Tips Menabung Yang Mudah Dilakukan

Tips Menabung Yang Mudah Dilakukan - Gaji rasanya cuma numpang lewat? Kayaknya baru kemarin gajian uang kok sudah habis aja? Pernah merasakan yang seperti ini, akrab di kehidupan kita sehari-hari, bukan? Meskipun gaji sudah besar kebutuhan pun ikutan bertambah besar, akhirnya ya kejar-kejaran terus.

Jangan patah semangat dulu, masih ada hari esok, masih ada kesempatan untuk membenahi  keuangan Anda, salah satunya dengan menyimak tips menabung yang mudah dilakukan di bawah ini.

Sebelumnya kita cari tahu dahulu. mengapa orang relatif sulit menyisihkan uangnya untuk menabung. Jika sudah mengetahui selanjutnya akan mudah untuk menerapkan tips menabung.

Tips Menabung bagi si boros
Istockphoto

Tidak memiliki tujuan dalam menabung

Saat menerima gaji Anda tidak berpikir dua kali untuk membelanjakan uang. Beli ini beli itu, transfer ke sana transfer ke sini, sampai akhirnya gaji habis sebelum waktunya. Mestinya miliki tujuan dalam menabung. Kapan akan punya rumah sendiri, kapan mengendarai mobil hasil jerih payah sendiri, jalan-jalan bersama keluarga tanpa utang, atau ingin membuka usaha dengan modal sendiri.

Semuanya perlu dipikirkan dan tentunya tidak bisa dicapai dengan instan. Ada proses, ada waktu untuk meraihnya. Maka jangan pernah menyerah dengan keadaan yang ada, tetap miliki tujuan agar fokus dalam merealisasi impian.

Terlalu sering menggunakan kartu kredit

Bagi Anda yang sulit menahan keinginan untuk tidak berbelanja barang yang up to date dulu, sebaiknya belajar menahan diri. Karena terlalu sering menggesekkan kartu kredit tanpa perhitungan, ujung-ujungnya akan merugikan diri sendiri. Niat hati ingin menabung, apa daya malah tagihan kartu kredit bertambah terus.

Bukan kartu kreditnya yang salah ya, tetapi sikap Anda dalam berbelanja yang perlu dibenahi terlebih dahulu. Karena banyak juga kemudahan dan fasilitas yang diperoleh dari kartu kredit.

Terlilit utang dalam jumlah besar

Anda akan sulit menabung jika masih ada utang yang wajib diselesaikan. Antara mengisi tabungan untuk masa depan dengan membayar utang, tentunya lebih diutamakan membayar utang terlebih dahulu. Jika nominal utang lebih besar sepertinya akan sulit memulai kebiasaan yang baik untuk menabung.

Tidak bisa membedakan keinginan dan kebutuhan

Jika muncul hasrat ingin membeli sesuatu sebaiknya ditanyakan dulu ke diri sendiri, "Barang ini memang perlu saya beli tidak ya", jangan-jangan ingin memiliki barang baru tersebut hanya karena gengsi, ikut-ikutan teman atau diskon besar-besaran.

Jangan mudah tergoda membeli barang hanya karena keinginan, tetapi benar-benar dipertimbangkan kebutuhannya. Sekalipun gaji naik sampai dua kali lipat, tidak akan mampu membiayai keinginan yang cenderung tidak ada batasannya.

Besarnya biaya bersosialisasi

Terkadang di tengah-tengah interaksi dengan rekan-rekan kantor ada kebiasaan minum kopi bareng sepulang bekerja, gantian menraktir atau ikut berbagai macam arisan. Pengeluaran untuk pos bersosialiasi ini sangat rentan menyurutkan semangat menabung.

Maka tetap harus realistis untuk mengikuti kegiatan yang melibatkan uang Anda dalam setiap aktivitasnya. Sekiranya tidak penting sekali untuk dihadiri sebaiknya di rumah saja.

Memenuhi kebutuhan pokok

Ada kalanya setelah dicermati, kondisi keuangan seseorang memang tidak memungkinkannya untuk menabung. Bukan karena ia boros, atau salah kelola uang namun karena gaji hanya cukup untuk menutupi kebutuhan pokok. Sehingga sulit untuk menyisihkan uang untuk tabungan.

Pixabay

Tips menabung yang mudah dilakukan:

Maka dari beberapa penyebab sulit menabung di atas, tentunya Anda bisa mempersiapkan diri agar jauh dari kondisi-kondisi di atas. Sehingga komitmen menabung dapat dilakukan dengan sungguh-sungguh. Berikut 7 tips menabung yang mudah dilakukan dari PFI Mega Life di bawah ini:

  1. Hitung total penghasilan dan pengeluaran Anda setiap bulannya. Dengan menghitung keseluruhan uang masuk dan keluar, Anda sudah memperoleh data posisi keuangan Anda secara persis. Sehingga bisa membuat keputusan akan menabung seberapa banyak dari data tersebut.
  2. Pisahkan rekening tabungan. Buatlah dua rekening bank, satu untuk payroll gaji dan yang satunya khusus untuk tabungan. Kondisikan agar rekening yang untuk tabungan sulit untuk diutak-atik, maksudnya gampang diambil, dicairkan dan sebagainya. Sebab jika tak mampu mengelola keinginan membeli barang, dikhawatirkan tabungan Anda berkurang terus setiap harinya dan tujuan menabung menjadi sekadar mimpi kosong saja.
  3. Buat tujuan menabung dengan tegas. Tuliskan apa saja tujuan Anda dalam menabung. Membangun rumah, membeli mobil, naik haji, menyekolahkan anak hingga ke luar negeri, buka usaha sendiri dan lain-lain. Jika menuliskan tujuan dengan jelas dan sering membacanya, otak bawah sadar Anda akan menyimpannya dan Anda pun akan lebih bersemangat dalam menyisihkan uang untuk tabungan.
  4. Membuat anggaran keuangan bulanan. Jika Anda sudah terlatih mencatat pemasukan dan seluruh pengeluaran dengan baik, maka lanjutkan. Karena hal ini merupakan kebiasaan yang baik sekali. Bisa mengendalikan dari keinginan membeli barang yang tidak diperlukan untuk mengamankan tabungan.
  5. Hanya membeli yang dibutuhkan saja. Sebagaimana yang dituliskan sebelumnya, belanja dengan emosional akan merugikan diri Anda sendiri. Rasionallah dalam mengalokasikan uang. Lihat dulu barang-barang yang mengelilingi Anda di rumah, perlukah menambah barang baru yang belum tentu dibutuhkan saat ini?
  6. Menambah penghasilan. Berhemat sudah, berbelanja sesuai kebutuhan juga sudah, jika ternyata masih kurang untuk menabung, sebaiknya Anda menambah penghasilan. Di era perkembangan teknologi informasi yang pesat seperti sekarang ini banyak sekali cara untuk Anda yang mau terus menerus belajar, untuk menambah pundi-pundi tabungan. Salah satunya dengan berinvestasi. Investasi adalah cara cerdas untuk menambah penghasilan tanpa harus bekerja keras. Jika sudah mendapatkan investasi yang sesuai, maka Anda akan menikmati passive income.
  7. Memiliki asuransi. Anda perlu melindungi kekayaan yang sudah diperoleh dengan susah payah selama ini dengan memiliki asuransi kesehatan. Bayangkan jika harta Anda sedikit demi sedikit habis untuk membiayai rawat inap yang jumlahnya tidak sedikit. Atau mendanai operasi yang tentunya bisa menelan besaran uang yang cukup besar.
PFI Mega Life membantu Anda yang membutuhkan perlindungan asuransi dengan biaya premi terjangkau. Premi bulanan mulai dari Rp. 53.000 dan Anda bisa mendapatkan perlindungan asuransi dengan santuan rawat inap sebesat Rp. 250.000 atau Rp. 500.000 untuk rawat inap ICU/ICUU.

Selain itu asuransi kesehatan PFI Mega Life juga menawarkan manfaat santunan meninggal dunia mulai dari Rp. 1.000.000. Anda bisa mendapatkan no claim bonus sebesar 50% setiap 3 tahun.

Demikian tips menabung yang mudah dilakukan, gimana ada tambahan tips lainnya tidak dari teman-teman pembaca. Saya tunggu ya... terima kasih.


Salam,

Referensi:

https://www.simulasikredit.com/apa-penyebab-susah-menabung/

https://www.pfimegalife.co.id/literasi-keuangan/finansial/read/kamu-boros-begini-7-tips-menabung-uang-yang-mudah-dilakukan







Berlangganan update artikel terbaru via email:

15 Responses to "Tips Menabung Yang Mudah Dilakukan"

  1. Tips menabung yang lengkap Mbak Mia. Terima kasih sudah diingatkan.
    Saya sudah menerapkan beberapa, seperti memisahkan rekening tabungan. Karena kalau jadi satu bablas aja uangnya hiks. Kalau terpisah jadi tahu yang mana uang tabungan mana uang bulanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi sama Mbak, kadang kl udah ngonline shopping sehari bs bolak-balik gangguin mbanking

      Delete
  2. Kami dari awal berkomitmen sebisa mungkin tidak ada hutan, kecuali benar-benar urgent. Makanya menghindari yang namanya kartu kredit, padahal udah sering banget marketing bank datang ke kantor suami dan nawari bikin KK. tapi tetap BIG NO! hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes Di... kk aja udah ga pake kartu kredit lg, menghemat banyak hehe

      Delete
  3. Membeli yg dibutuhkan ini susye susye gampil ya. .
    Kadang gak butuh butuh amat eh dibeli jugak.

    ReplyDelete
  4. Tipsnya mantul banget kak, intinya pos untuk tabungan harus tetap ada ya? Btw, biaya bersosialisasi ini kadang gak nahan kata kawanku biar miskin asal kelihatan kaya dan gaul. hihihi

    ReplyDelete
  5. betul untuk menabung hrs ada triknya..yg penting jng bnyk hutang sih ya.. auto hbs uang yg ada buat byr cicilan ga sempet nabung deh hihi..tipsnya ku contek ya mba.. mksh sblmnya

    ReplyDelete
  6. Bener banget mba Mia..kadang aku suka bingung kalau beli barang. Dalam hati bertanya, ini beneran aku butuh atau cuma sekadar ingin memiliki aja. Pandemi ini juga memberi hikmah utk menahan godaan untuk membeli barang2 yg.tidak perlu

    ReplyDelete
  7. Kalau saya sih, hampir sama. Apalagi memisahkan tabungan. Jadi ada rekening khusus tabungan, emergency dan kebutuhan bulanan. Semua dibedain.

    ReplyDelete
  8. Tipsnya mudah dilakukan, komitmennya ini yang sulit. Hehehehe tapi baca tulisan ini bikin saya ingat, bulan ini belum menyisihkan uang buat nabung. Cuss deh. Makasih mba remindernya

    ReplyDelete
  9. Bagian "tidak bisa membedakan keinginan atau kebutuhan" ini tuh saya banget. Huhuhu. Apa aja yang pengen dibeli, selama ada uangnya, ya dibeli. Padahal kadang gak butuhbutuh amat.

    ReplyDelete
  10. Buat rekening terpisah ya, wah baru kepikiran. Selama ini emak hanya punya rekening gado-gado, tabungan dan transferan. Hemmm, bisa dicoba ini keknya. Terima kasih ya, mencerahkan artikelnya

    ReplyDelete
  11. Betul yang seringkali menghalangi menabung adalahTak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Apalagi kalau sudah melihat promo hehe....

    ReplyDelete
  12. menambah penghasilan kayaknya hal penting yang harus aku lakukan deh. sama ngga boleh jajan terus hihi

    ReplyDelete
  13. lagi berusaha menabung juga sesuai kemampuan dan berusaha juga untuk mematuhi pos pos yang sudah ditentukan
    memang kadang godaan konsumtif ada aja munculnya, apalagi kalau temen yang suka ngeracun, jadi kudu kuat iman

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel