Belajar SEO On Page

Belajar SEO On Page

Mengapa penting belajar SEO On Page?

Bulan ini saya mendapatkan kesempatan emas belajar SEO On Page dari kelasnya Mas Irwin dan Mas Pewe, para praktisi SEO. Kelas ini bertujuan mulia, yaitu meningkatkan standar bloger di Indonesia sehingga derajat para bloger yang identik dengan rate recehan, bisa naik kelas.

Seiring dengan naiknya kriteria dari agensi atau perusahaan yang mencari para bloger untuk kebutuhan kampanye produk dan sebagainya, bloger semakin dituntut untuk melejitkan pula traffic ke blog masing-masing. 

Kelas-SEO-on-page
Parameter SEO on Page / Jagoan Hosting
Sebelumnya, para pihak pemberi job itu hanya tahu kalau bloger cuma sebagai penjual backlink saja. Maka dari itu penting mempelajari SEO baik On Page maupun SEO Off Page sehingga tulisan-tulisan yang diposting di blog mendapatkan rangking terbaik di mata mesin pencari, dalam hal ini Google. 

By the way, saya sempat berpikir, Korea Selatan punya Naver, Tiongkok memiliki Baidu, mesin pencari aseli Indonesia apa ya? Berdoa dan mendukung terus anak Indonesia bisa membuat dan mempopulerkan mesin pencarinya sendiri, dan berharap pula kalau bisa kelak putra saya menjadi bagian dari hebatnya mesin pencari buatan Indonesia. Amin. (Dasar emak-emak, bawaannya mau doain anak terus yes)

Search Engine Optimatization (SEO) adalah cara mendapatkan traffic jangka panjang namun butuh waktu yang tidak sebentar. Berbeda dengan Search Engine Marketing (SEM) yang tidak butuh waktu lama namun memerlukan dana untuk itu.

SEO dibagi menjadi tiga yaitu:

  1. White, murni, tidak dicampur dengan cara tipu-tipu algoritma
  2. Black, cara cepat mencapai page one tetapi cepat terhempas juga. Tidak hanya postingan artikel saja yang lenyap, bahkan seluruh artikel bisa hilang kalau ketahuan Google.
  3. Grey, gabungan antara white dan black

Belajar SEO on Page, kita harus memperbaharui informasi tentang algoritma yang ada di Google. Ada banyak algoritma namun untuk pemula dibahas sebagian saja. 

Belajar SEO On Page, belajar apa saja?

Kelas yang berjalan selama dua minggu ini mempelajari hal-hal penting sebagai berikut: 

1. Google Analytic

Menurut Wikipedia, Google Analytic (GA) adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Melalui GA kita dapat menelusuri data mengenai pengunjung blog berdasarkan informasi halaman sebelum sampai ke halaman blog kita. 

Bisa dari mesin pencari, iklan, jaringan pay per click, email marketing, hingga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF pun bisa. Setidaknya ada empat jenis data GA yang perlu diketahui seorang bloger. Realtime, demografi pengunjung, jumlah trafik dan perilaku pengunjung. 

2. Google Search Console

Google Search Console (GSC) sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools adalah platform gratis bagi para pemilik website untuk memonitor bagaimana kinerja website di ranah organik Google. 
 
GSC memungkinkan kita mengetahui kinerja blog, total jumlah klik, domain yang memberikan link ke website (reffering domain), hingga menganalisis halaman website dengan trafik tertinggi.  

GSC berfungsi untuk melihat kinerja blog dari sisi SEO, melihat cakupan halaman yang terindeks di Google, melihat hal-hal yang perlu disempurnakan dari sebuah website dan untuk menginspeksi url.
 

3. Keyword Research

Keyword Research (KW) adalah suatu riset yang dapat dilakukan sebagai strategi SEO atau optimasi bagi mesin pencari. KW ini adalah senjatanya bloger agar tidak mengemis trafik. Fyi, ikutan blogwalking dikatakan meminta-minta pengunjung, lho. Hikss. Mana rekan bloger yang BW cuma baca judulnya doang lagi, trus bikin kalimat deh, alhasil bounce rate jadi membumbung tinggi.
 
Sebelum menulis pastikan melalukan KW terlebih dahulu agar semakin banyak trafik yang masuk. Ada dua macam KW berdasarkan jumlah kata, yaitu Short KW dan Long KW. 

Short KW adalah kata kunci yang lebih atau sama dengan 4 kata, contoh: jual kamus, terjemahan online, program BLT. 

Long KW adalah kata kunci yang lebih atau sama dengan 4 kata, contoh: jual kamus Oxford di Jakarta, terjemahan online bergaransi, program bantuan hibah dana BLT produktif bagi UMKM. 

4. Parameter SEO on Page

Sebenarnya parameter setiap blog itu berbeda-beda, namun parameter ini dibuat berdasarkan pengalaman praktisi SEO yang sudah sering diterapkan.
  1. Ada KW di judul dan panjang meta judul 55 karakter
  2. Judul sebaiknya di awal
  3. Ada KW di permalink dan panjang permalink maksimal 75 karakter
  4. Ada KW di deskripsi dan maksimal 155 karakter
  5. Ada KW di 150 karakter paragraf pertama
  6. KW tidak perlu di-bold, italic dan underline
  7. Selalu ada kesimpulan yang disisipi KW
  8. Jumlah kata lebih banyak dari kompetitor
  9. Paragraf tidak perlu panjang
  10. Ada H1, H2, dan H3 secara berurutan
  11. Letakkan KW di H2 dan H3
  12. KW di nama image memakai tanda strip (-)
  13. Title dan Alt Image/Video
  14. Internal link dari dan ke artikel sejenis
  15. Gunakan LSI (Latent Semantic Index) KW 
  16. Bagikan link di media sosial (Facebook, Twitter, dan lain-lain) - (SEO Off Page)
  17. Inspeksi url di GSC

5. Web Audit

Kalau blognya mau hebat di mata Google, penting melakukan web audit ini. Website audit adalah sebuah pemeriksaan secara sistematis dari apa-apa yang kita lakukan pada web tersebut. Misalnya ada masalah kesehatan atau kesalahan, atau ada yang perlu ditingkatkan, dan lain-lain.

Faktor apa saja yang dilihat saat audit web? Aspek desain (tema, web builder, plugin), aspek konten (optimasi dari konten yang dimiliki), aspek halaman (optimasi struktur skema), aspek manfaat (speed web, niche), aspek tujuan/targat marketing (niche, landing page, business) dan aspek keamanan (security, avoid plagiarisme, adding CDN)

6. Optimasi Blog

Materi terakhir ini adalah ilmu daging yang tidak diberikan di kelas lain. Tidak sembarangan orang mengetahuinya. Rumornya, indikator dari Off-Page ini signifikan mengangkat nilai DA dan DR. Seo off Page adalah langkah optimasi yang dilakukan di luar konten atau website. Kalau on page hanya berkutat pada faktor-faktor internal website, ini kebalikannya. Optimasi blog dari faktor-faktor eksternal.

Kesan mengikuti kelas

Saya berharap banyak dengan mengikuti kelas belajar SEO On Page ini. Namun semuanya kembali pada keseriusan peserta dalam membenahi blognya dari dalam. 

Materi se-cetar apapun jika tidak ada kemauan keras dari si bloger untuk belajar sendiri, maka akan percuma. Tujuan belajar untuk memperoleh kesadaran, kan. Sadar bahwa jika hanya duduk-diam maka tidak akan mendapatkan apa-apa.

Saya pribadi saat rasanya jawaban yang diberikan "nyambung" dengan pemahaman saya maka akan bersemangat dan auto-ngoprek blog sedikit-sedikit. Dengan niat nanti akan saya luangkan waktu lebih banyak lagi untuk utak-atik daleman blog. 

Sebelum ikut kelas, DA/PA saya 10/32, setelah mengikuti kelas, meningkat menjadi 12/33. Yah, lumayanlah meski belum meroket seperti postingan teman-teman yang heboh itu, hahaha. Lagian saya serius ngeblog juga baru setahun, mulai dari DA 4, lama di 6, lalu sekarang 12. 

Oya, uniknya sebagian teman-teman yang sudah ikutan di kelas (gratis) sebelumnya, ada yang ikut lagi lho di kelas ini. Salut saya, sebegitunya ya antusiasme belajar SEO on Page ini, kasih applause dulu ah, prokprokprok. 

Semoga kedepannya saya semakin rajin lagi mengamalkan ilmu yang telah diberikan oleh para coach. Sehingga tidak cuma DA/PA atau DR yang naik, organic traffic, dan rate juga bisa nambah, hehe... aamiin.

Bagi teman-teman yang penafsiran eh penasaran dengan kelas ini, kuy ikutan dengan klik gambar di bawah, maka akan langsung terhubung dengan informasi mengikuti kelas. Don't miss it!

Belajar SEO sama Irwin dan Pewe

 

Selamat belajar terus... tetap semangat!

Salam,

 



Berlangganan update artikel terbaru via email:

25 Komentar untuk "Belajar SEO On Page"

  1. Saluutt kak...
    Naiknya DA cepet yaa...

    Abis ini kalau terus ditekuni, bisa makin melesat.
    Haturnuhun sudah berbagi ilmu.

    BalasHapus
  2. Menariknya ngeblog, kita jadi makin belajar banyak ya Mbak. Terima kasih sharing SEO-nya.

    BalasHapus
  3. Sampai saat ini aku tuh pakai keywprd buat nulis di blog masih dg feeling hihihihi :) Iya sih tau caranya tapi entahlah mungkin akunya malas wkwkwkw :) Keyword memang mesti bergentayangan di mana2 bahkan pada paragraf kesimpulan ya mbak. Kudu belajar lagi nih PR akuh. TFS :)

    BalasHapus
  4. Akhirnya ikut kelas juga ya kak..mantap..nanti ajarin yaa

    BalasHapus
  5. Saya pun pelan2 blajar SEO. Biar DA n trafik bgs hihi
    Makasih sharingnya ya 🙏😀

    BalasHapus
  6. Pas banget temanya tentang SEO :) baru nyoba beberapa sih yang sudah dijelaskan di ulasan ini, bantu banget buat ningkatin kualitas blog aku :) terimakasih

    BalasHapus
  7. Makasih infonya. Saya akhir2 ini menulis tanpa memperhatikan soal SEO. Saya menulis bebas aja mengekspresikan gagasan. Memang DA web sy dari dulu nggak naik2 hehe. .tapi alhamdulillah sih banyak artikel masuk page one. Entah kenapa pdhl DA cuma 7 sudah bertahun2. Hehe.. Sy agak ribet hrus memperhatikan seo on page hihi.. Tp ya mgkin suatu saat sy coba perhatikan..

    BalasHapus
  8. Baca artikel ini jadi makin semangat buat ngeblog. Meskipun masih pemula, tapi saya tidak berniat untuk jadi pemula terus. Wajib belajar dan berkembang. Hehe

    BalasHapus
  9. Aamiin... semoga putranya nanti bisa jadi salah satu pengembang mesin pencari asli Indonesia ya mbak.
    Wah DA nya udah naik 2 level, semoga makin naik terus ya mbak.
    Betul ilmu sebagus apapun, akan jadi percuma kalau nggak dipraktikkan

    BalasHapus
  10. Senangnya yg bisa bljr seo bareng sama coach yg handal..
    Blogger emang harus paham soal seo juga ya mbak

    BalasHapus
  11. Yeayy selamat yaa DAnya udah naik 2 level. Saya juga sedang belajar menerapkan SEO On Page nih mbak. Thanks sharingnya ya

    BalasHapus
  12. Selamat berjuang di kelasnya mas Irwin dan mas Pewe mbak. Hihi.. Saya ikut kelas gelombang sebelumnya, tiap malam ngelembur, tapi hasilnya langsung bisa dirasakan.

    BalasHapus
  13. Seketika ingat gambar yang pernah di share di salah satu grup blogger. Ada dinosaurus nyemplung ke sungai yang ada dinosaurus leher panjang itu loh.hehe awalnya ngeblog keliatan simple, tapi ternyata emang gak main-main. Kalau sudah terlanjur nyemplung begini kayaknya sayang kalau keluar. Buar ribet gppa, nanti juga biasa kan.

    BalasHapus
  14. Waahh terima kasih sharing ilmunya mbak.. harus lebih memperhatikan lagi masalahSEO nih. Kadang suka lupa apa aja yang harus dilakukan

    BalasHapus
  15. Keren, Mbak Mia, bisa naik 2 DA nya. Memang keren kelas ini ya ilmunya. Terus kita juga mesti rajin ngoprek blog, melakukan perbaikan sesuai ilmu itu..Hasilnya pasti akan ada nanti. Semoga makin melesat ya performa blognya:)

    BalasHapus
  16. Saya jadi penasaran pengen ikut kelasnya juga, banyak yang belum saya mengerti heuheu.. terima kasih atas infonya, Kakak.

    BalasHapus
  17. wah ternyata ada kelas mas pewe dan mas irwin membuat blog kita jadi bagus

    BalasHapus
  18. Saya termasuk yang gagal kak. karena tugasnya seabreg dan saya gak ada waktu. mungkin pelan pelan saja belajarnya dan sukses selalu buat yang berhasil.

    BalasHapus
  19. seru banget ya mak kalo ada kelas untuk belajar seo on page dan terlihat DA nya itu langsung melejit hihi, sukses terusss

    BalasHapus
  20. Bener banget mbak belajar SEO nih hra telaten dan berani ngoprek..klo sy mah banyk diemnya.. krna ga mudeng dan ga berani ngoprek ..sy mah faktor u jadi agar lola mikirnya hihi

    BalasHapus
  21. Pelan2 harus belajar SEO, biar gak ketinggalan DA. Terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  22. wah keren nih belajar seo on page, saya juga masih dalam tahap belajar ini. tapi kalo mau lebih paham emang enak ikut kelasnya, ya. makasih mba sharingnya.

    BalasHapus
  23. ikut kelas ini ada kenangan dan ilmunya, menyenangkan sekali pokoknya

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel