Mengapa Gigi Dan Gusi Harus Dirawat?

Mengapa Gigi Dan Gusi Harus Dirawat?

Alasan Gigi dan Gusi Harus Dirawat

"Ma, senyum Kak Fira cantik ya..." ujar anak saya saat kami melihat-lihat akun media sosial kakak sepupunya. Ya, memang benar. Senyumnya yang memperlihatkan gigi geligi putih bersih dan barisan gigi yang rapi bagaikan biji mentimun.

Perawatan Gigi dan Gusi yang mudah dilakukan di rumah
Senyuman level 5 / Hellosehat

Apakah gigi putih bersih yang terawat sehat dan bisa menerbitkan senyuman manis itu diperoleh begitu saja tanpa ada upaya perawatannya? Oh tentu saja tidak. Keponakan saya si Fira itu, sangat telaten merawat gigi dan gusinya di rumah.

Sebelumnya harus diketahui pula alasan gigi dan gusi harus dirawat, berikut mengapa gigi dan gusi harus dirawat:

Merawat gusi akan meminimalisasi resesi gusi

Resesi gusi adalah kondisi saat gusi melonggar dan membuat bakteri mudah masuk di sel-sela gigi dan gusi. Ada yang namanya resesi gingiva (gusi turun), dengan gejala berdarah setelah menggosok gigi atau flossing. Gusi merah dan bengkak, bau mulut tak sedap, nyeri pada garis gusi, gusi yang tampai turun/merosot. Akar giri yang terlihat dan gigi goyang. 

Maka merawat gusi akan mengurangi resesi gusi sehingga Anda tidak akan mengalami tanda-tanda resesi gigi seperti yang tertera di atas.

Mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh masalah gigi dan gusi

Jika Anda tidak merawat gigi dan gusi, bakteri yang berkumpul di mulut akan menimbulkan infeksi paru-paru. Lho kok bisa? Ya, karena kemungkinan bakteri di gigi akan berlanjut masuk ke paru-paru akan jadi lebih besar.

Demikian pula munculnya peradangan di gusi, berhubungan dengan kerusakan pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Oleh karena itu dengan merawat gigi dan gusi dengan baik tentunya akan mengurangi risiko terkena penyakit yang awal masalahnya bermula dari gigi dan gusi yang tidak dirawat dengan baik.

Agar Anda tampil percaya diri

Jika Anda baru berkenalan dengan seseorang untuk suatu urusan, sangat berkesan jika kenalan Anda itu tersenyum ramah, kan. Coba bandingkan dengan yang memasang muka jeruk purut, aduh sangat tidak nyaman dan ingin segera mengakhiri interaksi.

Coba bandingkan dengan orang yang tersenyum, apalagi senyum level lima, menampakkan giginya yang tersusun rapi, putih, bersih dan menghembuskan napas yang segar, hmm... pastinya bincang-bincang menjadi lancar dan urusan pun bisa diselesaikan sesuai harapan.

Sikat gigi rutin minimal 2x sehari / Liputan6

Cara Mudah Merawat Gigi dan Gusi di Rumah

Berikutnya mari kita intip bagaimana cara mudah ponakan saya merawat gigi geliginya di rumah sehingga tampak selalu sehat dan bisa menghasilkan senyuman indah. Saking mudahnya pasti Anda pun kerap mempraktikkannya.
  1. Menyikat gigi dengan cara dan arah yang benar minimal dua kali sehari yaitu sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur malam.
  2. Menggosok permukaan lidah dengan bagian belakang sikat gigi yang bentuknya bergerigi/bergelombang, sebab tak jarang ada bakteri membandel yang tidak lekang hanya dengan berkumur-kumur. Mengingat lidah adalah sarang bakteri yang menyebabkan napas menjadi tak sedap.
  3. Menggunakan benang gigi (dental floss), untuk membersihkan secara optimal, sisa-sisa makanan yang terjepit di sela-sela gigi dan gusi.
  4. Berkumur-kumur dengan cairan mouthwash untuk menambah kesegaran mulut tetapi jangan sampai terminum.
  5. Menjaga pola makan agar tetap sehat dan menghindari makanan yang mengandung zat-zat perusak gigi.
  6. Sebagai tambahan, agar perawatan gigi dan gusi menjadi maksimal, bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu manis dan cengkeh, air lemon, peppermint dan minyak tea free, air dan garam.
  7. Last but not least, pemilihan pasta gigi yang tepat menjadi kunci perawatan gigi dan gusi yang baik. Kebetulan karena Fira memiliki gigi yang sensitif, ia menggunakan Pepsodent Sensitive Expert Enamel Care di setiap kegiatan sikat gigi rutin sehari-harinya.
Benang gigi / Alodokter

Rasa ngilu di gigi akan hilang dalam waktu 30 detik saja. Mengapa bisa demikian, karena bahan aktifnya diperkaya mineral HAP sehingga mampu melindungi enamel gigi dan mengatasi masalah gusi sesuai dengan kebutuhan gigi sensitif.

So, bagaimana dengan pembaca.... ada yang samakah dengan cara-cara merawat gigi dan gusi di atas? Sharing di kolom komentar ya, terima kasih. Yuk, kita sering-sering tersenyum level lima :)



Salam,


Referensi:

https://www.tanyapepsodent.com/artikel/gusi-lidah/perawatan-gigi-dan-gusi-yang-mudah-dilakukan-di-rumah.html

https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/resesi-gingiva-gusi-turun/#gref

https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/membersihkan-lidah-pakai-sikat-gigi/#gref



Berlangganan update artikel terbaru via email:

27 Komentar untuk "Mengapa Gigi Dan Gusi Harus Dirawat?"

  1. Apakah normal ketika menggunakan dental floss kadang suka berdarah kecil? apa itu masalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sebaiknya jangan pake dental floss dulu kl gusi suka berdarah gitu ya Mas... lanjut ke drg deh hihi...

      Hapus
  2. Gigi dan gusi memang harus dirawat sebelum terlambat dan sakit gigi datang mendera..oh rasanya sungguh menyiksa ya Mbak Mia
    Sementara untuk gigi sensitif memang paling pas jika menggunakan pasta gigi yang sesuai seperti Pepsodent Sensitive Expert Enamel Care

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener Mba Dian... khusus pasta gigi sensitif yaa Pepsodent Sensitive Expert Enamel Care ini

      Hapus
  3. bener bnget mbak kesehatan gusi dan gigi hrs diperhatikan banget kalo engga aduhhh ambyar deh semua kegiatan udah pernah ngalami dan ga bisa ngapa2in..tersiksa bngt huhu

    BalasHapus
  4. Pengalaman pribadi, ketika saya lulus pekerjaan, salah satu persyaratan selanjutnya adalah harus menjalani serangkaian tes kesehatan. Ketika pemeriksaan mata, THT, paru, dll, aman. Namun terkendala pada gigi. Beberapa gigi akhirnya mesti dicabut. Abai pada kesehatan gigi dan gusi akibatnya mungkin bukan sekarang, tapi besok atau lusa.

    BalasHapus
  5. Saya dulu salah kaprah, Mbak. Saya gosok gigi pas mandi, dan menjelang tidur. ternyata sehabis makan dan menjelang tidur. Saya juga menghindari makanan yang sangat asam, karena gigi saya suka ngilu. Termasuk tidka makan bakso panas, dan minum es teh hehehe. Tapi saya belum pernah coba benang gigi, Mbak. Saya kira benang gigi hanya dipakai untuk orang yang pakai behel atau kawat gigi. ternyata bisa dipakai untuk penggunaan biasa.

    BalasHapus
  6. Kl gigi n gusi dah sakit, walah semua pun jd gak enak. Panas dingin dan makan jd ga enak, bawaannya emosi hahaha
    Tq rekomendasinya yaaa

    BalasHapus
  7. MENYIKAT GIGI saya rasa itu cara yang paling direkomendasikan, gak salah mbak kasi urutan pertama.

    Ini sesuai anjuran dokter juga, saya pernah ada pengalaman tentang itu.

    Sampai sekarang tiap selesai makan saya langsung gosok gigi, trauma dgn sakit gigi mbak.

    Saya yakin, sakit gigi gk balik lagi bila tetap merawat gigi dengan mengikuti cara-cara yang mbak ulas

    BalasHapus
  8. Aku belum pernah nyoba dental floss kak Mia.. hihi

    Eh siwak mungkin bisa dimasukkan kali ya kak untuk merawat gigi juga. Tapi mungkin agak ribet ya kak..

    BalasHapus
  9. bener banget klo gusi dan gigi udah sakit rasanya mau kiamat heuheu emang wajib diperhatikan ya mbak kecesihan gusi dan gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya ya kak.. soalnya suamiku kalo udah sakit gigi...heboh sekampung.

      Hapus
  10. Merawat gigi dan gusi memang penting mba, karena kalau malas membersihkan gigi bukan sakit gigi aja yang menghampiri tapi bisa berlubang.

    Kalau telaten merawat gigi,timbal baliknya ke kita juga bagus. Selain gigi bersih tapi juga bebas dari kuman penyebab masalah gigi

    BalasHapus
  11. Pokoknya rajinrajin dan perhatikan betul deh urusan kesehatan gigi dan gusi ini. Karena kalau udah sakit tuh (pengalaman), bakal sakit sesakitsakitnya. Huhuhu. Pas tuh lagi lebih baik sakit hati, dari pada sakit gigi ini~ (eh lagunya gitu ya? wkwkwk)

    BalasHapus
  12. Bener banget, giliran udah sakit gigi bawannya pasti gaenak banget. Apalagi sekarang aku lagi berjuang buat sembuhin gusi berdarah. Tiap pagi ini mulut rasanya gaenak, gara gara gusi yang berdarah tiap pagi

    BalasHapus
  13. Aku banget nih. Gigiku super sensitif. Aku gabisa gigit es krim haha. Cuma bisa ngemutin aja ituu. Padahal udah coba pakai pasta gigi khusus gigi sensitif. Tinggal ikhtiarnya ke dokter gigi aja nih yang belum. Takut mau kesana 😆😆😆

    BalasHapus
  14. Usiaku yang menginjak 34 baru merasakan sakit gigi. Sakit banget. dikurangi nikmat sehatnya. Duh, kemarin baru sakit gigi. Menyiksa. Rada menyesal selama ini kurang care dengan gigi. Kalu sudah sakit ada solusinya kah kak, selain harus cabut gigi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya kak, kemarin itu dikasih obat juga antibiotik dan obat sakit gigi 3 macam warna. Membantu sih, tapi suka kumat lagi kalau minum teh, kopi atau yang manis lainnya.

      Hapus
  15. saya gosok.gigi biasa aja kak.jarang ke dokter gigi. gak pernah malah. jadi ketahuan ya kalau gak bisa merawat gigi. hiks

    BalasHapus
  16. Pastinya kalo saya adalah untuk mengurangi rasa sakit saaat gigi berlubang, skrg gigi saya berlubang dan harus di cabut dan butuh biaya lagi jika ke dokter praktek gigi

    BalasHapus
  17. Saya waktu kecil dibilangin kalau artis di TV giginya putih dan bagus karena rajin gosok gigi. Sekarang saya tahu kalau mau gigi putih para artis oake veneer.

    BalasHapus
  18. Selama ini hanya terbiasa gosok gigi. Kadang kek rada males mo coba benang gigi dan kayu manis buat bersihin. Hehe

    BalasHapus
  19. pemilihan pasta gigi memang berpengaruh. kalo saya pernah pake pasta gigi merk C*** gigi seperti rapuh. rasanya gigi gerak semua dari gusinya. kayaknya memang gigi dan gusi memang sensitif dan cocok-cocokan

    BalasHapus
  20. Baru tau nih ternyata gusi juga sama perawatannya seperti gigi, dan aku tuh sering ngerasain ngilu bagian gusi. Akan aku lakuin deh tips perawatan dari artikel ini.

    BalasHapus
  21. Loo sama pasta giginya pepsodent sensitive expert enamel 🤣 Pass banget samanya.. Setuju banget sama penjelasan Mba.. Cuma aku sedih akhirnya gigi aku lubang juga karena jaman hamil anak pertama selalu tumpah setelah gosok gigi.. Asam lambung bikin gigi rusak aku g tau 😭. Mestinya buruan kumur kumur pakai obat kumur ya pas itu.

    BalasHapus
  22. kalo untuk diriku agar tetap percaya diri untuk merawat gigi. Yang paling gak suka dan saya gak percaya diri yaitu kalo udah makan malah ada yg nyangkut

    BalasHapus
  23. Aku bersihin gigi jika ada yang nyangkut yg gak bisa kejangkau pakai sikat gigi, aku bersihin pakai jarum pentul kak. Gak pakai benang. Bahaya gak sih klo pakai jarum?

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel