Belajar Menjahit Bagi Pemula

Anda mengenakan pakaian yang terasa pas di badan, enak jatuhnya, tidak kebesaran, tidak kekecilan, nyaman dipakai, pastinya senang, kan. Ada orang yang berjasa di balik layar cantik atau gantengnya penampilan Anda. Siapa lagi kalau bukan penjahit pakaian. Yup, karena jasa merekalah kita bisa berpenampilan menarik, serasi dipandang mata. Lalu, bagaimana caranya bisa mahir laksana penjahit profesional? Ada caranya. Tentu penjahit profesional pun dulunya memulai langkah awal dengan belajar menjahit dan tidak langsung pintar, ada proses yang mesti dilaluinya. 

fadlimia nurhilmiyah
Cleanipedia
Katanya, belajar menjahit itu seperti main C*ndy Crush, ada level-levelnya setelah berhasil menyelesaikan level 1 maka akan terbuka level 2, begitu selanjutnya. Demikian pula belajar menjahit bagi pemula. Tidak mungkin baru saja belajar menjahit langsung praktik bikin kebaya. Penjahit manapun yang mengetahui hal ini pasti tertawa. Selain rugi di bahan bajunya karena bahan kebaya kan mahal, sayang sekali digunting-gunting untuk belajar praktik menjahit. 

Waktu kuliah dulu saya pernah punya keinginan bisa punya ketrampilan menjahit. Kok rasanya perempuan banget ya, ntar bisa bikin baju anak-anaknya, menjahit kemeja suami, buat sprei, sarung bantal, bantal hias dan kerajinan tangan rumahan yang memerlukan jahit-menjahit. Dirilis di blognya Emakwatik ada tips belajar menjahit bagi pemula. Mau tahu kaann...

1. Siapkan mental

Belajar menjahit tidak sekadar ada kemauan saja tetapi harus diikuti dengan mental sekuat baja. Kenapa? Karena yang namanya masih pemula itu biasanya akan menemui halang-rintang yang tidak sedikit. Gagal, ulangi lagi, ukur, potong, salah lagi, ulangi kembali. Bayangkan jika tidak seteguh batu karang di pinggir pantai, baru sekali bikin pola sudah mengibarkan bendera putih alias menyerah.

2. Unduh dan cetak pola baju yang sudah jadi di internet

Masuk ke Pinterest, telusuri kata kunci free sewing pattern, nanti akan keluar banyak sekali pola baju siap pakai. Pilih yang sesuai dengan keinginanmu, lalu print. Beberapa disertai tutorial jadi bisa lebih mudah. Lama kelamaan dengan sering mempelajari pola yang sudah ada, kita pun akan dapat membuat pola baju sendiri. 

fadlimia nurhilmiyah
Rebecca page

3. Siapkan alat dan bahan selangkah demi selangkah

Jangan segan untuk berinvestasi membeli buku-buku belajar menjahit Dari sana akan banyak informasi yang diperoleh. Sediakan alat-alat seperti jarum (biasanya 1 set dengan berbagai macam ukuran), benang dengan berbagai warna, pendedel, "mata nenek" untuk membantu memasukkan jarum dengan cepat, gunting kain, pola yang sudah di-download dari internet, kain yang bisa diambil dari baju yang sudah tidak dipakai lagi. Tapi ingat harus dicuci terlebih dahulu. 

4. Ukur kemampuan diri

Banyak orang terkadang salah menafsirkan, keterampilan menjahit itu bisa didapatkan dengan instan. Misalnya, karena baru saja membeli mesin jahit, sudah langsung ingin belajar bikin baju pesta. Mestinya step by step, nikmati prosesnya dulu. Kalau masih pemula, belajar bikin baju daster, piyama, gamis sederhana, rok pakai karet, yang relatif lebih mudah membuatnya. Belajar satu tahap dalam satu waktu. Tidak bisa langsung terampil dalam sekejap.

5. Punya seseorang yang mendukung

Wajar ya ada kalanya muncul rasa bosan, jenuh dan tidak sabar dalam belajar menjahit ini. Di sinilah diperlukan seseorang yang memotivasi untuk tidak patah semangat dalam belajar menjahit. Orang itu bisa saja suami, teman, saudara ataupun orang tua. Dukungan dari seseorang ini sedikit banyak menjadi penyemangat dalam belajar menjahit bagi pemula.

Minta penilaian, misalnya. "Ini baju hasil karya saya, gimana, udah bagus belum ya?" Kalau orang yang men-support dia akan bilang, "Udah oke tinggal dibikin rata aja ini yang satunya". Padahal jelas-jelas jahitannya miring sebelah. Namun efek psikisnya bagi orang yang sedang belajar menjahit, amat sangat positif.

fadlimia nurhilmiyah
Sketsa gamis sederhana / Fitinline

So, ada tips tambahan gak dari Teman-teman? Ditunggu pengalamannya dalam belajar menjahit ya... pasti seru tuh.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

16 Komentar untuk "Belajar Menjahit Bagi Pemula"

  1. Aku dulu sempat hobi bikin krestik kak Mia. Cuma itu bisaku di sektor jahit menjahit hehe.. tp skrang klo dingat2 kok bisa terlupakan ya hobi itu.. aku juga lupa awalnya gimana kutinggalkan hobi itu hikss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya sulam cruistik itu ya, legend banget, aku juga buat karena masuk di mata pelajaran Muatan Lokal dulu pas SD. Seru ituu

      Hapus
  2. Menyiapkan alat-alatnya nih yang buikin aku maju mundur buat belajar menjahit mb. Padahal pengin banget belajar jahit. Harga mesin jahit kadang bikin galau hahhaa. btw makasih tipsnya mb.

    BalasHapus
  3. Padahal mama saya jago banget jahit. Ingat banget sering dibikinin baju muslim untuk pergi madrasah. Sayangnya keahlian itu nggak nurun ke anaknya. Padahal sekarang asal niat, bisa belajar dari internet ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih,, ibu saya juga jahitin baju lebaran buat saya dan adik

      Hapus
  4. Saya dulu pernah ikut kursus menjahit. Dan menghasilkan satu baju. Tapi kalau tidak pernah dipraktikkan hasilnya ya lupa semua. Kayak saya nih ..hihi ..

    BalasHapus
  5. Dulu pertama memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga suami kasih pilihan belajar ketrampilan. Pernah belajar jahit, masak(kue), rajut...tapi prosesnya lamaa dan bikin bosan saya. Ujung-ujungnya saya kembali ke laptop. Tapi kalau cuma bikin baju daster lurus saja, bulus sederhana atau jahit pakaiaan robek sih bisa hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren tuh Mbak Dian... yg penting bs mengoperasikan mesin jahit

      Hapus
  6. Pas belum nikah pernah belajar jahit tapi belum juga beres udah nyerah, pengen sih belajar lagi biar bisa bikin baju untuk anak-anak nih

    BalasHapus
  7. Bener banget yang pertama itu "siapkan mental". wkwkwk.. Soalnya aku dulu pernah belajar jahir. BAru juga belajar bikin pola sudah menyerah.

    BalasHapus
  8. Saya selalu pemula di bidang ini Mbak. 2 kali kursus jahit dan 1 x pelatihan ala garmen. Mesin jahitnya kayak loncat2 gitu. Wkwkwk.

    Jadi saya fokus di pola saja, akhirnya. Di akun Pinterest saya ada 2 board untuk pola dan gaya busana. Tapi akhirnya tetap hanya jadi rencana saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi saya juga gitu Mbak Susi, gak bs kayak yg pinter jahit itu, lancaar gituu jahit pake mesinnya

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel