Sewa Rumah

Minggu lalu saya ditelepon oleh adik sepupu yang menanyakan info sewa rumah. Kebetulan sejak tahun 2010 Alhamdulillah kami sudah memiliki rumah sendiri walaupun belum pernah ditempati. Lalu kaminya tinggal di mana? Berhubung suami tugasnya pindah-pindah, jadilah kami mengikuti ke mana suami pergi.

Adik yang menghubungi tadi ingin tahu apakah rumah kami tersebut lagi kosong. Ia dan keluarganya berminat menyewanya. Sayang sekali bulan Juli nanti baru habis masa sewa penyewa yang saat ini. Hingga adik saya itu pun mencari rumah yang lain.

Sahabat sekalian kalau ditanya, pilih yang mana menyewa rumah atau membeli? Tentunya semua menjawab beli, kan. Namun terkadang kita dihadapkan pada suatu pilihan menyewa atau mengontrak rumah dahulu. Berikut alasan orang mengapa harus sewa rumah:

1. Sedang tugas di luar kota, jauh dari kota asal

Nah, ini nih yang paling sering saya dan sebagian teman-teman saya alami. Sedang bertugas di tempat yang jauh dari kota asal, lalu harus meninggalkan tempat kediamannya. Alhasil menyewa apartemen atau rumah menjadi suatu solusi. 

fadlimia nurhilmiyah
sewa rumah.net

2. Lokasi sewa rumah lebih strategis 

Misalnya sudah memiliki rumah, faktanya rumah tersebut jauh di pelosok pinggiran kota. Sehingga menyulitkan bagi mobilitas bekerja, sekolah, kampus. dan aktivitas harian. Belum lagi rutinitas macet yang menjadi "makanan" sehari-hari. Keuntungan dari menyewa salah satunya adalah kita bebas memilih ingin tinggal di mana saja. Maka sewa rumah di Cilandak misalnya, menjadi andalan bagi para pekerja kantoran atau orang tua yang memiliki anak usia sekolah. Bisa sampai di rumah lebih cepat, beristirahat dan bercengkerama dengan keluarga.

3. Belum memiliki dana yang cukup untuk membeli rumah

Kalau alasan yang satu ini dapat dimaklumi mengingat harga tanah dan bangunan seperti rumah dan apartemen di perkotaan terus menerus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tidak terjangkaunya harga rumah membuat pasangan muda zaman sekarang lebih memilih menyewa rumah saja daripada memaksakan membeli rumah namun harus tinggal di lokasi yang jauh.

Ada beberapa saran jika ingin menyewa rumah, antara lain:

a. Carilah info sebanyak-banyaknya

Di era informasi yang sangat mudah sekarang ini, mengumpulkan informasi sebanyak mungkin bukanlah suatu kesulitan. Tinggal berselancar di dunia maya, dengan mudah kita mendapatkan sederet informasi tentang di mana lokasi rumah sewa yang baik, harga yang sesuai budget, dan segala yang terkait dengannya. Maka tidak ada salahnya rajin-rajin membuka situs tentang rumah sewa.

b. Teliti sebelum menyewa

Terkadang info yang kita baca di internet bisa jadi memiliki perbedaan dengan aslinya. Sebaiknya kunjungi agen atau pemilik yang nomor ponselnya tertera di web, luangkan waktu berkunjung ke calon rumah sewa. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak menyewa kucing dalam karung, hehe. Biasanya jika menghubungi agen sewa rumah yang trusted, penyewa jarang yang kecewa. Namun perlu dihindari jika infonya tidak jelas, susah ditelepon dan mencurigakan.

c. Minta rekomendasi dari teman atau saudara

Rajin-rajinlah bersilaturahmi sebab menyambung tali pertemanan atau persaudaraan bisa mendatangkan rezeki, termasuk rezeki informasi rumah sewa. Kendati demikian tetap harus ada seleksi juga demi memperoleh rumah sewa yang nyaman ditempati bersama keluarga tercinta. Sambil menguatkan niat dan menabung terus untuk membeli rumah idaman. 

Semoga para pembaca yang belum punya rumah sendiri, dimudahkan ikhtiarnya dalam membeli rumah ya. Amin.

Survey kecil-kecilan, Teman-teman kalau ditanya memilih yang mana, menyewa rumah di tengah kota atau membeli rumah di pinggiran saja? Saya tunggu jawabannya di kolom komentar ya, terima kasih.










Berlangganan update artikel terbaru via email:

16 Komentar untuk "Sewa Rumah"

  1. untuk saat ini.. langsung situs online dlu terus cari cari lagi yg bagus dan murah :D

    BalasHapus
  2. Wahhh enak nih kalo udah dirumah sendiri hhe, jadi lebih mudah dan leluasan kalo mau ngapa ngapain hehehe ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha punya rumah sendiri maksudnya, bukan di rumah sendiri,

      Hapus
  3. Banyaaaakk alasan mengapa ada orang yg hobi jadi kontraktor, alias kontrak/sewa rumah dan ogah beli rumah dewe.

    Karena itu, kita tidak perlu julid kalo lihat ada orang yang setia dgn ngontrak dan pindah2 rumah kontrakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya...masa' sih ada aja org yg nanya alamat rumah temennya abis tu lgsg memberondong dg pertanyaan berikutnya, ini rumah sewa apa rumah sendiri, wkwk

      Hapus
  4. Ketiga tips di atas pas sekali buat mereka yang sedang berpikir untuk sewa rumah supaya tidak menyesal di belakang hari, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbak,, soalnya buat tempat tinggal kita dengan orang-orang tercinta jg kann

      Hapus
  5. Kami banget nih kontraktor. Xixixi.. kadang iri ngeliat saudara dan teman sudah punya rumah sendiri. Tapi apa mau dikata belum saatnya punya rumah sendiri. BTW sebelum nyewa kami observasi dulu semua, bukan hanya rumahnya tapi juga lingkungan harus nyaman.

    BalasHapus
  6. Kami nyicil rumah agak di pinggir kota. Setelah rumah lunas, ternyata daerahnya udh berkembang. Apa² ada...

    BalasHapus
  7. Emang tergantung kasus ya?
    Kalo ngga berencana menetap lama, mending nyewa rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ambu, senengnya kl nyewa rumah atau apartemen itu kan bs milih ya, di tengah kota dan modelnya gmn hehe

      Hapus
  8. Kalau saya sewa rumah di pinggiran kota, kebetulan kantornya juga di pinggiran. Jadi pas deh, rumah dekat sama kantor

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel