Tempat Yang Selalu Membangkitkan Inspirasi Hidup

Bagi sebagian orang termasuk saya, ada beberapa tempat yang selalu membangkitkan inspirasi hidup

Inspirasi merupakan sinonim dari ilham. Artinya sesuatu yang menggerakkan hati untuk mencipta.

Hal ini senada juga dengan materi kajian yang pernah disampaikan oleh ustaz saya di pondok pesantren dahulu. 

Guru yang juga alim ulama tersebut mengatakan ada tiga tempat  yang sangat baik dijadikan tetangga. 

Nah... waktu itu kami para santri penasaran, tempat-tempat apa sih yang bagus menjadi lingkungan terdekat rumah kita?

tempat inspiratif
Freepik


3 tempat yang sangat baik jadi tetangga kita


1. Masjid

Bertetangga dengan rumah ibadah tentunya membawa aura yang positif bagi diri dan keluarga. Setiap hari selama 5 kali selalu diingatkan untuk salat. 

Kalau ada acara perayaan hari besar Islam, pastinya turut merasakan semaraknya suasana. 

2. Sekolah

Tempat kedua yang sangat baik jadi tetangga adalah sekolah. Dengan berjiran dengan sekolah, anak-anak akan terbawa pada lingkungan pendidikan. 

Terbiasa melihat siswa-siswi hilir-mudik pergi dan pulang sekolah. Harapannya, anak-anak menjadi familier dan bisa mencintai kegiatan belajar.

3. Makam

Nah, waktu ustaz menjelaskan ini para santri riuh-rendah. Rata-rata mengatakan seram punya tetangga kuburan. Namun pengajar paruh baya berwajah teduh itu menekankan bahwa semuanya kita adalah calon jenazah, mengapa menakuti yang sudah duluan. 

Adapun cerita horor dan hantu-hantuan yang banyak dibesar-besarkan orang, tak lain adalah isapan jempol belaka plus ulah para pemuja setan. 

Padahal dengan bertetangga dengan makam sebenarnya kita sedang berpeluang besar selalu terinspirasi untuk berbuat baik beramal saleh. 

Sebab setiap hari dzikrul maut alias ingat mati terus. Plus jadi semakin menghargai hidup.

Lalu tempat mana saja nih yang selalu membangkitkan inspirasi hidup menurut saya?

Tempat-tempat yang selalu membangkitkan inspirasi hidup


1. Masjid

Saya setuju nih seperti kata ustaz saya di atas. Masjid itu memiliki tiga fungsi, fungsi zikir, fungsi pikir, dan fungsi sosial. Sebagai tempat yang selalu membangkitkan inspirasi hidup, masjid adalah tempat yang sesuai. 

Pada zaman Rasulullah SAW dulu, masjid adalah pusat semua kegiatan umat. Belajar, rapat, berlatih bela diri, dan sebagainya. Termasuk saya dan suami. 

Ke mana pun kami pergi selain untuk menunaikan ibadah salat fardhu, masjid adalah tempat melepas penat sejenak. Untuk kemudian melanjutkan perjalanan lagi, dengan semangat baru dan inspirasi baru pula.

2. Perpustakaan

Waktu kuliah dahulu saya pernah berdoa agar kelak jika dipertemukan dengan jodoh, lokasinya di tempat-tempat yang saya suka. Masjid, perpustakaan, atau kampus. 

Ternyata Allah SWT menakdirkan bertemunya di masjid. Selepas salat, dengan wajah sama-sama segar oleh air wudu dan rasa adem telah mengerjakan ibadah. 

Selain di tempat ibadah, perpustakaan adalah tempat yang selalu mampu membangkitkan inspirasi hidup.

Datanglah ke perpustakaan, terutama perpustakaan di lingkungan kampus. Saksikanlah wajah-wajah yang tampak haus ilmu pengetahuan. 

Tidak ada yang malas-malasan. Semuanya tekun menekuri bacaan dan referensinya masing-masing. Sebab memiliki tujuan yang jelas, ingin menyelesaikan karya ilmiah secepatnya. 

Tentunya semua berkeinginan lulus dengan hasil yang membanggakan diri sendiri dan orang tua.

Hal-hal yang mungkin tampak sederhana ini begitu menular. Mentransfer semangat dan inspirasi yang positif bagi kita yang berada di sekitarnya. 

Mau tidak mau dengan atmosfer belajar yang baik, pribadi yang tadinya ogah-ogahan, ikut bergegas mencari bahan. 

Berburu sumber pengetahuan, atau setidaknya menghabiskan lembar demi lembar buku yang dipegangnya.

Baca juga artikel menarik di www.calonpintar.com tentang 10 Hal Unik di Google Search yang Harus Anda Ketahui.

3. Arena Car Free Day

Sebelum pandemi saya dan keluarga kerap menghabiskan Minggu pagi di arena car free day (CFD). Di masa pandemi ini sudah beberapa kali juga ke sana namun tetap ada rasa khawatir. 

Meski sudah berusaha menerapkan protokol kesehatan, masih saja ditemukan kerumunan kecil di sana. Cukup sulit untuk menjaga jarak antar orang.

Jika di perpustakaan terinspirasi dari para pembaca buku yang sibuk dengan tenggatnya masing-masing. Kalau di CFD, termotivasi untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Melihat klub bersepeda yang bergowes ria, anak-anak yang main inline skate, pasangan yang sedang jogging, sekumpulan ibu-ibu yang senam aerobic bersama. 

Semuanya seakan menyampaikan pesan untuk selalu menjaga kebugaran tubuh. Dengan badan yang sehat, maka semua pekerjaan akan lancar dilakukan, dan mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. 

Saya merasa CFD adalah salah satu tempat yang selalu membangkitkan inspirasi hidup.

4. Rumah

Rumah? Ya, rumah. Tempat kembali anggota keluarga. tempat rebahan, tempat bercengkerama, dan saling merawat cinta keluarga. 

Baiti jannati, sabda Rasulullah SAW. Rumahku adalah surgaku. Surga sebelum surga. Menjadi tanggung jawab bersama menjadikannya sebagai tempat yang inspiratif. 

Rumah seperti surga bukanlah rumah mewah penuh barang-barang canggih dan mahal. Rumah surga adalah rumah yang di dalamnya ada ayah bunda yang saleh, salehah. 

Ada putra-putri penyejuk mata, ada keluarga yang sakinah (tenteram), mawaddah (penuh cinta), dan rahmah (penuh kasih sayang). 

Jika rumah seperti ini mana mungkin tidak dapat menjadi tempat yang selalu membangkitkan inspirasi hidup. 

tempat yang kaya inspirasi
Lingkungan terdekat adalah tempat yang selalu membangkitkan inspirasi hidup/ Freepik


Kesimpulan

Tak perlu jauh ke puncak gunung, ke tengah pulau antah-berantah di ujung samudera, ke hotel baru bintang lima yang serba-lux, atau ke tempat hiburan yang menjanjikan kesenangan demi kesenangan. 

Di tempat terdekat masing-masing ada tempat yang selalu membangkitkan inspirasi hidup. Ada masjid, perpustakaan, arena CFD, dan rumah, yang bisa menjadi pendongkrak semangat untuk berkarya lebih produktif.

Kalau kamu di mana tempat yang selalu membangkitkan inspirasi hidup? Bagikan di kolom komentar yaa... Terima kasih.

Salam,
inspirasi dari rumah




















Berlangganan update artikel terbaru via email:

13 Komentar untuk "Tempat Yang Selalu Membangkitkan Inspirasi Hidup"

  1. Rumah saya itu, selalu dekat masjid dan sekolah, Mbak Mia.
    Di Makassar masjid dekat, malah sekolahan pas di belakang rumah saya. begitu juga rumah di Jakarta dekat masjid dan sekolah. eh, di Kebumen juga dekat sekolah dan masjid hehehe.

    Tapi tempat yang membangkitkan inspirasi saya adalah rumah sendiri. Kemanapun saya pergi, selalu akan rindu dan akan pulang. Termasuk rumah juga tempat pailing nyaman untuk menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah wah,, supersekali Mas Bams sekeluarga ya... Di mana pun rumahnya selalu dekar dg tempat² inspiratif. Keren deh

      Hapus
  2. Sudah lama gak ke perpustakaan umum. Semenjak di Pekanbaru belum pernah ke sini. Kemarin karena asap trus sekarang karena pandemi. Hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau perpustakaan umum suka sepi ya Dyah... kl kakak suka dengan perpustakaan kampus, menyerap semangat para pejuang makalah, skripsi, dan tesis, hihi

      Hapus
  3. Tempat-tempat yang paling suka untuk menenangkan pikiran di mesjid, di rumah, di taman, di tepi sungai. Dan gramedia karena bisa untuk membuka buku dan bacaan hehe. Tapi tetap sih kalo nyari inspirasi katanya orang ada di WC hmmm kok bisa ya?

    BalasHapus
  4. Dan tempat2 tersebut yang dulu pertama kali aku cari saat kunjungan lokasi, akan membeli rumah

    BalasHapus
  5. Saya sendiri mindsetnya masih merasa menyeramkan dan menghindari bertetanggal dengan komplek pemakaman.
    lebih prefer masjid dan sekolah.
    Karena itu tadi kali ya, mindset tentang hantu hantuan itu....

    BalasHapus
  6. uwaaa sepertinya rumahku memenuhi kriteria tempat yang baik jadi tetangga
    depan rumahku ada 2 sekolah
    kananku ada masjid (milik sekolah)
    100 meter dari rumahku ada makam china

    komplit emang, haha

    BalasHapus
  7. Kalau saya di dalam kamar ketika semua orang sudah terlelap baru deh segala macam inspirasi datang menghampiri :D

    BalasHapus
  8. Hampir sama kita Mbak Mia, terutama rumah, bagi saya adalah pembangkit inspirasi hidup. Apalagi melihat tumbuh kembang anak di keseharian..makin semangat menajlani hari karena ingat tanggung jawab yang makin berat seiring bertambahnya usia mereka.
    Kalau CFD, kami jarang CFD-an karena harus berangkat pagi bangets, mikir parkir dimana dan seterusnya haha. Kalau mau jalan pagi di seputar komplek aja

    BalasHapus
  9. Betul kali lah kak Mia,
    Shis pun untuk dapetin inspirasi gak mesti naik turun gunung.

    Masjid dan perpustakaan udah jadi tempat yang keren banget Menurut shis

    BalasHapus
  10. Aku juga termasuk orang yang betah lama lama di rumah mbak. Banyak belajar dan membangkitkan semangat di sini. tempat memperbaiki, tempat sharing, dan tempat segalanya. hihihi. Aku juga suka perpustakaan, sayangnya sudah lama gak ke sini, soalnya jauh tempatnya.

    BalasHapus
  11. Betul sekali mbak, selain masih dalam tahap keadaan yang tak memungkinkan kemana-mana memang rumah menjadi satu-satunya tempat yang paling nyaman untuk pulang. Rasanya hati tenang kalau sudah berada di rumah

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel