12 Manfaat Senam Aerobik Nomor 8 Paling Disukai

12 Manfaat Senam Aerobik

Perbedaan Senam Anaerobik dan Senam Aerobik

Banyak sekali manfaat senam aerobik yang penting untuk diketahui. Saya mulai ikut senam aerobik pasca melahirkan anak ketiga 2011 silam. Waktu anak pertama dan kedua, saya masih disibukkan dengan baru memulai karir sebagai dosen dan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

Nah, saat si putri nomor tiga lahir, kondisi keluarga kami sudah agak tenang. Ada pengasuh yang bisa dimintai waktu dan tenaganya menjaga anak-anak saat saya mengunjungi sanggar senam aerobik tiga kali seminggu. 

Tujuan saya waktu itu agar senantiasa memperoleh tubuh yang sehat dan bugar. Jika tubuh selalu fit maka semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik, kan.

Manfaat senam aerobik
Ilustrasi senam / Popmama

Senam Anaerobik

Sebelum masuk ke manfaat senam aerobik, perlu mengetahui senam anaerobik. Senam anaerobik adalah senam yang bertujuan untuk melatih bagian otot tertentu, membangun otot dan menambah massa otot. Dalam olahraga ini bahan bakar utama adalah glikogen, tidak menggunakan oksigen dalam kegiatannya. 

Olahraga ini dilakukan dengan intensitas berat dan berlangsung dalam waktu singkat, karena bahan bakar utamanya cepat habis.

Contoh senam anaerobik adalah angkat beban, kalistenik (memaksimalkan beban pada berat tubuh kita sendiri), sprint dan lompat tali. Olahraga ini dianjurkan untuk yang ingin menambah massa otot. 

Manfaat senam anaerobik antara lain melatih kekuatan otot dan tulang, menambah kekuatan tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Senam Aerobik

Nah kalau ini senam favorit saya, Teman-teman... senam aerobik adalah senam yang menitikberatkan pada meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan. Manfaat yang didapatkan tidak hanya berkutat di dua organ vital tersebut saja, tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Senam adalah satu dari sekian banyak olahraga yang masuk dalam kelompok olahraga aerobik. Yang lainnya adalah jogging, berenang dan kickboxing. Jenis olah raga aerobik ini juga sering dikenal sebagai latihan kardio.

Jadi olahraga aerobik dan anaerobik adalah dua hal yang berbeda. Aerobik fokus pada seluruh tubuh, dan bahan bakar yang digunakan adalah oksigen. Sedangkan anaerobik yang dilatih adalah bagian otot tertentu dengan bahan bakar adalah gula dalam otot (glikogen).

Intensitas keduanya juga berbeda. Aerobik bisa dilakukan dengan lama sedangkah anaerobik dalam waktu singkat karena intensitasnya yang berat. Jadi, kedua olahraga tersebut memiliki hasil yang berbeda. Yang satu untuk membuang lemak, satunya lagi untuk menaikkan massa otot.

12 Manfaat Senam Aerobik Nomor 8 Paling Disukai

Tentunya banyak sekali manfaat yang bisa diraih dari mengikuti senam aerobik secara rutin. Kebetulan di kawasan tempat tinggal saya menggelar kembali senam yang sifatnya memerlukan oksigen ini. 

Setelah libur sejak bulan Maret 2020, sejak 3 Juli 2020 senam di setiap Minggu pagi pukul 07.00 sampai dengan pukul 08.30, kembali diadakan.

Hipwee

Rasanya senang sekali, bukan saja karena bertemu dengan teman-teman sesama ibu-ibu penyuka senam, namun kegembiraan yang dirasakan saat senam bersama-sama, melengkapi kebahagiaan di hari libur. 

Berikut selusin manfaat senam aerobik, nomor 8 paling disukai.

1. Baik untuk kesehatan jantung

Jantung akan menjadi lebih sehat saat mengikuti senam aerobik. Karena jantung memompa darah secara lebih efisien ke seluruh tubuh. Selain itu senam aerobik dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan membuat kadar kolesterol baik (HDL) menjadi lebih tinggi.

2. Membantu meredakan gejala asma

Bagi yang memiliki riwayat penyakit asma, senam aerobik dapat membantu meredakan gejala asma. Dengan banyak menghirup udara segar di pagi hari sembari melakukan senam, diyakini dapat mengurangi sesak napas seperti yang kerap dijumpai pada penderita asma.

3. Meningkatkan stamina tubuh

Biasanya jika baru pertama kali ikut senam aerobik, tubuh akan merasa sangat lelah. Tetapi jika senam secara teratur, perlahan-lahan stamina tubuh meningkat menjadi lebih kuat dan tidak mudah capek seperti sebelumnya.

4. Mengontrol kadar gula darah

Senam aerobik rutin seperti melakukan senam irama misalnya dapat membantu mengatur kadar insulin di dalam tubuh. Dengan demikian kadar gula darah juga ikut terkontrol dengan baik.

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Sering melakukan senam membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Makanya saya pribadi jarang sekali melewatkan kegiatan menyenangkan ini. Dengan senam secara rutin tubuh kita menjadi lebih kebal dari penyakit sehari-hari yang cukup menganggu yaitu flu dan batuk.

6. Menurunkan tekanan darah

Bagi pengidap hipertensi, senam aerobik baik sekali untuk melatih jantung dan bermanfaat menurunkan tekanan darah. Saat tekanan darah membaik maka gejala hipertensi pun menurun.

7. Membuat tidur jadi lebih nyenyak

Anda susah tidur nyenyak? Senam aerobiklah secara rutin, jika tidak sempat pada siang harinya karena bekerja, Anda bisa mencobanya dua jam sebelum tidur. Dijamin akan memperoleh tidur yang nyenyak dan berkualitas. Keesokan harinya saat bangun tubuh pun menjadi lebih segar.

8. Menjaga berat badan

Ibu-ibu paling suka nih yang ini, menjaga berat badan. Senam aerobik dapat mencegah berat badan naik kembali. Tentunya dibarengi dengan mengonsumsi makanan rendah kalori dan kaya serat. Ketika iseng-iseng bertanya pada teman-teman mengenai manfaat ikut senam aerobik, rata-rata menjawab ingin menjaga berat badannya agar tetap proporsional.

9. Meningkatkan suasana hati

Senam aerobik tak hanya membuat otot-otot menjadi lebih rileks tetapi juga suasana hati. Dengan rutin melakukan senam aerobik seperti zumba yang mirip seperti tarian, diiringi musik yang nge-beat pula maka pikiran pun menjadi segar. Mecegah depresi dan menghilangkan kecemasan.

10. Memaksimalkan cara kerja otak

Mengikuti gerakan-gerakan aerobik yang dapat memperkaya oksigen di dalam darah dapat memaksimalkan cara kerja otak. Memperlambat hilangnya jaringan otak dan meningkatkan kemampuan berpikir seseorang.

Liputan6

11. Menghilangkan stress

Mirip dengan meningkatkan suasana hati, melakukan gerakan-gerakan senam bersama teman-teman dapat menghilangkan stress. Sebab gerakan yang cepat pada senam dapat membantu pelepasan hormon endorfin dan terkadang di kalangan ibu-ibu jika ada temannya yang salah dalam gerakan, cukup membuat geli sehingga ditertawakan bersama-sama.

12. Manfaat sosial

Bertemu dengan tetangga tidak bisa dilakukan di setiap harinya. Mungkin karena sibuk bekerja, ataupun karena menerapkan jaga jarak di era kenormalan baru seperti sekarang ini. Dengan mengikuti senam di kompleks perumahan, menjadi ajang silaturahmi dengan para tetangga dan tentunya menambah aura positif di dalam diri kita.

Bagaimana dengan Teman-teman pembaca? Olahraga apa yang senang dilakoni untuk menjaga kesehatan? Sharing di kolom komentar yuk. Terima kasih


Salam,




Referensi:

https://senisehat.com/2019/02/04/olahraga-aerobik-vs-olahraga-anaerobik-cocokan-yang-mana/

https://lifestyle.bisnis.com/read/20191113/106/1169796/10-manfaat-senam-aerobik-untuk-kesehatan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

15 Responses to "12 Manfaat Senam Aerobik Nomor 8 Paling Disukai"

  1. sy juga suka senam, apapun itu namanya yang penting seri2an bareng yang lain tapi kalau sendiri bingung juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa WFH kemaren sy senam sendirian ditemenin lappy buat ngeyutub musik pengiringnya, hehe

      Delete
  2. Dulu, waktu masih single sering senam sih. Sekarang udah punya anak malah nggak sempet. hiks hiks. cuma bisa olahraga sendiri di rumah. Tapi jd kurang semangat ya, karena nggak ada temennya. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya putus-nyambung-putus-nyambung gitu deh Mbak, senamnya heuheu

      Delete
  3. dulu sering senam aerobik plus berenang. kerasa bedanya emang. sekarang udah hampir ga pernah lagi hiks. kadang udah kecapekan, mo senam udah ga sanggup kwkwkw.

    ReplyDelete
  4. Kalo senam pake musik jadi tambah semangat ya Kak. Apa lagi rame-rame sama kawan-kawan, sosialnya dapat sehatnya juga dapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, tp dilema jg krn kadang musiknya asik lupa kl jd pd berlenggak-lenggok di dpn umum, hikss

      Delete
  5. awak suka x senam kak,, jadi setiap sore atau pagi senam sama anak2

    ReplyDelete
  6. Aerobik tu sptnya identik dengan kaum hawa ya, saya ga pernah ikut, tapi kl senam biasa sering juga ikut. No 8 kadang jd tujuan utama hehe

    ReplyDelete
  7. Aerobik ini yang masih akrab denganku...memang banyak ya manfaatnya..bikin mood juga lebih bagus...

    ReplyDelete
  8. Semenjak pandemi kegiatan senam di perumahan saya jadi nggak diadakan, padahal senam aerobik itu seru dan punya banyak manfaat.. kangen senam bareng tetangga huhu

    ReplyDelete
  9. Hmm Pantesan nomor 8 paling disukai, karena menjadikan lebih ideal lagi ya badannya. Yang penting jangan lupa juga buat rutin

    ReplyDelete
  10. Bener banget. Yang nomor 8 tuh yang banyak disukai. Begitu BB mulai gak terkontrol baru deh inget senam hahaha...

    ReplyDelete
  11. Senam aerobik tuh manfaatnya memang banyak yaa.. asalkan rutin dilakuin yaah. kalau aku di rumah sukanya zumba. Senam aerobik dulu itu kalau pas lagi ikutan rame rame di komplek rumah gtu kalau weekend hhi

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel