Manfaat Mempelajari Bahasa Indonesia Hukum

Bahasa Indonesia Hukum adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh setiap mahasiswa yang belajar di Fakultas Hukum. Memiliki bobot 2 SKS, Bahasa Indonesia Hukum diberikan pada awal tahun sebagai mata kuliah di semester satu. Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat mempelajari Bahasa Indonesia Hukum, ada baiknya mengetahui dulu manfaat mempelajari Bahasa Indonesia.

Mata Kuliah Bahasa Indonesia Hukum
Ilustrasi mahasiswa membaca buku / Shutterstock


Mengapa kita harus mempelajari Bahasa Indonesia?

Bahasa Indonesia sangat penting diajarkan terus menerus kepada peserta didik, baik di tingkatan pendidikan usia dini, sekolah dasar, menengah, menengah atas sampai ke perguruan tinggi. Di dalam bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan yang berfaedah dalam meningkatkan kemampuan meraih ilmu pengetahuan. Keterampilan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. menyimak
  2. berbicara
  3. membaca
  4. menulis
Menguasai cara menyimak, berbicara, membaca dan menulis yang baik di dalam bahasa Indonesia amat dibutuhkan untuk meng-upgrade kapabilitas ke arah yang lebih baik. Adapun manfaat mempelajari bahasa Indonesia antara lain:

Mengoptimalkan bahasa sebagai alat untuk berpikir

Bahasa adalah alat untuk berpikir. Dalam proses berpikir, bahasa selalu hadir bersama logika untuk merumuskan konsep, proposisi, dan simpulan. Segala kegiatan yang menyangkut penghitungan atau  kalkulasi, pembahasan atau analisis, bahkan berkhayal, hanya dimungkinkan berlangsung melalui proses berpikir disertai alatnya yaitu bahasa Indonesia.

Mengasah kemampuan berkomunikasi yang baik, benar dan efektif

Menurut Gorys Keraff, komunikasi merupakan akibat yang lebih jauh dari ekspresi diri. Komunikasi tidak akan sempurna bila ekspresi diri kita tidak diterima atau dipahami oleh orang lain. Dengan komunikasi pula kita mempelajari dan mewarisi semua pencapaian nenek moyang sebelum kita. Mengetahui pula apa yang telah diraih oleh orang-orang yang sezaman dengan kita sekarang ini. Sebagai alat komunikasi, bahasa merupakan saluran perumusan maksud, melahirkan perasaan, dan memungkinkan cipta kerja dengan sesama. Bahasa mengatur berbagai macam aktivitas kemasyarakatan, perencanaan dan pengembangan di masa depan.

Menumbuhkan dan merawat kecintaan dan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia

Sebagai bahasa persatuan dan bahasa resmi negara, bahasa Indonesia mestinya mendapatkan tempat terbaik di tengah-tengah anak bangsa. Namun kenyataannya dewasa ini kecintaan menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar telah tergerus sedikit demi sedikit. Generasi muda seperti lebih bangga memakai bahasa asing dan mencampuradukkan bahasa bangsanya dengan bahasa slank atau bahasa impor lainnya.

Alhasil nasib bahasa tuan rumah semakin terdesak dan bukan tidak mungkin sedang terancam menuju kepunahan. Sebab berkurangnya rasa bangga penggunanya untuk membumikan bahasa Indonesia sesuai kaidah bahasa yang baik dan benar.

Meningkatkan kemampuan intelektual

Mempelajari bahasa Indonesia berarti mendudukkan kembali pengetahuan mengenai penggunaan kaidah berbahasa Indonesia yang sesuai peraturan terbaru. Sehingga dengan perkembangan wawasan keilmuan tersebut, peserta didik diharapkan mampu meningkatkan kompetensi intelektualnya. Dengan mengakses sumber-sumber referensi berbahasa Indonesia yang begitu melimpah ruah dan memperluas cakrawala dan khazanah kognitif.

Menikmati karya sastra sebagai sarana mengasah kecerdasan emosional dan sosial

Karya sastra dalam bahasa Indonesia tak terhitung jumlahnya. Sangat disayangkan jika terlewat begitu saja tanpa dinikmati dan dipetik pesan moralnya. Selain membaca karya orang lain, menghasilkan karya sendiri juga melatih keterampilan menulis. Maka untuk mendukung hal tersebut, sebaiknya mempelajari dahulu aturan dan tata bahasa Indonesia.

Masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dari mempelajari bahasa Indonesia. Namun pembahasan ini akan dikhususkan untuk mengupas manfaat mempelajari bahasa Indonesia Hukum. Sebelum sampai pada pengertian Bahasa Indonesia Hukum, tentunya kita mesti memahami kaitan antara bahasa dengan hukum.

Relevansi antara bahasa dengan hukum

Bahasa merupakan salah satu sarana utama dalam penegakan hukum. Penegakan hukum membutuhkan kepastian hukum. Sementara kepastian hukum dikonstruksikan dari bahasa yang digunakan oleh para praktisi dan akademisi hukum. Hukum tanpa bahasa tidak bisa menjalankan fungsinya.

Ibarat dokter yang menggunakan alat suntik untuk menginjeksikan cairan obat ke tubuh pasiennya, demikian pulalah bahasa bagi para profesional hukum. Seorang advokat, misalnya, menggunakan bahasa sebagai alat untuk mendampingi kliennya dalam mengajukan gugatan.

"Hukum dan bahasa bagaikan dua sisi mata uang. Tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Berhubungan erat sebab bisa dikatakan tidak ada hukum tanpa adanya bahasa. "Alat suntiknya" orang hukum itu adalah bahasa." (Nurhilmiyah, 2020)

Pengertian Bahasa Indonesia Hukum

Berdasarkan simposium bahasa dan hukum tahun 1974 yang diselenggarakan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), diperoleh suatu pengertian. Bahasa hukum Indonesia merupakan bahasa Indonesia yang dipergunakan dalam bidang hukum, yang mengingat fungsinya mempunyai karakteristik sendiri.

Menurut penulis bisa disamakan antara bahasa Indonesia hukum dengan bahasa hukum Indonesia. Sebab maksud dan tujuannya sama-sama menekanka pada kekhususan karakteristik hukum itu sendiri. Meskipun digunakan di dalam bidang hukum, bahasa Indonesia tetap harus berpedoman pada kaidah dan aturan tata bahasa Indonesia. Dalam hal ini para teoritisi dan penegak hukum diminta konsistensinya untuk menjamin kepastian hukum dalam berbahasa.

Ada pula definisi dari perspektif ahli bahasa, yaitu bahasa Indonesia ragam hukum. Sebab selain bahasa Indonesia di bidang hukum, kita lazim menjumpai ada bahasa Indonesia pula di ragam ekonomi, teknik, pertanian, komputer dan lain-lain.

Bahasa Indonesia ragam hukum adalah salah satu ragam bahasa Indonesia yang digunakan sebagai alat komunikasi dalam bidang hukum. Bahasa Indonesia hukum digunakan oleh orang-orang yang bekerja di dunia hukum (konsultan hukum, polisi, advokat, jaksa dan hakim) atau mendalami ilmu hukum (teoritisi, akademisi, dosen, peneliti hukum). Lalu apa saja manfaat yang bisa diperoleh dalam mempelajari bahasa Indonesia hukum ini?



Manfaat Mempelajari Bahasa Indonesia Hukum

Setelah mengetahui hubungan antara bahasa dengan hukum beserta pengertiannya, maka semakin jelas alasan untuk mempelajari bahasa Indonesia hukum ini. Antara lain sebagai berikut:

Lebih mudah memahami aturan-aturan hukum

Bahasa hukum memiliki sifat-sifatnya yang khusus, tidak mudah dipahami oleh orang awam (orang yang tidak mendalami bidang hukum). Kekhususan itu ada kalanya menyimpang dari ketentuan-ketentuan yang ada di dalam bahasa Indonesia. Struktur kalimat yang terdiri dari unsur-unsur subjek, predikat dan objek bisa tidak berlaku dalam bahasa hukum.

Misalnya, Kevin menganiaya Ricko. Dalam bahasa Indonesia, Kevin disebut sebagai subjek, menganiaya dikenal sebagai predikat dan Ricko sebagai objek. Menurut hukum tidak demikian. Bukan hanya Kevin yang bertindak sebagai subjek, Ricko juga merupakan subjek, karena di dalam ilmu hukum setiap manusia adalah subjek hukum. Yang bukan subjek hukum adalah benda, ternak dan tumbuhan.

Masih banyak contoh lainnya yang akan dikupas di bab-bab selanjutnya.

Membekali mahasiswa untuk mempelajari ilmu pengetahuan hukum

Sebagaimana mata kuliah dasar lainnya di awal semester, pengajaran mata kuliah bahasa Indonesia hukum ini menjadi landasan untuk memahami mata kuliah selanjutnya di semester atas. Banyak tugas mandiri dan terstruktur yang harus disetorkan ke mahasiswa di tiap mata kuliah. Dan semuanya pasti berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Berdasarkan pengalaman penulis selama lebih dari lima tahun mengampu mata kuliah bahasa Indonesia hukum ini, masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui cara membuat makalah hukum yang baik. Struktur karya ilmiah yang sesuai standar, dan penggunaan istilah-istilah hukum yang mestinya disertai pula dengan arti bahasa Indonesianya. Maka mempelajari bahasa Indonesia hukum ini menjadi suatu keharusan sebelum menapaki mata kuliah lanjutan di semester dua.

Salam,



Referensi:

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/201/80

file:///C:/Users/HP/AppData/Local/Temp/201-273-1-SM.pdf

https://visiuniversal.blogspot.com/2014/11/manfaat-mempelajari-mata-pelajaran.html

Lilis Hartini, 2014, Bahasa dan Produk Hukum, Refika Aditama, Bandung, hlm. 4

Hilman Hadikusuma, 2019, Bahasa Hukum Indonesia, Cetakan ke-4, Alumni, Bandung, hlm. 5



Berlangganan update artikel terbaru via email:

19 Komentar untuk "Manfaat Mempelajari Bahasa Indonesia Hukum"

  1. Wah terimakasih informasinya saya jadi tahu bahasa Indonesia hukum.

    BalasHapus
  2. Ooh..ini untuk mahasiswa hukum ya? Hihi..awalnya aku bingung baca judulnya. Thx ya, kebetulan ponakan ada yg sedang kuliah hukum..

    BalasHapus
  3. Padahal aku orang Indonesia, tapi belum tau juga tentang bahasa Indonesia hukum ini. Tenryata sangat menarik ya dan masih banyak juga orang yang bingung untuk menyusun makalah hukum dalam bahasa Indonesia. Terima kasih informasinya ya ka :)

    BalasHapus
  4. Menarik artikelnya tentang bahasa Indonesia hukum. Saya juga pernah belajar ilmu ini. Terkadang banyak orang masih tertukar antara hukum hak cipta dan hak paten, lalu antara hukum perdata dengan hukum dagang. Lalu ada istilah paralegal, advokat, penasihat hukum, dsb . Mata kuliah inilah hadir untuk menjelaskan hal tersebut

    BalasHapus
  5. Bu Dosen yang satu ini emang menginspirasi. Pasti jadi idola para mahasiswanya 😊

    BalasHapus
  6. Bahasa Indonesia Hukum pastinya sedikit beda dengan bahasa Indonesia pada umumnya ya, Mbak. Ini seperti pelajaran bahasa Indonesia akademik yang saya daatkan pada semester 6 dulu. Agak kepayahan mengikuti di awal, lama-lama suka juga.

    BalasHapus
  7. Pelajaran yang sering dianggap remeh

    BalasHapus
  8. Bahasa Indonesia sering dianggap mudah, karena merupakan bahasa negara dan sering digunakan. Padahal, tidak segampang itu. Misalnya saja Bahasa Indonesia Hukum, banyak istilah yang harus diketahui, dihafal dan dimaknai secara khusus. Nice info. Jangan sampai salah ucap kemudian jadi salah paham.

    BalasHapus
  9. waaa menarik sekali ini bahasannyaa, walaupun sebenernya bahasa indonesia sudah akrab dengan kita sedari kecil, tapi tetep aja ada yang baik dan benarnya yaaa yang harus diketahui dan dipelajari

    BalasHapus
  10. Keren mba sharenya.. makasih yaaa 😊

    BalasHapus
  11. Iya mbak penting sekali mempelajari bahasa Indonesia hukum. Sebab dengan mempelajarinya kita bisa mengetahui arti atau istilah-istilah dalam hukum. Sehingga memudahkan kita untuk memahami aturan-aturan hukum

    BalasHapus
  12. Nah, ini. Sama kaya bahasa Indonesia bidang pertanian atau sains. Seringkali ketidakmengertian bikin orang mumet ketika baca jurnal atau artikel pertanian/sain.

    BalasHapus
  13. Bahasa Indonesia memang agak sedikit dilupakan. Kebanyakan anak-anak sekarang malah lebih fasih bahasa Inggris.

    BalasHapus
  14. Penggunaan bahasa sesuai bidangnya

    BalasHapus
  15. Saya baru tahu tentang adanya bahasa indonesia hukum

    Terimakasih info & ilmunya, InsyaAllah sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. Saya malah baru ngeh ada Bahasa INdonesia Hukum , mba. Mungkin khusus untuk mahasiswa fakultas hukum kah mba ?

    BalasHapus
  17. Makasih banyak infonya kak kita jadi tahu manfaatnya belajar bahasa Indonesia hukum ya, jadi tahu istilah istilah di bidang hukum yang awam buat kita

    BalasHapus
  18. bagus artikelnya mba, selama ini aku ga berpikir sampai sejauh ini ya mengenai penggunaan bahasa untuk hukum, mungkin karena bukan orang hukum juga kali ya aku, tapi penggunaan bahasa ini juga bisa diterapkan dalam keilmuan lainnya ya ga cuman dalam hukum aja. tapi mungkin tingkat kepentingannya bisa jadi lebih tinggi dalam penggunaan bahasa Indonesia hukum ini, karena akan mengatur dalam hal kebijakan dan lainnya yang mengatur hajat hidup orang banyak sehingga penggunaanya harus clear, begitu kali ya mba

    BalasHapus
  19. Menarik informasinya, terima kasih mbak, saya jadi mengerti istilah2 di bidang hukum

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel