Gejala Sakit Pada Ginjal

"Saya sakit gagal ginjal, Mbak", balasnya tanpa emoticon apapun. Deg! Saya kaget, ternyata orang yang masih muda pun tak luput dari sakit pada ginjal. Refleks jempol saya bergerak cepat di layar monitor gawai, menelusuri informasi di media online yang membahas tentang gejala sakit pada ginjal. Saya pun ingin menjaga diri dan keluarga dari terkena sakit pada ginjal ini.

penyakit gagal ginjal
PFI Mega Life

Mengenal ginjal si organ vital

Manusia memiliki sepasang ginjal yang terletak di bagian atas perut yang berdekatan dengan otot punggung belakang di bagian kiri dan kanan. Fungsi penting ginjal untuk menyaring zat-zat buangan (limbah) dalam tubuh, baik yang berasal dari makanan, obat-obatan, maupun zat beracun.

Ginjal menyaring 200 liter darah setiap harinya. Dari sekian banyak darah yang disaring, terdapat 2 liter zat buangan yang harus dikeluarkan lewat urine. Karena itulah, organ ini dilengkapi dengan sepasang ureter, sebuah kandung kemih, dan uretra yang akan membawa urine keluar dari tubuh.

Selain membuang zat sisa dalam tubuh, organ vital ini juga dapat menyerap kembali zat-zat yang dibutuhkan tubuh, seperti asam amino, gula, natrium, kalium, dan nutrisi lainnya. Fungsi ginjal tersebut dipengaruhi oleh kelenjar adrenalin yang terletak di bagian atas masing-masing ginjal.

Wah saya tidak bisa membayangkan teman yang bolak-balik melakukan hemodialisa (terapi cuci darah dengan ginjal buatan). Seluruh fungsi ginjal yang sangat banyak itu digantikan oleh mesin canggih yang mencuci darah pasien.

Kondisi gagal ginjal apabila darah berhenti mengalir ke ginjal sehingga ginjal mengalami masalah atau kematian sel. Sebenarnya apa yang menyebabkan gagal pada ginjal?

Penyebab Gagal Ginjal

Gagal ginjal juga disebut gagal ginjal kronis, adalah kerusakan permanen pada ginjal yang bisa semakin memburuk dari waktu ke waktu. Jika kerusakan ginjal sudah sangat berat, organ ginjal bisa berhenti bekerja total.

Setiap orang memiliki risiko terkena sakit pada ginjal. Namun pada beberapa orang ada yang memiliki faktor risiko jika berada dalam kondisi di bawah ini, berikut perinciannya:
  1. Diabetes
  2. Hipertensi
  3. Kolesterol tinggi
  4. Gangguan ginjal
  5. Pemakaian obat-obatan jangka panjang dengan kandungan tertentu
  6. Penyakit jantung
  7. Riwayat kesehatan keluarga yang memiliki penyakit ginjal
  8. Berusia di atas 60 tahun.


Gejala gagal ginjal


Gejala gagal ginjal ini kerap tidak kentara karena minim tanda-tanda. Sebab tubuh masih bisa menahannya. Ironisnya gagal ginjal baru disadari ketika sudah merusak sebanyak 90% ginjal. Apa saja ciri-ciri gejala gagal ginjal yang harus Anda ketahui:

  • Bengkak pada kaki dan pergelangan kaki; karena ginjal sudah rusak maka tidak bisa menyaring kadar air dengan baik, akibatnya terjadi pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki.
  • Perubahan pada air seni; sulit BAK, butuh tenaga ekstra untuk BAK, warna urine pudar atau berubah menjadi gelap, jumlah urine sedikit, urine berbusa dan sering terbangun untuk BAK.
  • Kulit kering dan gatal; keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah terganggu.
  • Selera makan menurun; mulut tidak berasa, mengalami bau mulut.
  • Kesulitan konsentrasi dan merasa pusing; penimbunan toksin di dalam tubuh menimbulkan sulit fokus, tubuh lemah dan pening di kepala.
  • Kelelahan saat siang hari; siang hari saatnya beraktivitas namun orang yang gagal ginjal akan merasa tenaganya sudah habis terkuras.
  • Nyeri atau sakit pada bagian tubuh; biasanya pinggang dan punggung akan mengalami nyeri yang sangat mengganggu.
  • Kesulitan bernapas; peredaran darah yang buruk dan cairan berlebih pada paru-paru dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

penyakit gagal ginjal
Health Detik

Rawat ginjal Anda dengan melakukan hal-hal di bawah ini

Setelah memahami ciri-ciri gagal ginjal tentunya kita semakin menyadari arti penting merawat ginjal agar selalu dalam keadaan sehat. Apa saja yang mesti dilakukan?
  1. Diet rendah gula dan rendah lemak
  2. Rajin berolahraga
  3. Periksakan fungsi ginjal, jantung, dan tes darah
  4. Tidak merokok
  5. Menghindari alkohol
Lindungi diri Anda dan keluarga dari sakit gagal ginjal dengan Asuransi Penyakit Kritis (APT) dari PFI Mega Life. Dengan produk perlindungan Mega Comforta yang siap mendampingi tertanggung jika satu saat terdiagnosa gagal ginjal untuk pertama kalinya hingga 100%. Uang pertanggungan sesuai dengan plan yang dipilih dan selanjutnya asuransi berakhir.

Melindungi diri dari ancaman penyakit kritis bersama PFI Mega Life bisa memberikan ketenangan dalam menghadapi hari esok yang tidak menentu. Jangan lupa memanjatkan doa kepada Sang Pencipta agar senantiasa dilindungi dari penyakit gagal ginjal ini. Upaya perlindungan oke, doa jalan terus.

Referensi

https://www.pfimegalife.co.id/literasi-keuangan/kesehatan/read/ciri-ciri-gagal-ginjal
https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/pemeriksaan-fungsi-ginjal-dan-penyakit/#gref


Salam,


Berlangganan update artikel terbaru via email:

17 Responses to "Gejala Sakit Pada Ginjal"

  1. Harus waspada memang ya. Biasanya di atas usia enam puluh tahun yang kena gagal ginjal tapi rupanya banyak yang muda juga. Ponakan saya dulu usia dua puluhan.

    ReplyDelete
  2. Saya kok jadi parno sendiri sama ciri cirinya.
    Secara saya ada keturunan diabetes dan sdh mengidap hipertensi dan mengkonsumsi obatnya seumur hidup.
    Diet rendah gula selalu diupayakan sih.
    Olahragapun diusahakan rutin walopun angin anginan.
    Semoga Allah melindungi kita dari penyakit yang dirasakan dan yang ditakuti, Aamiin ya Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, sama2 mengingatkan kuy, Mom agar selalu menerapkan PHBS

      Delete
  3. Penyakit ginjal sekarang nggak pernah kenal usia ya kak. Ini ada teman yang kena ginjalnya karena sering suntik whitening. Almarhum Bapak juga terkena ginjalnya karena terus konsumsi obat diabetes. Sehari dua kali suntik insulin belum lagi obat-obatan yang diminum wajar kalau ginjalnya yang nggak kuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Noted, lebih baik mengutamakan kesehatan ya daripada kecantikan yg efeknya membahayakan ginjal

      Delete
  4. wah serem juga ya kalo sdh gagal ginjal..hrs hati2 nih menjaga kesehatan ginjal terutama memperhatikan asupan maknan dan minuman

    ReplyDelete
  5. penyakit yang paling saya takuti nih
    Tapi selalu saya lupa pencegahannya: banyak minum air putih dan kurangi kopi
    Karena itu sekarang saya tertib nyedian air minum di depan laptop :D

    ReplyDelete
  6. saya juga ada satu teman, masih muda, kena batu ginjal. Harus segera operasi, kata dokternya kalau nggak segera operasi bisa berpotensi gagal ginjal. Ngeri banget ya.

    Semoga kita selalu sehat ya mbak, tentunya dengan mengupayakannya dengan menerapkan pola hidup sehat

    ReplyDelete
  7. Ya Allah saya jadi takut sendiri, penting banget ya menjaga kesehatan diri btw harus banyak minum air putih nih, kebiasaan buruk suka lupa minum

    ReplyDelete
  8. Mari banyak minum air putih dan rajin olahraga biar bada tetap sehat. Teringat saudara yang sakit dan gagal ginjal huhu.

    ReplyDelete
  9. Luar biasa sekali yaa kerjanya ginjal. Harus dirawat dengan rajin minum air putih dan olahraga. Takut sendiri kalau dengar kabar ada keluarga/teman yang sampai gagal ginjal dan harus rutin cuci darah gitu :(

    ReplyDelete
  10. Kalau udah urusannya dengan ginjal memang bikin sedih. Maka harus antisipasi dini juga dari sekarang untuk jaga diri agar ginjal sehat tetap terjaga

    ReplyDelete
  11. Mengerikan juga ya penyakit gagal ginjal ini. Jadi harus aware juga untuk mencegah dan menjaga kesehatan ginjal. Mengikuti asuransi memang penting, itung-itung untuk proteksi diri. Semoga kita senantiasa sehat ya

    ReplyDelete
  12. Seram juga ya mbak kalau baru bisa diketahui setelah merusak 90% kondisi ginjal :( belakangan merasakan tanda-tanda yang mbak tuliskan di atas, mungkin karena konsumsi kopi instan saya yang udah kayak orang kecanduan :'( akhirnya diet kopi deh saya. Btw terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  13. Masya Allah , organ kecil tapi diciptakan untuk sebuah fungsi yang besar...Ginjal memang vital maka semestinya kita jaga kesehatannya.
    Jadi teringat ayah teman si sulung yang belum lama ini meninggal karena gagal ginjal, padahal anak-anaknya masih sebaya anak-anak saya, sedih dengar kabarnya

    ReplyDelete
  14. Abang ipar saya punya penyakit ginjal. Udah berobat ke sana kemari dan haji uang banyak belum membaik.
    Dan dia nggak punya asuransi. Sedih dan kasihan jadinya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel