulasan ini sedikit mengobati rasa penasaran alur cerita filmnya

    ReplyDelete
  22. Seperti biasa film-film besutan Disney selalu menyentuh hati. Peaan moralnya bagus, sinematografinya juara, soundtracknya menghibur dengan lirik yang langsung bikin jatuh cinta

    Btw itu gambar kakak Rara bagus banget. Berbakat nih

    ReplyDelete
  23. Menonton Frozen 2 bersama keluarga emang seru ya mba.
    Karena tontonan semua umur, dan abis nonton Frozen si kakak bisa ngegambar karakter yang ada di film tersebut.
    Meskipun belum begitu mirip yang penting ada usaha buat menggambar nya.

    ReplyDelete
  24. momen nonton bareng tuh paling saya dambakan. brbrp kali salah pilih film, malah anak2 tidur pas nonton wkwkwkw. Film ini patut dicoba nih

    ReplyDelete
  25. Horeee jadi tahu ceritanya. Hehehehe. Makasih mba. Ceritanya kemarin anak saya yg nonton sama papanya. Saya absen karena ada baby kembar yg gak mungkin dibawa ke bioskop. Pulang-pulang papanya anak-anak gak mau cerita or kasih spoiler doooong. Penasaran kaaan. Hihihi. Sepertinya lebih seri Frozen 2 yaaa, karena seperti prekuel juga untuk film sebelumnya.

    ReplyDelete
  26. sayang sekali ya saya belom pernah menonton filmnya. Maklum belum ada anak yg maksa nonton. Maklum juga belom punya anak, janagnkan anak, istri aja belom punya. wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  27. Aku nonton Frozen 1. Yang Frozen 2 belum nonton nih. Katanya orang dewasa pada suka juga ya. Adikku nonton berdua suaminya, seneng aja. Hehe...Film Disney selalu ada pesan moral yang pas di hati sih...

    ReplyDelete
  28. Saya udah sih nonton Frozen 1. Pantes legendaris filmnya ya, selain diproduksi Disney yang emang jagoan menggarap film-film dongeng, alur ceritanya juga menarik. Nah sekuelnya ini terdengar menjanjikan. Jadi tak sabar ke kota sebelah buat mampir ke bioskopnya.

    ReplyDelete
  29. Wah sayangnya aku belum sempet nonton nih yang frozen 2, tapi kalo denger cerita-cerita dari temen terus baca artikel ini pasti seru banget ya filmnya.

    ReplyDelete
  30. Saya suka bangt dengan Olaf. Dia itu menggemaskan dan selalu ceria di situasi apa saja. Bahkan saat kena bencana.
    Persaudaraan Elsa Ana juga menjadi pesan saya pada anak saat menonton. Saudara kadang tidak sama dan tampak berseberangan, tapi keluarga melakukannya karena saling sayang. Begitu....

    ReplyDelete
  31. Yang memorable dari Frozen ini lagunya yg liriknya "let it go let it go...."
    Kalo Frozen 2, lagunya yang "ah...ha.. aa...." juga bagus tapi gak se-memorable yang pertama.

    ReplyDelete
  32. persahabatan kakak adik di Frozen ini memang keren banget. Kami sih belum lihat, tetapi udah merencanakan nanti saat kami ngumpul mau nonton bareng :)

    ReplyDelete
  33. Bagus ya,,cocok buat anak2, ada pelajaran dan moralnya..
    Tapi ada adegan dewasa juga sikit, perlu dampingan ortuu😁

    ReplyDelete
  34. Penasaran banget nonton filmnya. Sayangnya belum ada bioskop di tempat saya. Palingan saya hanya menonton video musiknya di YouTube sekalian belajar English

    ReplyDelete
  35. Frozen 2 ini memang digandrungi oleh anak-anak, hanya saja, sebaiknya memang ditonton dengan bimbingan orang tua. Pasti menyenangkan sekali bisa nonton bareng seluruh keluarga ya Mbak

    ReplyDelete
  36. Ehh jadi elsanya balik lagi apa gak mba???

    Saya pengen ajak anak nonton dr doolittle, yg bakal tayang mulai tgl 15 ini

    ReplyDelete
  37. Frozen pertama sudah sih, eh tapi yang kedua belum. Setelah baca ini jadi pingin nonton juga

    ReplyDelete
  38. Belum nonton ini kak. Diajakin anak-anak belum jadi-jadi. Sampe udah abis tayang di bioskop nya. Memang banyak yang bilang banyak pesan positifnya sih Frozen 2 ini.

    ReplyDelete
  39. Belum sempat nonton frozen 2 nih, mungkin sekarang udh ga tayang di bioskop lagi ya kak :(

    ReplyDelete
  40. Keponakan istri yang suka banget sama Frozen,

    ReplyDelete
  41. Kemarin si sulung kepengen nonton, rupanya cepat kali habisnya
    Hiksss terpaksa ganti film lah kami

    ReplyDelete
  42. Wuah frozen. Film yang paling ditunggu. Saya nungguinya sejak tahun 2018. Katanya di bulan Juni launching. Akhirnya akhir tahun 2019 juga. Wow keren banget deh pokonya.

    ReplyDelete
  43. KOk aku malah jadi fokus liat elsa dan anna nya kak mia yang pake baju masha. Hehehe.... Kemarin ada isu yang kurang enak tentang film ini, jadi kami memilih untuk tidak menonton dulu. Tapi kayaknya aman ya kk?

    ReplyDelete
  44. Seru sih, nontonnya pun ga sengaja karena salah bli tiket haha

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel