Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Literasi Digital

Mengapa Bahasa Inggris Penting dalam Digital Literacy?

Setidaknya terdapat 5 alasan mengenai mengapa anda perlu menguasai bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan literasi digital anda.

Lima alasan tersebut adalah:

1. Memperoleh informasi yang lebih banyak

Menguasai bahasa Inggris membuat Anda memperoleh informasi yang jauh lebih banyak daripada jika Anda hanya menggunakan bahasa Indonesia saja saat mencari sebuah informasi di internet. 

Meskipun pengguna internet di Indonesia telah mencapai 150 juta orang, namun tidak dapat dipungkiri bahwasanya pengguna bahasa Inggris lebih dari 10 kali lipat jumlah ini. Sehingga dengan menggunakan keyword berbahasa Inggris anda dapat menemukan berbagai informasi yang tidak akan anda temukan jika anda mencarinya dalam bahasa Indonesia seperti biaya kuliah di Swiss atau Prancis atau prasyarat menjadi volunteer di Perserikatan Bangsa Bangsa (United Nation). 

Tempat Kursus Bahasa Inggris Lister untuk meningkatkan literasi digital
Kursus Bahasa Inggris Lister

 

2. Bisa kroscek ke sumber aslinya yang berbahasa Inggris

Anda dapat memeriksa validitas informasi dari sebuah laman berbahasa Indonesia dengan kroscek ke sumber aslinya yang berbahasa Inggris. Beberapa waktu lalu penulis menemukan kekeliruan minor dalam penulisan prasyarat masuk ke sebuah kampus terkenal dari sebuah laman yang berbahasa Indonesia. 

Namun setelah penulis cek dari laman resmi kampus terkait terlihat bahwasanya informasi yang tertulis di laman berbahasa Indonesia tersebut salah. 

3. Mendapatkan informasi secara kredibel dan valid

Menguasai bahasa Inggris juga dapat membantu Anda mendapatkan informasi dari sumber asli atau sumber yang kredibel. Meskipun tidak semua laman yang berbahasa Inggris atau informasi yang berbahasa Inggris merupakan sumber yang kredibel dan valid, akan tetapi setidaknya Anda bisa mendapatkan sumber informasi resmi dari lembaga atau pihak yang ingin anda ketahui informasinya. Sehingga validitas informasi tersebut tidak perlu diragukan lagi. 

Contoh, ketika anda ingin mengetahui informasi terbaru mengenai live action Avatar the Legend of Aang. Jika anda menguasai bahasa Inggris (minimal intermediate), anda bisa mencari informasinya langsung ke twitter resmi Netflix atau website Netflix dan tidak perlu menunggu informasinya yang dalam bahasa Indonesia.

4.  Bisa mengantisipasi penyalahgunaan data pribadi

Anda bisa menghindari penyalahgunaan data diri anda di Internet jika anda memahami bahasa Inggris dengan pasif (minimal). Terms & Condition dalam berbagai aplikasi atau website di Internet hadir dalam bahasa Inggris dan belum ada versi bahasa Indonesianya. 

Walaupun seringkali anda malas untuk membaca bagian satu ini ketika anda membuat akun di sebuah website, alangkah lebih baik jika anda memaksakan diri untuk membaca kontrak tersebut. Sebab kontrak tersebut penting untuk Anda ketahui terutama menyangkut kerahasiaan data Anda dan hal hal apa saja yang harus Anda lakukan ketika data tersebut bocor tanpa sepengetahuan anda. 

Selain menyangkut kontrak dalam pembuatan sebuah akun, bahasa Inggris juga bermanfaat untuk menghindarkan Anda dari jebakan email spam atau peretasan akun (hacking). Informasi mengenai tata cara perlindungan akun dan data diri seperti ini juga seringkali masih hadir dalam bahasa Inggris. 

 5. Meningkatkan literasi digital

Menguasai bahasa Inggris dapat meningkatkan digital literacy Anda dengan cara memperluas jaringan koneksi ke seluruh dunia. Contohnya adalah ketika Anda membaca informasi di internet bahwasanya salah satu cara mencari pekerjaan adalah dengan membuat akun sosial media Linkedin. Karena anda baru tahu mengenai aplikasi yang satu ini Anda memutuskan untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai aplikasi ini. 

Aplikasi ini memang masih relatif kurang banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia, maka Anda hanya bisa menemukan laman berbahasa Inggris. Apabila Anda mengerti bahasa Inggris tentunya informasi dari laman tersebut akan sangat berguna untuk Anda. 

Yuk, tunggu apalagi, pastinya setelah menimbang-nimbang, akhirnya Anda memutuskan untuk mendaftar. Setelah Anda membuat akun di aplikasi tersebut Anda akan segera menemukan koneksi koneksi baru dari kalangan profesional di seluruh dunia. 

Satu lagi, anak-anak Anda juga bisa mendaftar lho, ada kelas bahasa Inggris juga untuk anak.

Kesimpulan

Bahasa Inggris memiliki peran yang sangat penting dalam literasi digital di zaman sekarang ini. Tempat kursus bahasa Inggris online yang baik seperti Lister amat sesuai bagi Anda dan siapa saja yang membutuhkan peningkatan dalam berbahasa Inggris.

 Salam, 

literasi digital by Lister

 




Berlangganan update artikel terbaru via email:

32 Komentar untuk "Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Literasi Digital"

  1. Dalam penulisan, literasi adalah bagian untuk memperkuat tulisan kita, tentunya literasi ilmiah saat ini kebanyakan bahasa inggris, jadi selain meningkatkan kemampuan menulis kita, tentunya kita juga meningkatkan kemampuan bahasa inggris kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener banget Mba Iffia, bahasa Inggris mestinya jadi bahasa kedua kita yaa

      Hapus
  2. Saya sendiri punya target setelah menyelesaikan kuliah satu semester lagi, mau ikut kursus bahasa Inggris. Apa lagi sekarang job ngeblog kalau bisa bahasa Inggris, bisa dibayar dollar. 😍😍😍

    BalasHapus
  3. Bisa lancar berbahasa Inggris emang banyak manfaatnya ya mbak, Tulis maupun lisan, sangat membantu banget dalam mencari pengetahuan maupun berkomunikasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyep benar banget Mbak Nanik... bs langsung ke pangkal literaturnya ya

      Hapus
  4. Apa kabar kemampuan bahasa Inggrisku yang dari hari ke hari makin kabur aja ini hiks. Setuju, bahasa Inggris punya peran penting untuk literasi digital yang akan menunjang banyak hal dalam kehidupan. Pas nih kalau saya kursus lagi di Lister

    BalasHapus
    Balasan
    1. Widiwww Mbak Dian sekeluarga mah pernah nyicipin tinggal di Amrik ya, paling tidak untuk berkomunikasi udah baguslah hehe

      Hapus
  5. Jadi ngerasa harus sering-sering baca tulisan yang bahasa Inggris lagi. Atau nonton film yang nggak ada teks nya. Penting banget bahasa Inggris ini biar kalo baca artikel dalam English, nggak salah mengartikan maksud kalimatnya.

    BalasHapus
  6. Kalau ditanya salah hal apa yang aku sesali waktu sekolah dulu adalah nggak serius belajar bahasa inggris. Akhirnya sampai sekarang aku nggak jago bahasa inggris Kak. Huhuhu sedih aku. Jadi aja aku ga berani ngajarin bahasa inggris k anak. Hiks

    BalasHapus
  7. Sejujurnya, mengapa saya selalu menghindari bahasa Inggris, soalnya kalau ngomong pake bahasa Inggris jadinya muncrat dan belepotan, mungkin karena nggak terbiasa ya? :D
    Kudu ikutan kursus bahasa Inggris nih :)

    BalasHapus
  8. Tidak bisa dinafikan memang bahasa Inggris harus dikuasai bila kita ingin maju di zaman digital ini ya kak.
    Dan dengan menguasai bahasa Inggris literasi kita semakin luas karena bisa mengecek naskah dari sumber asli.

    BalasHapus
  9. Wah menarik sekali ya kak, Aku juga suka sumber berbahasa Inngris. Terkadang lebih padat penjelasannya. Kalau tidak tahu, biasanya aku minta bantuan google translate. hahaha. Perlu diperdalam lagi ini Bahasa Inggrisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi kadang kita diuntungkan banget ya kak dengan kemajuan teknologi.. apa-apa jadi lebih mudah. Tapi tetep ya kak harus terus belajar..

      Hapus
  10. Mulai menata diri susun waktu buat belajar bahasa inggris lagi ini. Duh, bahasa Inggrisku udah mulai menguap nggak tahunya rimbanya. Jadi ingat baut belajar lagi ini mbak.//

    BalasHapus
  11. Nah bener menguasai bahasa inggris nih penting banget ya mbak karena jadi lebih memahami dunia luar dan kita jadi mengetahui sumber informasi sebenarnya kalau ingin krosscek sumber informasi

    BalasHapus
  12. Apalagi jaman sekarang, bahasa inggris diperlukan banget, aku aja udah dewasa gini masih kepengen belajar bahas inggris lagi, karena pengen melancarkan lagi, dan mengingatkan lagi, maklum udah lama ga belajar lagi. Apalagi kalau sekarang butuh belajarnya melalui online, makin praktis juga.

    BalasHapus
  13. Bahasa inggris jadi bahasa Internasional yang mau nggak mau perlu dipelajari nih. Karena apa-apa skrg pakai bahasa ini. Apalagi kalau dapat informasi dari internet, tidak langsungditerima gitu, jadi bisa cari sumbernya. Jadi kangen balajar bahasa inggris deh kalau gini,

    BalasHapus
  14. Kuasai bahasa asing agar siap bersaing untuk bekerja dan bisa juga percaya diri jika ada bule yg ke Indonesia apalagi ingin keluar negeri harus bagus bahasa Inggris

    BalasHapus
  15. Bahasa Inggris nih penting banget. Sayangnya saya gak pelajari dengan baik dulu tuh, nyesel deh sekarang. Padahal mulai dari beasiswa, pekerjaan, pasti membutuhkan kemampuan Bahasa Inggris yang baiknya sebagai persyaratannya.

    BalasHapus
  16. Banyak sumber data saya yang berbahasa Inggris dan Belanda, Mbak. Ya ampun... kliyengan kalau pas dapat yang tulisannya kaku atau terlalu akademik.
    Jadi ya, memang penting pakai banget.

    BalasHapus
  17. Kursus bahasa Inggris jaman sekarang memang penting sekali, untuk mempermudah kita dalam memperoleh informasi. Alangkah lebih baik juga, sekalian dituangkan di dalam tulisan, sehingga kita bisa aktif menerapkan ilmu yang kita dapat.

    Kerasa banget sama saya soalnya, kalau baca bahasa Inggris sudah nyaman tapi kalau disuruh nulis kleyengan hehe. Itulah bedanya aktif dan pasif.

    BalasHapus
  18. Zaman literasi digital ini memang sangat dibutuhkan berkemampuan berbahasa inggris yang baik. hiks, rasanya nyesel dulu waktu kursus b.ing gak serius. jadi tertarik ikut kursus lagi di Lister. Apalagi bisa belajar secara online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu jarang banget ada belajar english online kak. coba ada ya, mungkin udah ikutan. nggak rempong jauh2 jalan dari rumah ke bimbel, hehe..

      Hapus
  19. Memang penting untk belajar bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Jadi keingat saat harus menerjemahkan buku kimia berbahasa Inggris karwna butuh literatur untuk skripsi, duh lgsg nyesal selama ini gak serius belajar Englishnya

    BalasHapus
  20. Banyak sekali materi pembelajaran yang belum tertuang ke dalam bahasa Indonesia. Kadang kalo kita mau dan niat nih, ngubek2 Google misalnya, banyak sekali materi berbahasa inggris yang bisa menjadi solusi dari masalah yg ingin kita pecahkan. Makanya penting banget minimal kita harus bisa berkemampuan dasar bahasa inggris.

    BalasHapus
  21. Nah, Point kelima nih yang paling ditekankan agar 4 poin sebelumnya jadi lebih maksimal.
    Bahasa Inggris memang jadi salah satu bahasa penting yang wajib dikuasai nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget kak, apalagi di zaman sekarang. Plus anak-anakku masuk sekolah berbasis bahasa inggris pas mereka mulai nanya ini itu. Duh, mau banget emaknya bingung jawabnya.

      Hapus
  22. Masih buta banget nih mba bahasa inggris saya, harus banyak belajar bahasa inggris lagi ni agar lebih mudah membaca buku buku yang bersumber bahasa inggris

    BalasHapus
  23. Penting banget memperdalam bahasa inggris apalagi pemakaian grammarnya biar gak kebalik2, jadi pengen ikut kursus bahasa inggris secara online nih biar makin jago :)

    BalasHapus
  24. hua auto pengen les lagi 😌 rasanya kalau enggak bisa bahasa inggris mengalami ketertinggalan kali kayaknya ya kak huhu

    BalasHapus
  25. memang penguasaan bahas aInggris perlu banget di masa sekarang. masalahnya, literasi-literasi dari luar itu biasanya lebih lengkap dan luas sehingga saya juga sering menggunakan literasi dari luar ketika mengambil sanitasi untuk laporan saya. nah, masalahnya, saya sering bingung dengan kosakata yang asing

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel