Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Penyebab ujung rambut bercabang

Artikel ini berisikan tentang cara mengatasi rambut bercabang. Rambut bercabang terjadi ketika ujung rambut menjadi kering, rapuh dan kusam sehingga terbelah menjadi dua bagian atau lebih. 

Hal ini biasanya disebabkan karena paparan sinar matahari, aplikasi zat-zat kimia pada rambut yang berlebihan (styling), atau bisa juga karena ketidakcocokan pada penggunaan produk perawatan rambut tertentu.

menghilangkan ujung rambut bercabang
Good Doctor co id

Adapun penyebab ujung rambut bercabang antara lain sebagai berikut:
  1. Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan, polusi dan radikal bebas. Sebagian besar pembentuk rambut adalah protein yang disebut keratin. Terlalu sering berada di bawah sinar matahari langsung membuat rambut kekurangan keratin, terlebih pada ujung helai rambut. Mengakibatkan rambut jadi mudah patah, ujungnya pun jadi rentan bercabang.
  2. Penggunaan gunting yang tumpul. Pada saat proses pemangkasan rambut, gunting yang dipakai untuk memotong rambut adalah gunting yang tidak tajam, alhasil bukannya gaya rambut idaman yang didapat, malah ujung rambut bercabang.
  3. Menyisir dengan sisir yang terlalu rapat. Cara menyisir yang salah dan berlebihan, menggunakan sisir yang terlalu rapat pula bisa menyebabkan rambut bercabang.
  4. Sering menggunakan cat rambut.
  5. Penerapan suhu tinggi saat mencatok rambut.
  6. Kerap mengeringkan rambut dengan hair dryer.

Cara mengatasi rambut bercabang

1. Gunakan serangkaian perawatan yang dirancang untuk memperbaiki dan melindungi rambut

Biasanya kalau mengalami kondisi ujung rambut bercabang, jalan pintas yang ditempuh adalah memotong ujung rambut. 

Namun jangan salah, jika rambut tidak dirawat secara tepat, bukan tak mungkin bekas ujung rambut yang telah dipotong, malah kembali bercabang. 

Untuk itu diperlukan Dove Total Damage Treatment Shampoo untuk mengembalikan keratin rambut yang rusak tanpa harus memotongnya. 
Dove total damage treatment shampoo
Dove Total Damage Treatment Shampoo

2. Gunakan sisir bergigi jarang

Rambut sama saja dengan kulit wajah dan tubuh, yang harus diperlakukan dengan lembut dalam perawatannya. Saat menyisir rambut gunakan sisir yang bergigi jarang agar rambut lebih mudah diatur dan tampak lebih lembut.

3. Masker rambut beberapa kali dalam seminggu

Perawatan masker rambut bersifat jangka panjang dan tentunya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan rambut. Memperkuat rambut hingga ke akarnya, memperbaiki rambut yang rusak, dan mendorong pertumbuhan rambut agar lebih tebal. Rambut juga ingin dimanja lho, salah satunya dengan masker rambut.

4. Gunakan serum rambut

Serum rambut juga memiliki banyak faedah jika ingin rambut sehat, indah dan terawat. Serum menutrisi dan melembapkan rambut yang rusak, serta meminimalisasi kerusakan rambut yang disebabkan oleh hair styling tool seperti catok. 

5. Beri perhatian lebih pada rambut

Setelah melakukan serangkaian perawatan rambut, jangan lupa untuk selalu memberikan perhatian khusus pada rambut. Selesai keramas, keringkan rambut dengan handuk, menepuk-nepuknya secara perlahan, sebaiknya tidak menyisir rambut dalam keadaan basah karena akan menyebabkan ujung rambut patah dan rusak.


Kesimpulan

Rambut adalah salah satu mahkota perempuan yang harus dijaga sebaik-baiknya. Sebagai rasa syukur kita kepada Tuhan YME atas anugerah rambut yang sehat sehingga semestinya selalu dijaga dengan telaten. 

Ada kalanya karena paparan sinar UV, penggunaan zat-zat kimia dan alat styling rambut yang berlebihan, menyebabkan ujung rambut menjadi bercabang.

Cara mengatasi rambut bercabang, dengan menggunakan serangkaian perawatan yang dirancang untuk memperbaiki dan melindungi rambut dari kondisi bercabang. Seperti yang terdapat dalam Dove Total Damage Treatment Shampoo.


Referensi:

https://www.dove.com/id/stories/tips-and-how-to/hair-care-tips-advice/how-to-prevent-split-ends.html

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190710105821-277-410798/penyebab-rambut-kering-bercabang-dan-cara-mengatasinya

https://journal.sociolla.com/beauty/pentingnya-penggunaan-serum-dan-masker-rambut

Salam, 

 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

27 Komentar untuk "Cara Mengatasi Rambut Bercabang"

  1. emang sebel banget kalo liat rambut bercabang yaaaaa.. Biasanya aku potong aja udah. Huhu. Nanti mau cobain dove varian ini deh. Makasi infonya ya maaaaak

    BalasHapus
  2. Faktor rambut bercabang, beda-beda ya, ada yg karena kering hingga karena pewarna rambut. Aku juga pakai sisir yg giginya jarang2, plus perawatan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak,, kl pake sisir yang jarang-jarang nyisirnya rambut jadi lebih jatuh dan lembut ya

      Hapus
  3. Banyak faktor penyebab rambut bercabang ya, Mbak Mia. Dan salah satunya sinar ultra violet. Sinar UV ini memang sangat dahsyat, termasuk menyebabkan juga kerusakan kulit. Makanya rambut harus perawatan, Nah, di rumah saya juga pakai sampo Dove, Mbak. Tapi yang hijau.

    BalasHapus
  4. Beuuhh emanh ya kesel banget kalau rambut bermasalah. Apalagi kalau bercabang kesannya kita tuh ga merawat diri banget huhu

    BalasHapus
  5. penting banget buat rambutnya yang kering kayak aku. :))
    kalau aku biasanya selain pakai shampoo conditioner dan segambreng perawatannya, juga rajin motong (sendiri) ujung rambut yang super kering agar tidak melebar :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, apalagi kalau menggunakan serangkaian perawatan yang khusus buat rambut bercabang ya, insyaallah cepet bagus lagi rambutnya ya

      Hapus
  6. saudara saya sempat juga pakai dove ini, rambutnya yang bercabang dan memerah patah-patah pakai ini jadi lembut banget pakai shampoo ini dan berkurang rambut bercabangnya, bagus memang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Mbak, karena ada formula khususnya kali ya, mengembalikan keratin rambut yang sudah rusak

      Hapus
  7. Kalo dove mah emang spesialis melembabkan kayanya, dr kulit sampe rambut, dan emang work siy untuk kulitku.klo shampoo siy belom pernah coba karena rambutku gak bercabang

    BalasHapus
  8. Dulu pas sering pake hair dryer gini nih, rambutku banyak banget yang bercabang ujungnya. Alhamdulillah dengan perawatan dan mengurangi intensitas penggunaan dryer, sekarang udah enggak lagi.

    BalasHapus
  9. rambutku juga tipe rambut yang bercabang huhuhu, makanya sering banget potong rambut dengan rutin biar ga semakin parah hehehhe,

    BalasHapus
  10. Zaman single dulu rambutku pernah bercabang. Kayaknya karena sering di hairdyer gitu. Jadi tiap habis keramas buru2 dikeringin karena harus pakai jilbab. Sekarang alhamdulillah udah ga bercabang lagi

    BalasHapus
  11. Dove terkenal dari dulu merawat rambut bercabang ya. Inget banget punya temen ujung rambutnya bercabang gitu, rusak bisa dibelah dua gitu cabangnya

    BalasHapus
  12. Rambut bercabang ternyata mudah jg diatasi ya dengan dove ini. Jadi momok nih bagi kaum hawa kl terus2an

    BalasHapus
  13. Waktu belum pakai jilbab sih lumayan sering tuh rambut bercabang. Sekarang lebih aman :) Paling kalo keseringan mewarnai rambut aja. Tapi itu pun masih bisa diantisipasi dengan shampo, conditioner, dan vitamin rambut :)

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah rambutku gak bercabang tapi emang palong juara nih shampo dove udahannya lembut Kalo abis shampoan pake ini.

    BalasHapus
  15. Kalau dulu temanku bisa rambutnya bercabang karena dia sering mengeringkan rambut dengan handuk dengan cara digosok-gosok gitu.

    BalasHapus
  16. Dulu sih aku berczbang waktu rambut agak panjang dan Alhamdulillah sekarang ga bercabang kak tapi gampang lepek gitu dan gatel kalau telat keramas huhu.

    BalasHapus
  17. Dulu waktu kecil rambutku bercabang, ternyata karena sering main panas-panasan.

    BalasHapus
  18. Dulu pernah pake sampo dove wanginya enak tapi sekarang pake sabun dove nya aja hehehe

    BalasHapus
  19. Rambut bercabang bikin bingung. Iya pastinya rambut adalah mahkota. Pengen merawat nya dengan baik. Aku pernah ngalamin rambut bercabang. Pusing pakai ini itu .Sekarang ada Dove yah. Rekomen nih. Terimakasih kak :)

    BalasHapus
  20. Rambut bercabang selain bikin tampilan rambut jelek..jadi penanda juga ya kalo rambut kita sedang ada masalah...Pake shampoo yang tepat emang perlu banget sih...kalo aku biasanya aku potong dulu...hehe

    BalasHapus
  21. Dove ini wangi banget. Serum rambut ternyata bermanfaat banget mengurangi kerontokan ya.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel